by

Direktur P3S: Royke Lumowa Cukup Potensial Menangi Pilkada Sulawesi Utara 2024

KOPI, MANADO – Nama mantan Kepala Korlantas Mabes Polri Irjen Pol (Purn) Royke Lumowa muncul di tengah publik sebagai calon gubernur yang potensial memenangi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Sulawesi Utara (Sulut) akan dihelat serentak dengan sejumlah daerah di Indonesia pada tahun 2024 mendatang.

Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) DR Jerry Massie PhD mengatakan diantara para kandidat maka nama Mantan Kapolda Maluku Royke Lumowa punya kans yang cukup besar bahkan calon potensial di pilihan gubenur nanti.

“Beliau cukup mapan dan matang serta ‘all around’ atau serba bisa untuk maju di pilkada Sulut. Memang ada beberapa nama jenderal yang disebut-sebut, tapi Pak Roy Lumowa punya potensi lebih besar,” katanya, Kamis (28/4/2022).

Jerry berpendapat, Roy Lumowa punya ‘grand strategy dan grand design’ untuk membangun Sulawesi Utara.

“Saya kira sebagai putra Kawanua beliau tahu persis soal pendekatan persuasif terhadap warga Sulut, alasanya beliau mantan Kapolda Sulut.Jadi jenderal bintang dua ini layak diperhitungkan,” kata Jerry yang juga Peneliti Politik Amerika ini.

“Saya kira Sulut butuh ‘leader vision and smart leader’ atau pemimpin yang punya visi dan cerdas. Dengan pengalamannya, saya kira beliau mampu memberikan yang terbaik bagi warga Sulawesi Utara. Bukan hanya itu, dia punya strategi untuk membangun Sulut,” pungkasnya.

Selain itu kata Jerry, program saat menjabat Kapolda Papua Barat akan diimplementasikan konsep membangun masyarakat dengan segala keterbatasan sumber daya. Keluar masuk pedesaan di pedalaman hutan dan pulau-pulau.

Bahkan, Irjen Roy saat di Maluku rajin menyentuh daerah-daerah pinggiran dan pulau-pulau terluar untuk membina Kamtibmas dan membantu pemerintah dalam memajukan Maluku menuju kesetaraan dengan provinsi- provinsi lainnya yang lebih maju.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA