by

Jelang Idul Fitri, Bupati Tamba Pantau Sembako di Pasar Harga Stabil

KOPI, Jembrana – Menjelang hari raya Idul Fitri 1443 H/2022, Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Istri Ibu Candrawati Tamba memantau secara langsung harga dan pasokan komoditi pangan di Pasar Umum Negara, Kabupaten Jembrana, Bali, Jumat (29/4/2022). pemantaun tersebut bertujuan untuk memastikan ketersedian bahan dan harga sembako di Pasar Umum Negara.

Dari pengamatan langsung, harga-harga kebutuhan pokok terpantau stabil di pasar umum terbesar di Kabupaten  Jembrana.Seperti harga gula masih stabil di angka Rp14.000, per Kg Sedangkan minyak goreng yang sebelumnya sempat mengalami kelangkaan, pada hari ini ketersediaan masih cukup memadai. Untuk minyak goreng curah di kisaran harga Rp15.000-16.000 per liter sedangkan minyak goreng kemasan pada kisaran harga Rp23.000-25.000 per liter.

Sementara untuk harga daging sapi masih stabil di harga Rp120.000 per Kg. Sedangkan daging ayam mengalami kenaikan Rp5.000 ribu yang sebelum Rp35.000 per Kg menjadi Rp40.000 per Kg. Untuk omoditi lainnya, juga tergolong stabil seperti bawang merah di harga Rp30.000 per Kg.

Saat ditemui awak media Usai melaksanakan pemantauan, Bupati Tamba menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk memastikan ketersediaan dan kestabilan harga bahan pokok di Jembrana menjelang hari raya Idul Fitri. ” Kita mengecek dan melihat sendiri keadaan pasar untuk memastikan apakah ada kenaikan harga dan kelangkaan untuk bahan pokok. Khususnya menjelang hari raya,” ucap bupati didampingi Kadis Koperindag Jembrana I Komang Agus Adinata serta Kepala BPKAD I Komang Wiasa.

Lebih lanjut Bupati Tamba menjelaskan bahwa dari hasil pantauannya harga serta ketersediaan bahan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri masih cukup stabil. “Setelah bertatap muka dengan para pedagang, kita dapatkan informasi bahwa di pasar masih stabil. Apabila ada komoditi yang mengalami kenaikan itupun tidak signifikan dan masih wajar,” jelas Bupati Tamba.

Sementara Kepala Pasar Umum Negara I Ketut Mertayasa, mengungkap senada dengan yang disampaikan Bupati Tamba bahwa harga komoditi bahan pokok masih relatif stabil, peningkatan pembeli yang berbelanja ke pasar mulai tampak sejak beberapa hari yang lalu. “Harga di Pasar Umum Negara masih tetap stabil dari hari-hari sebelumnya. Lonjakan pengunjung baru mulai terlihat sejak dua hari lalu” ujar Mertayasa.

Di lain sisi, pada kesempatan tersebut Bupati Tamba juga memberikan dukungan untuk program Pasar.id didampingi Pimpinan BRI Kantor Cabang Negara Dwi Liana Sari. Pasar.id merupakan salah satu terobosan baru dari Bank BRI dalam digitalisasi perdagangan pasar tradisional, yakni dengan memfasilitasi seluruh pedagang pasar di Indonesia untuk melakukan aktivitas jual beli secara daring. Tahun ini masih piloting project untuk Pasar Umum Negara, nanti diharapkan ke depannya masyarakat tidak perlu lagi belanja langsung ke pasar cukup pesan melalui website tersebut maka barang diantar ke rumah.

Bupati Tamba sangat mendukung program tersebut, yang mana dapat mempermudah masyarakat dalam bertransaksi secara digital. “Saya mensupport inovasi baru dari Bank BRI yaitu pasar.id, ini mempermudah kita untuk berbelanja di pasar tradisional. Bank BRI sudah menjadi vionir dan terdepan dalam melayani pasar, selalu memberikan motivasi dan dorongan kepada masyarakat terutama para pedagang yang ada di pasar ini,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA