by

Hadiri Gotong Royong, Bupati Tamba: sebagai Silaturrahmi dan Keakraban antara Warga

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba memantau dan menghadiri langsung kegiatan gotong royong perabatan jalan beton yang dilakukan warga banjar (dusun) Pangkung, Desa Pekutatan, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali, Jumat (15/4/2022). Kehadiran dalam kegiatan gotong royong tersebut bertujuan untuk memberi semangat kepada warga masyarakat.

Kegiatan tersebut dilakukan karena Ketidaktersediaan anggaran, maka warga Banjar Pangkung, Desa Pekutatan, melakukan dengan cara bergotong royong membangun jalan rabat beton yang merupakan jalan desa. Sehari-hari jalan tersebut sebagai akses masuk ke perumahan warga.

Kegiatan gotong royong tersebut mendapat dukungan sekaligus perhatian dari Bupati Jembrana I Nengah Tamba. Dan Bupati Tamba turut memberikan donasi/bantuan kepada masyarakat yang diterima oleh ketua penyelenggara perbaikan jalan I Ketut Arjana.

Lanjutnya, Bupati Tamba mengatakan bahwa kegiatan gotong royong tersebut sangat luar biasa. Ia menilai masyarakat sangat kreatif memanfaatkan segala sumber daya yang ada di tengah keterbatasan anggaran untuk perbaikan jalan.

“Matur Suksma semeton sareng sami (Terimakasih semua bersama-sama)  sudah melakukan gotong royong, ini yang kita harapkan sebenarnya,” ucap Bupati Tamba.

Lebih lanjut, Bupati Tamba menjelaskan bahwa kawasan Banjar Pangkung nanti akan menjadi kawasan internasional karena jaraknya kurang lebih hanya 800 meter dari rencana pembangunan jalan tol. “Sabar saja, tiga tahun lagi akan segera dihotmix sehingga sesuai namanya jalan ini akan benar menjadi rejeng indah,” ujar Bupati Tamba.

Bupati Tamba menilai apa yang dikerjakan warga dengan gotong royong membangun rabat beton tersebut adalah, sebagai contoh silaturrahmi dan menjalin keakraban. “Gotong royong merabat beton jalan ini dilakukan karena ketidaktersediaan anggaran. Tetapi justru hal seperti ini membuat kita menjadi lebih akrab silaturrahmi terjaga dengan bagus,” ungkap Bupati Tamba.

Di sisi lain Kelian Dinas (Kadus) Banjar Pangkung, I Komang Juni Arbawa mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati Jembrana. Hal tersebut memberikan semangat kepada masyarakat.

“Pak Bupati ikut langsung membantu melaksanakan perbaikan jalan dalam rangka gotong royong serta memberikan bantuan donasi/sumbangan. Ini memberingan semangat kepada warga kami,” ucap Kelian dinas I Komang Juni Arbawa.

Arbawa mengatakan perbaikan Jalan Lotus atau sering disebut Rejeng Indah di Banjar Dangin Pangkung, Desa Pekutatan berupa perabatan beton selebar dua meter. “Di sini kerap kali ibu-ibu sering jatuh terguling saat melintas karena kondisi jalan rusak dan berlumpur. Mereka menggunakan kamben busana adat Bali terguling seperti seorang penari yang terjatuh. Maka disebut dengan jalan rejeng indah walaupun sebenarnya nama jalan ini adalah jalan lotus,” ujar Kelian dinas I Komang Juni Arbawa. 

Adapun rabat beton jalan yang dikerjakan  sepanjang 900 meter tersebut bersumber dari donasi/sumbangan dari masyarakat secara gotong royong. “Kegiatan hari ini sekaligus program Pemerintah Desa Pekutatan dalam bulan bhakti gotong royong. Sehingga masing-masing banjar dinas setiap bulan melaksanakan gotong royong di wilayahnya,” jelas Kelian dinas I Komang Juni Arbawa.

Kelian dinas Banjar Pangkung, I Komang Juni Arbawa menerangkan bahwa masih ada dua titik lagi yang harus diperbaiki dan memerlukan senderan serta biaya yang cukup besar, “Kami utamakan yang dkerjakan di sini dulu karena kerusakannya cukup parah supaya bisa dilalui kendaraan, terima kasih atas bantuan Bapak Bupati Tamba, semoga ke depan menjadi lebih baik,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA