by

Bupati Tamba Gelontorkan Dana 1,5 Miliyar untuk Peningkatan Produksi Tenun dan Olahan Kakao

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba menggelontorkan Pinjaman berupa Dana Talangan total sebesar Rp1,5 Miliyar kepada koperasi Kakao Kerta Semaya dan Koperasi Tenun Yastiti Rupa bertempat di Rumah Jabatan Bupati Jembrana, Senin (18/4/2022). Pinjaman tersebut bertujuan untuk mendukung peningkatan produksi tenun dan olahan biji kakao.

Bupati Tamba yang didampingi Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Kadis Koperindag) menyerahkan secara simbolis kepada masing-masing penerima sebesar Rp1 Miliyar kepada Koperasi Kakao Kerta Semaya. Dan Rp500 juta kepada Koperasi Tenun Yastiti Rupa.

Bupati Tamba berharap dengan diberikannya dana talangan ini, dapat meningkatkan produksi serta kualitasi produk yang dihasilkan, baik itu untuk produk tenun maupun produk olahan biji kakao. “Coklat Pak Ngah itu bagus sekali sudah masuk ke beberapa Kementerian dan saya berpikir kalau di warung kita ada kopi sachet. Mengapa coklat sachet kita tidak ada. Saya yakin apabila kita produksi coklat sachet pasti dibeli oleh masyarakat. Tidak saja di coklat, dan saya ingin menciptakan generasi-generasi baru penenun, karena kebutuhan tenun itu nantinya akan banyak sekali,” ujar Bupati Tamba.

Lebih lanjut, Bupati Tamba menerangkan bahwa, pada tahun ini Jembrana akan memiliki sentra tenun. Ini akan menjadi pusat kerajinan tenun, baik itu tenun endek maupun songket. “Di sentra tenun Jembrana ini, disitu nanti ada produksi, penjualan dan juga ada kegiatan peragaan busana dan juga gathering nanti kita buat di situ,” terang Bupati Tamba.

Ketua Koperasi Kakao Kerta Semaya I Ketut Wiadnyana menyampaikan ucapan terimakasihnya atas pemberi bantuan dana talangan. Dan dana tersebut akan dimanfaatkan dan digunakan sesuai kebutuhan yang berkaitan dengan biji kakao.

“Kami merasa sangat bahagia dan mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Tamba karena sudah memberikan dana talangan kepada kami untuk kami kelola, nantinya akan kami gunakan untuk membeli biji kakao supaya lebih banyak dari petani dan kami berupaya meningkatkan harga beli, di tahun ini kami akan membeli paling murah di harga Rp42.000 per Kg biji kakao fermentasi,” ucap Ketua Koperasi Kakao Kerta Semaya I Ketut Wiadnyana.

Ketua Koperasi Kakao Kerta Semaya I Ketut Wiadnyana menjelaskan bahwa, produk Coklat Pak Ngah juga dipromosikan dalam acara Traksi, yang mana dalam acara tersebut juga mengundang produsen coklat berkualitas dari mancanegara. “Di acara Traksi kita promosikan, dan juga sudah dicipi oleh Valrhona dari Perancis. Kami bangga sekali karena bisa mempengaruhi produsen coklat besar di luar sana dan nantinya Jembrana akan dijadikan sebagai Jendela Kakao Fermentasi Nasional,” jelas Ketua Koperasi Kerta Semaya I Ketut Wiadnyana.

Sementara Ketua Koperasi Tenun Yastiti Rupa Ni Ketut Rinduasih juga mengungkapkan rasa terima kasihnya. “Kami merasa bangga, kelompok tenun di bawah naungan koperasi kami dapat dibantu. Dana talangan ini sangat membantu dan bermanfaat bagi kelompok tenun,” ujar Ketua Koperasi Tenun Yastiti Rupa, Ni Ketut Rinduasih..

Senada dengan pengurus koperasi, perwakilan penenun dari kelompok Tenun Kembar Sari, I Gusti Ayu Kade Winda Lestari menyampaikan rasa terimakasihnya dan terus berinovasi serta melestarikan tenun Jembrana. “Saya sangat berterimakasih diberikan bantuan dana talangan untuk penenun kita, kami memiliki motivasi untuk mengajarkan generasi muda untuk lebih mencintai tenun. Beberapa tamu sudah ingin membuat konsep tenun, biasanya mereka memberikan desain untuk kita produksi,” ujar I Gusti Ayu Kade Winda. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA