by

Bangka Belitung Fokus Tingkatkan Kualitas Wasit Tinju

KOPI, Pangkalpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung fokus meningkatkan kualitas wasit dan juri cabang olahraga tinju, menjelang dihelatnya Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI di Bangka Belitung.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga (Parbudkepora) Babel, Suharto, memastikan peningkatan kualitas SDM wasit dan juri tengah dilakukan, khususnya untuk cabor tinju.

“Dalam waktu dekat ini kita (Babel) akan menjadi tuan rumah (bersama) Popnas, jadi harus didesain sebaik mungkin berkenaan dengan wasit tinju ini, karena cabor tinju ada di Babel,” kata Suharto, ketika membuka Pelatihan Wasit/Juri Cabang Olahraga Tinju Tingkat Provinsi Babel, di Pangkalpinang, Selasa (17/05/2022).

Digelarnya pelatihan tersebut, kata dia, agar kualitas wasit dan juri yang dimiliki Bangka Belitung tidak tertinggal dengan daerah lainnya.

Para peserta Pelatihan Wasit/Juri Cabang Olahraga Tinju Tingkat Provinsi Babel mendengarkan arahan Kadisparbudkepora Suharto. (Foto: reza)

Dirinya berharap Babel dapat melahirkan wasit terbaik hingga berkiprah di tingkat nasional.

Sebab itu para peserta diminta mengikuti pelatihan dengan tekun dan mampu menyerap materi yang diberikan narasumber.

“Nanti kalau sudah dapat sertifikat, bisa ikut menjadi wasit dalam kejuaraan tinju di tingkat daerah maupun nasional,” pesan mantan petinju ini.

Suharto juga mengajak para peserta untuk bersatu bersama membangun olahraga di Bangka Belitung, menuju prestasi gemilang.

Senada dikatakan Kabid Olahraga Disparpudkepora Babel, Harun. Menurutnya, pelatihan wasit dan juri tinju dilaksanakan guna mempersiapkan SDM olahraga yang baik dan berdaya saing di tingkat daerah maupun nasional.

“Ini merupakan program kami dalam rangka persiapan Popnas dan Porprov untuk meningkatkan SDM,” sebutnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga telah melaksanakan pelatihan menembak dan pelatihan fisik. Bahkan pada Oktober 2022 akan dilanjutkan kegiatan sejenis bagi pelatih olahraga panahan.

“Kegiatan pelatihan ini sudah sesuai dengan renja setiap tahun,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua PB Pertina Provinsi Bangka Belitung, Diki Sutina, memberikan apresiasi atas penyelenggaraan pelatihan bagi wasit dan juri cabor tinju. Menurutnya, kegiatan seperti ini sangat langka sehingga menjadi peluang bagi para wasit untuk meningkatkan kualitasnya.

“Terimakasih telah berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan ini, dan memberikan kesempatan bagi para peserta untuk menjadi wasit tinju yang baik nantinya, ini sangat langka bagi kami,” ujar Diki Sutina.
 
Pelatihan yang dibuka secara resmi Kadisparbudkepora Suharto, diikuti 40 peserta, terdiri dari 35 orang utusan 7 kabupaten/kota se-Babel. Ditambah 5 orang dari unsur BAPOPSI. Mereka akan mengikuti pelatihan yang dijadwalkan berlangsung selama lima hari, 17-21 Mei 2022.

Acara pembukaan pelatihan dihadiri oleh perwakilan KONI Babel dan para pejabat eselon di lingkungan Disparbudkepora Babel, serta seluruh panitia kegiatan.

Di akhir kegiatan dilakukan pengalungan tanda peserta secara simbolis oleh Kadis Parbudkepora Babel dan Ketua PB Pertina Babel. (rz)