by

Abi dan Chikar Wakili Bangka Belitung Kibarkan Bendera Pusaka di Istana Negara

KOPI, Pangkalpinang – Air mata bahagia dan senyum sumringah membekas di wajah Chikar Novrya Putri Caesaria dan Abi Fadilla Ramadhan, saat nama keduanya dipanggil untuk mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Nasional pada HUT ke-76 Republik Indonesia di Istana Negara, 17 Agustus 2022.

Abi merupakan siswa SMA Negeri 1 Manggar, Belitung Timur (Beltim). Sedangkan Chikar adalah siswi SMA Negeri 1 Toboali, Bangka Selatan (Basel). Keduanya berhasil lolos setelah menyisihkan 40 peserta lainnya, melalui berbagai tahapan seleksi.

Abi dan Chikar saat diwawancarai usai namanya diumumkan mewakili Babel, Sabtu (14/05/2022), menjawab kompak bahwa motivasi mengikuti seleksi Paskibraka untuk meraih cita-cita menjadi polisi serta membanggakan kedua orang tua. Karena itu mereka berjuang menorehkan prestasi untuk membuka jalan menuju masa depan yang lebih baik.

“Kami mempersiapkan ketahanan fisik dan menjaga kesehatan, dengan tidak tidur larut malam, selama mengikuti seleksi,” tutur Abi.

Ia membeberkan kegiatan seleksi dengan waktu yang sangat padat dirasa cukup berat. Sehingga para peserta harus mampu menyesuaikan diri, terutama disiplin pribadi.

“Waktu seleksi yang sangat padat ini membuat saya harus bisa beradaptasi, dari yang tidak biasa menjadi terbiasa, dan harus bisa disiplin dalam manajemen waktu,” kata Ab

Sementara Chikar menyebut bahwa persiapan mental dan fisik sangat penting dijaga selama proses seleksi, termasuk memperhatikan menu dan pola makan.

“Supaya tidak makan berlebih, yang akan memengaruhi performa,” ujar Chikar.

Keduanya berpesan kepada calon peserta yang akan mengikuti seleksi serupa berikutnya, agar memiliki informasi yang cukup serta menyiapkan sebelum bergabung di Paskibraka.

“Karena, ini adalah salah satu organisasi yang terbaik di Indonesia. Selain itu, selalu tanamkan jiwa pantang menyerah dan selalu semangat dalam menjalaninya,” pesan Chikar. (rz/khalimo)