by

Bupati Lampung Barat Lantik Lima Peratin Terpilih di Kecamatan Kebun Tebu

KOPI, Lampung Barat – Bupati Lampung Barat melantik lima Peratin Kecamatan Kebun Tebu, Sabtu (21/05/22). Pelantikan peratin ini berdasarkan hasil Pemilihan Peratin Serentak yang dilaksanakan pada 23 Februari 2022 lalu.

Pada kegiatan tersebut Bupati Parosil didampingi oleh Wakil Bupati Drs. H. Mad Hasnurin, dan turut dihadiri oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Drs.H. Muklis Basri, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lambar Edi Novial, S.Kom, beserta anggota Ketua Tim Penggerak (TP-PKK) Lambar, Partinia Parosil Mabsus, Asisten Kepala Perangkat Daerah, Camat Kebun Tebu, Bhabinsa, Bhabinkantibmas, Peratin Terpilih, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, dan masyarakat setempat.

Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus secara resmi melakukan pengambilan sumpah jabatan dan melantik sebanyak lima peratin terpilih Kecamatan Kebun Tebu yang berlangsung di Lapangan Pekon Pura Jaya.

Kelima peratin yang dilantik tersebut, Peratin Pekon Muara Jaya I Subarkat, Peratin Pekon Muara Jaya II Ardiyo Pratama Putra, A.Md, Peratin Pekon Pura Jaya Samsu Kendar, S.Hud, Peratin Pekon Pura Wiwitan Karyanto, Peratin Pekon Tribudi Syukur Juyanto. Pelantikan berjalan secara hikmat serta dimeriahkan sajian seni budaya seperti tarian sembah batin yang di tampilkan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kebun Tebu, nyambai dari Pekon Pura Wiwitan.

H. Parosil Mabsus menyampaikan beberapa catatan penting terhadap peratin yang telah dilantik yaitu “Pemilihan peratin telah selesai, pekerjaan yang berat telah menanti saudara, sesuai dengan janji dan sumpah yang telah saudara ucapkan.”

Ia melanjutkan, kepada seluruh peratin terpilih untuk melaksanakan amanah tersebut dengan penuh keikhlasan dan tanggungjawab untuk menata, membangun dan memajukan pekon agar tercipta Pekon Mandiri.

Tak lupa juga Parosil mengatakan kunci dalam membangun sebuah pekon, harus dapat saling bahu membahu karena membangun pekon itu perlu adanya konsep gotong royong.

Pakcik sapaan akrap bagi Bupati Lampung Barat berpesan terhadap peratin yang telah dilantik bahwa “Ke depannya harus memiliki mimpi dan mampu menciptakan inovasi serta melahirkan gagasan program terhadap pekon agar tercipta pekon mandiri, kalo pemimpin tidak mempunyai mimpi maka pekon tidak akan pernah maju.”

Selain itu, Parosil mengungkapkan dalam membangun sebuah pekon itu sebenarnya tidak sulit, lakukan program yang diapresiasi oleh masyarakat, serta jika Pemkab Lambar mencanangkan Program Seragam Gratis untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) maka peratin dapat mencanangkan program tersebut terhadap siswa-siswa Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) dan Taman Kanak-kanak (TK) yang bersumber dari Anggaran Dana Desa (ADD).

Dalam kesempatan itu, mewakili tokoh masyarakat Kecamatan Kebun Tebu Drs. H. Mukhlis Basri dalam sambutannya, mengucapkan pelantikan yang dilakukan hari ini terhadap lima peratin terpilih menandakan akhir dari pesta demokrasi. “Maka siapapun yang menang dalam pesta demokrasi lalu harus kita dukung, jangan pernah membicakan siapa yang pernah memilih,” tuturnya.

Tugas saudara kedepannya harus dapat, melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat dengan baik. Muklis berharap ke depannya Kecamatan Kebun tebu dengan kepemimpinan peratin yang baru dapat lebih sukses dan maju.

“Saya berharap ke depannya masyarakat Kebun Tebu tidak ada yang menerima Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Langsung Tunai (BLT) lagi,” pungkasnya. (Darman)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA