by

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Berbagi 1 Ton Beras di Jembrana

KOPI, Jembrana – Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Bali Putri Koster didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Jembrana Candrawati Tamba dan Ketua Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Jembrana Inda Patriana Krisna melaksanakan aksi sosial berbagi dan berbakti di Kabupaten Jembrana yang dipusatkan di Wantilan Pura Puseh Desa Gumbrih, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Senin (25/4/2022). Aksi sosial berbagi dan berbakti tersebut bertujuan untuk mengatasi dan menurunkan angka Stunting dan menjaga kesehatan lansia serta ibu hamil.

Aksi sosial tersebut merupakan kegiatan yang dirancang TP-PKK Provinsi Bali yang lebih banyak menyentuh kepentingan masyarakat yang paling bawah baik untuk yang terdampak pandemi Covid-19 maupun yang sedang menghadapi  permasalahan kebutuhan pokok maupun dalam situasi kekurangan gizi. 

Kegiatan aksi sosial berbagi dan berbakti dilaksanakan mulai 1-27 April 2022, untuk Kabupaten Jembrana merupakan putaran yang ke delapan. Adapun jenis bantuan yang diserahkan berupa 1 ton beras dan 80 kotak susu untuk balita dan lansia serta 50 krat telor ayam. 

Ketua TP PKK Provinsi Bali Putri Koster seusai menyerahkan bantuan secara simbolis menyampaikan bahwa aksi sosial tersebut sebagai bentuk perhatiannya kepada masyarakat utamanya untuk mengatasi dan menurunkan angka stunting, menjaga kesehatan lansia dan ibu hamil. “Walaupun sasaran aksi sosial yang kami capai di setiap kabupaten/kota masih relatif kecil yaitu 50 orang dengan jumlah bantuan 1 ton, namun kegiatan ini tidak semata-mata hanya bertujuan memberikan bantuan tetapi yang lebih penting bertujuan untuk melihat langsung kondisi masyarakat, berbakti dan berbagi, menyentuh masyarakat langsung seperti balita gizi buruk/gizi kurang, ibu hamil kekuarangan energi kronis, para lansia, penyandang difabel, kader PKK, yang semuanya bertujuan membantu dan meringankan beban masayarakat” ujar Ketua PKK Provinsi Bali Putri Koster.

Lebih lanjut, Putri Koster mengingatkan bahwa TP PKK merupakan sebuah gerakan secara sukarela, tulus dan lurus di dalam melaksanakan pengabdian kepada bangsa dan negara dalam membantu pemerintah dan ikut serta mensejahterakan masyarakat melalui gerakan PKK. “Melalui gerakan PKK di Desa/Kelurahan untuk mendukung visi Gubernur Bali ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali’ melalui pola pembangunan Semesta Berencana Menuju Bali Era Baru yang mengandung makna yaitu menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali beserta isinya untuk mewujudkan kehidupan krama Bali dan Gumi Bali yang sejahtera dan bahagia sekala niskala” ucap Ketua PKK Provinsi Bali Putri Koster.

Selain hal tersebut, Ketua PKK Provinsi Bali Putri Koster berpesan kepada seluruh peserta yang hadir untuk mengurangi penggunaan plastik yang berpotensi menimbulkan sampah yang sangat sulit untuk ditanggulangi. “Satu keluarga bisa membawa 1 sampai 5 tas kresek sehari ke rumah, bahan plastik yang dibuang ketanah tidak bisa hancur bahkan dalam hitungan abad dan itu akan menghacurkan tanah, Sehingga tanah menjadi tidak subur. Agar tidak seperti itu, mulai sekarang, kurangi pemakaian tas kresek dan sudah diatur dalam Peraturan Gubernur Bali Nomor 97 tahun 2018 tentang pembatasan timbulan sampah plastik sekali pakai,” pesan Ketua PKK Provinsi Putri Koster.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kadis PMD Kabupaten Jembrana Ir. I Made Yasa, M.Si., Kadis Dukcapil Provinsi Bali, Ketua FPPI Provinsi Bali, Pimpinan OPD terkait di lingkungan Pemkab Jembrana, Camat Pekutatan dan jajaran TP-PKK tingkat Kabupaten sampai tingkat kecamatan dan tingkat desa. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA