by

Mengapa Sistem Absensi Online Penting untuk Perusahaan?

KOPI, Kediri – Sistem manajemen absensi memiliki relevansi yang besar ketika kita berbicara tentang produktivitas di tempat kerja dan profitabilitas suatu perusahaan. Melacak kehadiran karyawan dapat membantu perusahaan tumbuh dan berkembang dalam domain bisnisnya masing-masing.

Ambil kasus seorang karyawan yang bekerja di departemen akuntansi sebuah perusahaan yang jam kerjanya dari jam 10 pagi sampai jam 6 sore. Jika dia terlambat melapor ke kantor secara teratur tetapi pergi tepat waktu, kemungkinan besar dia tidak akan dapat menyelesaikan tugas-tugas rutinnya tepat waktu dan itu juga dengan sempurna. Hal ini, pada gilirannya akan menghambat kinerjanya serta produktivitas perusahaan secara keseluruhan.

Dalam kasus seperti itu, sistem absensi online akan membantu departemen sumber daya manusia mengawasi orang-orang yang datang terlambat, berbicara dengan mereka, dan memeriksa masalahnya. Sebelumnya, ketika kehadiran karyawan dicatat baik secara manual menggunakan pena dan kertas atau dalam spreadsheet excel pada sistem komputer, tidak mudah untuk mengidentifikasi karyawan yang datang terlambat.

Melacak Kinerja Karyawan

Sistem absensi online yang efisien dan efektif membantu HRD untuk mengetahui karyawan mana yang memanfaatkan cuti maksimum, pergi tanpa pemberitahuan atau persetujuan dari manajer pelaporan mereka atau meninggalkan tempat kerja di tengah hari.

Sistem absensi online memainkan peran kunci dalam perhitungan gaji yang akurat. Beberapa sektor seperti media dan Teknologi Informasi (TI) mengharuskan karyawannya bekerja secara bergiliran untuk memenuhi jadwal kerja dan jadwal proyek. Sistem absensi berbasis cloud akan memungkinkan masing-masing karyawan dari divisi sumber daya manusia dan keuangan untuk melakukan perhitungan dengan presisi, dengan kemungkinan kesalahan yang hampir dapat diabaikan. Akibatnya, tidak akan menimbulkan ketidakpuasan di kalangan tenaga kerja dan mereka akan termotivasi untuk memberikan yang terbaik untuk tugas apa pun yang mereka lakukan.

Proses Sederhana dengan Perhitungan Otomatis

Absensi online dan penggajian telah menyederhanakan perhitungan yang panjang dan rumit yang terlibat dalam menghitung komponen lembur dan pembayaran variabel yang sebaliknya sangat memakan waktu dan dalam sebagian besar kasus, kemungkinan perbedaannya tinggi.

Menegakkan Disiplin

Manfaat lain dari migrasi ke sistem absensi online adalah akan membantu menegakkan rasa disiplin dan ketepatan waktu di antara tenaga kerja. Etika kerja mencakup prinsip-prinsip seperti kepatuhan terhadap kebijakan perusahaan, koordinasi dan dukungan timbal balik, komitmen terhadap tujuan perusahaan, dan mengambil tanggung jawab untuk pekerjaan seseorang. Kehadiran juga merupakan bagian tak terpisahkan dari kode etik di tempat kerja. Jika seorang karyawan di departemen tertentu melapor terlambat untuk bekerja, karyawan lain di departemen tersebut mungkin juga mulai mengikuti tren yang sama yaitu datang terlambat ke kantor. Hal ini mengganggu koordinasi dan kerjasama antar karyawan di dalam departemen, akibatnya pekerjaan menjadi terganggu.

Menyingkirkan Dokumen dan Pengarsipan

Sebelumnya, dengan tidak adanya sistem absensi online, perusahaan harus memelihara beberapa register, yang membuat cukup sulit bagi mereka untuk melacak waktu masuk dan keluar harian karyawan. Jadi, itu sangat membosankan dan menyita waktu tugas untuk memastikan ketepatan waktu hadir.

Meningkatkan Produktivitas

Melaporkan untuk bekerja tepat waktu akan memastikan pelaksanaan tugas yang diberikan tepat waktu dengan cara yang mulus, memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan skala yang besar di industri operasi masing-masing. Sistem absensi yang efisien membawa komitmen dan profesionalisme ke tempat kerja bersama dengan ketepatan waktu. Ini juga menghasilkan niat baik di antara para karyawan.

Akses Jarak Jauh yang Mudah

Selain itu, sistem absensi online berbasis cloud akan membuat semua detail kehadiran karyawan tersedia di satu tempat yang dapat diakses oleh karyawan dari mana saja. Ini akan mengurangi ketergantungan mereka pada karyawan departemen SDM untuk mendapatkan informasi dan akan memberikan transparansi yang lebih besar ke seluruh sistem.

Evolusi sistem manajemen absensi online telah menghilangkan kerepotan dan kebosanan dari mode tradisional catatan absensikaryawan seperti entri manual, pemeliharaan catatan pada spreadsheet excel, ataupun finger print sekalipun. Ini telah merevolusi sistem absensi, sehingga meningkatkan produktivitas perusahaan tanpa mengorbankan motivasi karyawan.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA