by

Sampah Menumpuk dan Bau di Pinggir Jalan Kurangi Nilai Estetika Musi Rawas Mantab

KOPI, Musi Rawas – Sampah menumpuk di Jalan Raya Tugumulyo, tepatnya di Desa Mataram, Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Musi Rawas.

Pantauan awak media di lokasi pada Sabtu (23/4/2022) sore, sampah tersebut menumpuk di salah satu sisi jalan.

Sampah-sampah tersebut ada yang dimasukkan dalam karung berukuran besar berwarna putih maupun plastik sampah berwarna hitam.

Namun, sampah tersebut diletakkan secara sembarangan dan berserakan. Bahkan tempat sampah berukuran besar yang tersedia sudah tak mampu menampung sampah.

Alhasil, sampah yang berada di dalamnya pun turut menyeruak keluar.

Sampah ini terdiri dari berbagai macam jenis mulai dari plastik, kardus, kertas, papan, sisa makanan, hingga peralatan rumah tangga seperti ember berukuran besar.

Ketika melewati jalan ini, bau busuk yang berasal dari sampah sangat tajam menusuk hidung. Sampah yang berserakan ini berdampingan dengan aliran kali, dan tempat usaha warga (toko pakaian).

Salah satu warga yang mana merupakan pedagang pakaian yang berdekatan dengan lokasi, Eko mengatakan sampah tersebut sudah ada beberapa hari. Biasanya petugas pengangkut sampah dari Suku Dinas Lingkungan Hidup yang mengangkut sampah.

“Harusnya setiap pagi diangkut jadi enggak sebanyak ini, biasanya terlihat hanya setiap Jum’at di angkut. Ini kan dari mana-mana buang di sini makanya penuh,” ucapnya.

Ia mengaku risih dengan bau dan tumpukan sampah tersebut, apalagi usaha dagangannya dekat dengan lokasi tumpukan sampah. Namun warga juga tak bisa berbuat banyak lantaran tidak bisa mengangkut sendiri.

“Ya sebanyak ini ngangkutnya di mana. Buangnya pun kami engga tau jadi taruh di situ saja, sebenarnya untuk tempat usaha kami juga pengaruh mas, karena pemandangan tumpukan dan bau sampah tersebut pembeli jadi agak ragu untuk mampir,” kata Eko. (Vhio)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA