by

Pemkab Jembrana Hadiri Puncak Pujawali di Pura Alas Purwo Banyuwangi

KOPI, Jembrana – Pemkab Jembrana menghadiri acara puncak pujawali di Pura Luhur Giri Salaka Alas Purwo Banyuwangi, Jatim, Rabu (30/3/2022). Bertepatan dengan rahina pagerwesi dan menghadiri Pujawali tersebut bertujuan untuk Ngaturang piodalan (mempersembahkan sesajen), persebahyangan agar senantiasa diberikan tuntunan, keteduhan kepada umat.

Jajaran Pemkab Jembrana yang dipimpin Sekda Jembrana I Made Budiasa, ikut serta menghadiri acara puncak pujawali tersebut, dan hadir pula saat acara Wakil Bupati Banyuwangi H. Sugirah. Pujawali tersebut di Pura Luhur Giri Salaka Alas Purwo yang terletak di tengah-tengah Areal Taman Nasional Alas Purwo Banyuwang.

Acara Pujawali tersebut di awali dengan prosesi ngebeji Ida Betare menuju pantai yang berdekatan dengan lokasi pura. Prosesi tersebut diikuti oleh Sekda I Made Budiasa bersama jajaran pimpinan OPD turut serta Nyunggi Ida Betara hingga seluruh rangkaian puncak pujawali tuntas.

Pujawali ini dipadati pemedek yang merupakan umat hindu Banyuwangi dan dari Provinsi Bali. Tidak hanya itu, juga hadir pemedek dari kabupaten lain di Jawa Timur. Wabup Banyuwangi Sugirah menyambut baik pelaksanaan pujawali serta mendoakan seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan lancar. Menurutnya selama ini umat hindu banyuwangi dikenal rukun dan harmonis.

“Kami turut mendoakan agar semua prosesi pujawali berlangsung lancar. Kita turut bahagia, karena tidak hanya kelancaran pelaksanaan pujawali juga turut mendongkrak wisatawan datang ke Banyuwangi. Kita lihat hotel hotel penuh, ini patut disyukuri untuk mendukung Banyuwangi Bangkit,” ujar Sugirah.

Wabup Sugirah menyebut bahwa “Keberadaan Pura Alas Purwo yang selama ini, mendukung pariwisata Banyuwangi khususnya di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi,” ucapnya.

Sementara Sekda Jembrana I Made Budiasa mengatakan bahwa persembahyangan pada pujawali ini rutin dilaksanakan, selain untuk melaksanakan persembahyangan agar senantiasa diberikan tuntunan, keteduhan kepada umatnya.

“Pelaksanaan bhakti pujawali dengan mengajak segenap OPD ini bertujuan untuk mendoakan agar Jembrana diberikan keselamatan, damai  dan dijauhkan dari musibah serta memohon kerahayuan dan keselamatan,” ucap Sekda Budiasa.

Menurut Ketua Panitia Eka Widaningsih mengatakan bahwa pelaksanaan rangkaian piodalan di mulai Selasa s/d Sabtu, 29 Maret s/d  2 April 2022. “Hari Selasa kita melaksanakan matur piuning kemudian Rabu puncak karya, Kamis Jumat nganyarin sampai Sabtu nyineb karya. Pandita yang muput Ida Bopo Pandita Giri Dharma Arsa dari Griya Kecamatan Purwoharjo-Banyuwangi,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA