by

Bupati Tamba bersama Wabup Patriana Pantau Hari Terakhir Ujian Sekolah

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Wabup I Gede Ngurah Patriana Krisna memantau langsung pelaksanaan ujian di SMP Negeri 2 Negara, Jembrana, Bali, Jumat (22/4/2022). Pemantauan tersebut bertujuan untuk memastikan pelaksanaan hari terakhir ujian sekolah kelas IX dapat bejalan dengan baik dan lancar.

Ujian sekolah tersebut sebagai pengganti ujian nasional yang penerapannya dihapus oleh pemerintah pusat. Dan dalam kegiatan tersebut juga didampingi Kadis Dikpora Jembrana, Bupati Tamba dan Wabup Patriana Krisna secara langsung melihat situasi ujian yang diikuti para siswa. Di tengah situasi pandemi Covid-19, pelaksanaan ujian sekolah dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Secara umum, Ia melihat proses ujian sudah berjalan dengan baik. Termasuk penerapan protokol kesehatan dan sarana kebersihan sekolah. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Tamba memberikan semangat kepada para siswa agar bisa mengikuti ujian sekolah dengan sebaik-baiknya untuk memperolah hasil yang maksimal. “Semangat masing-masing siswa untuk mengikuti ujian, dengan  belajar yang rajin, saya kira hasilnya bisa baik dan semua siswa yang mengikuti ujian bisa lulus semuanya,” harap Bupati Tamba.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga (Kadisdikpora) I Gusti Anom Saputra didampingi Kabid Pendidikan Dasar  Jembrana Nyoman Koriawan mengatakan bahwa pemantauan yang dipimpin langsung Bupati Jembrana, untuk mengetahui secara langsung bagaimana proses ujian sekolah di SMP Negeri 2 Negara. Termasuk untuk mengetahui apakah timbul kendala dari pelaksanaan ujian, terlebih saat ini tidak ada lagi ujian nasional.

“Dari pantuan langsung bupati, secara umum berjalan lancar, tingkat kehadiran siswa 100 persen,” ujar Kadisdikpora I Gusti Anom Saputra.

Lebih lanjut, Kadisdikpora I Gusti Anom Saputra menjelaskan bahwa melalui ujian secara langsung, sekolah dapat meluluskan siswa dengan hasil terbaik. “Karena sekarang hanya ada ujian sekolah, sehingga ujian nasional itu sudah tidak ada, oleh karena itu, kita harapkan dengan kunjungan Bapak Bupati bisa memacu lebih, ke guru-guru di sekolah untuk memaksimalkan pembelajaran ke siswa agar siswa lulus dengan hasil yang terbaik,” jelas Kadisdikpora I Gusti Anom Saputra.

Terkait pelaksanaan ujian di masa pandemi Covid-19, Anom menerangkan bahwa pelaksanaan ujian sekolah dapat berjalan dengan baik tidak terpengaruh terhadap situasi pandemi saat ini karena di sekolah juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat. “Sudah kita terapkan secara ketat protokol kesehatan untuk guru yang mengawal ujian dan murid-murid yang akan melaksanakan ujian sekolah ini,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA