by

Pemkab bersama Forkopimda Jembrana Gelar Undian Vaksin Berhadiah, Bupati Tamba: Penuhi Target Capaian

KOPI, Jembrana – Pemkab Jembrana bersama Forkopimda Jembrana  menggelar pengundian hadiah bagi masyarakat berKTP Jembrana bertempat di Angkringan Negaroa Bahagia, tepatnya di Terminal Negara, Jembrana, Bali, Minggu malam (24/4/2022). Undian tersebut bertujuan sebagai apresiasi Pemkab Jembrana kepada warga yang telah divaksinasi booster.

Hadir dalam proses pengundian tersebut, Bupati Jembrana I Nengah Tamba beserta Wabup I Gede Ngurah Patriana Krisna , jajaran Forkopimda Jembrana serta Perbekel/lurah se-Kabupaten Jembrana.

Terkait dengan hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Jembrana dr I Made Dwipayana menerangkan bahwa periode undian di mulai dari 5 Maret 2022 sampai diundi hari ini, Minggu (24/4) di Angkringan Negaroa Bahagia. Peserta undian merupakan warga yang berKTP Jembrana yang telah mendapatkan vaksinasi booster di pos pelayanan vaksinasi di Kabupaten Jembrana.

“Undian berhadiah ini kerjasama pemkab Jembrana bersama Polres Jembrana sebagai apresiasi kepada masyarakat Jembrana yang sudah berpartisipasi dalam vaksinasi boster,” terang KadisKes dr. I Made Dwipayana.

KadisKes dr. I Made Dwipayana menjelaskan bahwa dari data yang diberikan KPCPEN masyarakat berKTP Jembrana yang telah vaksinasi sebagai berikut:

  1. Dosis I sebanyak 276.490 jiwa atau 100,22 persen
  2. Untuk vaksinasi dosis II sebanyak 246.797 jiwa atau 89,46 persen
  3. Untuk yang divaksin booster berjumlah 116.721 atau 53,33 persen.

Jumlah vaksinasi tersebut sesuai target sasaran dosis primer sebanyak 275.973 jiwa dan sasaran dosis booster sebanyak 218.863 jiwa.

“Untuk sasaran dosis booster ini kita mulai dari 15 januari lalu, dengan sasaran kelompok usia 18 tahun ke atas yang telah vaksinasi primer lengkap minimal enam bulan sebelumnya,” jelas KadisKes dr. I Made Dwipayana.

Sementara Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan bahwa ia telah menargetkan capaian vaksin booster di Jembrana dapat terealisasi 50 persen. Target serupa juga diberikan Gubernur Bali, yang awalnya 30 persen meningkat menjadi 50 persen. Sehingga muncullah ide untuk memberikan doorprize kepada masyarakat yang hari ini proses pengundiannya digelar.

Bupati Tamba menambahkan bahwa, di awal program dulu sempat ada penolakan dari warga yang tidak mau untuk  divaksinasi. Beberapa dari mereka bahkan harus dijemput langsung kerumah-rumah oleh petugas.

“Astungkara hari ini kita sudah penuhi target itu dengan capaian 53 persen. Namun setelah pengundian bukan berarti pelaksanana vaksin terhenti. Pelayanan tetap seperti biasanya, karena kita ingin mengejar kekebalan kelompok (herd immunity) di Kabupaten Jembrana,” ucap Bupati Tamba.

Lebih lanjut Bupati juga menyampaikan terimakasih atas kerja keras dan perjuangan semua pihak, sehingga saat ini kondisi penanganan pandemi Covid-19 terus membaik. Hal tersebut kata Bupati Tamba berkat pengorbanan semua pihak, forkopimda Jembrana, tenaga kesehatan dan jajaran desa dan kelurahan lewat jalinan team work yang luar biasa.

“Tentu masih diingat, di awal pandemi Civid-19 dulu, ada sejumlah pembatasan dan kebijakan. warung dan tempat usaha kita tutup lebih awal. Demikian pula pembatasan sejumlah kegiatan adat dan keagamaan, banyak sekali kritikan bahkan cacian yang masuk kesaya, dari perjuangan itu, hari ini kita dapatkan manfaatnya,” terang Bupati Tamba yang didampingi wabup I Gede Ngurah Patriana Krisna.

Dengan makin baiknya penanganan pandemi, Ia berharap tahun depan situasi normal kembali. Termasuk sisi anggaran sehingga tidak perlu proses recofusing anggaran. Demikian halnya kepada tenaga kesehatan, bisa kembali ke tugas ‘basic’ melayani kesehatan masyarakat, tidak hanya dipersoalan Covid-19.

“Harapan kami, tahun depan kita sudah nisa fokus membangun Jembrana. Anggaran yang awalnya disisihkan untuk penanganan covid-19 bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat yang lain,” ujar Bupati Tamba.

Untuk hadiah yang akan diundi antara lain magic com, sepeda gunung, televisi , handphone, rice cooker, voucher menginap di hotel pekutatan serta uang tunai. Untuk hadiah utama yaitu, satu unit sepeda motor diraih oleh Saihul Karim dari Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jembrana. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA