by

Tips Menjadi Kaya di Usia Muda yang Bisa Anda Lakukan

KOPI, Tips Menjadi Kaya – Hampir semua orang ingin bermanfaat bagi masyarakat, sukses, dan menjadi kaya. Tapi kebanyakan orang menjadi kaya di usia tua, sehingga tidak bisa menikmati kesuksesan dan kekayaannya itu, dalam waktu yang lama.

Apakah bisa orang menjadi kaya di usia muda, berikut tips menjadi kaya di usia muda:

Memilih Lingkungan Pergaulan yang Tepat

Salah satu tips menjadi kaya di usia muda, adalah mampu memilih lingkungan pergaulan yang tepat, yang bisa memancing kita untuk fokus ke karir & bisnis, bukan ke foya-foya, ataupun menghabiskan waktu yang tidak penting.

Salah satu bukti bahwa memilih pergaulan yang tepat mempengaruhi penghasilan kita, adalah dengan menghitung, ternyata penghasilan kita adalah sama dengan penghasilan rata-rata dari 5 orang terdekat kita.

Ketika kita bergaul dengan orang-orang yang santai, maka kita akan ikut santai. Jika kita bergaul dengan orang-orang yang tidak mau berkembang, maka kita akan ikut terpengaruh.

Sebaliknya ketika kita bergaul dengan orang-orang sukses, kita akan terpacu untuk ikut menjadi sukses. Jadi pilihlah lingkungan pergaulan terdekat kita.

Belajar Hal Baru

Setiap orang dilahirkan dengan kemampuan belajar, dan bukan dilahirkan dengan kecerdasan keuangan bawaan. Semua sama, mulai dari nol, dari kertas kosong. Karena itu penting untuk selalu belajar tentang cara menjadi kaya, ataupun cara merencanakan keuangan.

Setiap manusia mempunyai kemampuan belajar yang luar biasa, dan ternyata investasi dengan keuntungan terbaik, bukan saham, bukan mata uang asing, bukan kripto, bukan properti juga. Investasi dengan keuntungan terbaik adalah belajar hal baru, dan mempraktekkannya.

Ketika kita belajar, kita mendapat pengetahuan, ketrampilan, dan pengalaman baru, yang ketika kita praktekkan, akan membawa banyak kesuksesan, dan kekayaan bagi kita.

Sejak kecil, saya selalu suka belajar, membaca buku, dan mencoba mempraktekkan. Banyak buku-buku perencanaan keuangan yang saya baca, seminar-seminar yang saya ikuti, dan kisah-kisah orang sukses yang saya pelajari. Hal-hal ini yang mengasah dan meningkatkan taraf hidup, juga tingkat keuangan saya.

Memiliki Kendaraan yang Tepat

Untuk menuju kaya, kita tidak bisa memakai cara biasa-biasa. Kita harus memakai cara yang luar biasa. Cara biasa-biasa hanya akan membawa kita ke tingkat keuangan biasa-biasa saja, dan tidak mungkin menjadi tingkat keuangan luar biasa, atau kekayaan.

Apakah harus menjadi pebisnis? Tidak juga, karyawan pun bisa kaya, kalau memiliki profesi dan keahlian yang tepat. Pebisnis pun harus memiliki bidang bisnis yang tepat, bukan sekedar bidang bisnis biasa-biasa yang sudah jenuh, dan sulit mencari tingkat keuntungan yang sehat.

Bidang bisnis spt ini disebut juga Red Ocean, atau laut yang berwarna merah, karena penuh persaingan. Harus mencari blue ocean, atau lautan yang berwarna biru, dan penuh ikan-ikan sehat yang menunggu untuk dipanen.

Demikian juga dengan profesional atau karyawan, harus memiliki keahlian khusus yang tidak dimiliki orang lain. Sikap kerja yang di atas rata-rata, dan integritas tinggi yang bisa dipercaya atasan, rekan kerja, dan bawahan.

Tekun, Sekaligus Inovatif

Banyak orang tekun, menjadi terjebak dengan rutinitas, dan banyak juga yang sebaliknya, terlalu inovatif sehingga meloncat-loncat tidak mau tekun menjalani proses-nya.

Padahal inovasilah yang akan membawa kita ke blue ocean, atau laut berwarna biru yang penuh ikan-ikan segar, dan banyak kesempatan kaya. Namun ketekunanlah yang akan membuat kita rajin memancing ikan-ikan segar, dan kesempatan-kesempatan kaya tadi.

Jadi Tekun & Selalu berinovasilah, jangan terjebak ke rutinitas, dan jangan pula selalu menghindar menghadapi tantangan-tantangan menuju kesuksesan.

Mempunyai Kecerdasan Keuangan

Banyak orang yang sudah mempunyai penghasilan besar, tapi gagal menjadi kaya, kenapa? Karena banyak hal, mulai dari pengeluaran yang berlebihan, bertumpu hanya ke satu sumber penghasilan, sampai terjadinya kecelakaan yang diluar dugaan.

Karena itu, selalu bangun kecerdasan keuangan, dengan mempunyai beberapa sumber penghasilan, pengeluaran yang menyesuaikan dengan penghasilan dikurangi tabungan, dan mempunyai rencana-rencana pengamanan, bila terjadi kecelakaan.

Salah satu cara meningkatkan kecerdasan keuangan adalah dengan membaca-membaca artikel-artikel keuangan seperti ini, yang bisa kita dapatkan juga di www.aturpundi.com.

Ada pepatah, ratusan tahun lalu, karena matahari selalu terbit ketika ayam berkokok, maka orang dulu berpikir ayam berkokoklah yang menyebabkan matahari terbit!!!

Dulu orang melihat orang-orang kaya selalu orang tua, dan berpikir untuk menjadi kaya, haruslah tua. Mari kita buktikan bahwa orang kaya tidak harus menunggu tua, tapi bisa dilakukan saat muda. Semoga sukses selalu.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA