by

Pemkab Jembrana Terima BKK Provinsi 18 Milyar untuk Krematorium dan Rehab Pura Jagatnatha

KOPI, Jembrana – Pemerintah Kabupaten Jembrana mendapat bantuan keuangan khusus (BKK) secara simbolis sebesar Rp18 milyar dari Provinsi Bali. Bantuan diperuntukkan untuk pembangunan krematorium dan rehab Pura Jagatnatha diserahkan Wakil Gubernur Bali, Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si., bertempat di Wantilan Setra Desa Adat Pekutatan, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Rabu (23/3/2022).


Turut hadir dalam acara tersebut,  Forkopimda, Sekda Kabupaten Jembrana, Pejabat eselon II, Kepala OPD di Lingkup Pemkab Jembrana, para Camat, Majelis Desa Adat Kabupaten dan desa, PHDI Kabupaten dan desa, Jero Bendesa dan Perangkat desa, Perbekel, Kelian, Pemangku Desa Adat, Pecalang dan Perangkat terkait di Desa Adat Pekutatan.

Bantuan tersebut terbagi 2 macam jenis peruntukan yaitu:

  1. Untuk Pembangunan Krematorium sebesar Rp13 milyar, di Desa Adat Pekutatan, Kecamatan Pekutatan
  2. Untuk rehab Pura Jagatnatha sebesar Rp5 milyar.

“Kita berharap pembangunan bisa maksimal dan untuk pembangunan krematorium yang menggunakan lahan seluas 5 hektar, pembangunan krematorium tersebut dapat membantu masyarakat dalam prosesi pengabenan, baik menjalankan sesuai dengan aturan Dresta maupun yang kekinian,” ujar Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati.

Selain itu, sasaran BKK juga untuk Pura Jagatnatha yang sangat megah di Jembrana, sebagai kekuatan dan kebesaran Hindu di Kabupaten Jembrana. “Dengan bantuan ini dapat meringankan beban untuk perehaban Pura, sehingga semakin lengkap dan megah,” ucap Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati.

Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati juga mengapresiasi keberadaan Jegog dan tingklik Jembrana yang selalu mendapatkan perhatian Pemerintah Pusat untuk selalu dilibatkan dalam acara Nasional dan Internasional.

Di sisi lain, Bupati Tamba mengatakan bahwa pemberian BKK dari Pemprov Bali adalah bentuk komunikasi yang baik antara Pemkab Jembrana dengan Pemprov Bali. “Bapak Gubernur memberikan bantuan kepada Jembrana karena kecintaan beliau kepada rakyatnya. Beliau bekerja secara profesional berdasarkan kebutuhan rakyat Bali, karena Bapak Gubernur memandang bahwa semua masyarakat Bali adalah anak-anak Beliau,” ungkap Bupati Tamba.

Bupati Tamba juga mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Bali terutama kepada Bapak Gubernur beserta Wakil Gubernur atas bantuan yang diberikan. “Saya berharap semoga di tahun depan (2023) dapat diberikan lagi sesuai usulan Pemkab Jembrana yang diajukan,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA