by

Naturalisasi PSSI Diharapkan Bangkitkan Timnas Indonesia hingga ke Piala Dunia

KOPI, Jakarta –  PSSI saat ini diketahui sedang gencar melakukan program naturalisasi pemain keturunan untuk kepentingan Timnas Indonesia. Hal tersebut mendapat apresiasi dalam bentuk kegiatan webinar yang digagas oleh P3S dengan tema Naturalisasi PSSI: Timnas Indonesia Tatap Piala Dunia dilaksanakan secara virtual dilaksanakan pada hari Senin (14/3/2022).

Secara resmi webinar tersebut dibuka oleh Plt Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Seskemenpora) Jonni Mardizal. Ia mengatakan bahwa pemerintah senantiasa mendukung setiap kegiatan yang terkait dengan Timnas Indonesia.

Sekarang ini sudah ada 3 berkas pemain naturalisasi yang sedang diproses di Kementerian. “Untuk jangka pendek memang naturalisasi ini menjadi program kita,” kata Jonni Mardizal.

“Namun untuk jangka panjang, kita sudah punya Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) untuk memaksimalkan talenta yang ada,” tambahnya.

Dalam acara yang sama, Anggota Exco PSSI Hasani Abdulgani saat tampil menjelaskan bahwa program naturalisasi yang dilakukan oleh PSSI bukan suatu proyek. Menurutnya hal ini murni keinginan dari PSSI untuk jangka pendek yang tentunya mempunyai tujuan jelas.

Dengan naturalisasi tersebut diharapkan bisa memberikan efek bagi kemajuan sepakbola Indonesia. Hasani menjelaskan bahwa proses naturalisasi pemain sekelas Jordy Amat sampai kiper klub Serie-A Sampdoria Emil Audero akan membuat Timnas menjadi kekuatan baru.

Hal tersebut atas rekomendasi dari pelatih Shin-Tae-Yong berdasarkan kebutuhan Timnas Indonesia. Dia pun memberikan kabar terbaru terkait upaya dua pemain keturunan, Emil Audero Mulyadi dan Jordy Wehrmann untuk dinaturalisasi. Hasani mengabarkan bahwa baik Emil dan Jordy masih dalam tahap negosiasi.

“Seperti yang diketahui saat ini Tim Nasional (Timnas) Indonesia sedang berupaya untuk memperkuat skuad dengan cara merekrut pemain keturunan Tanah Air yang bermain di Eropa. Tiga pemain, Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shyne Pattynama sudah melewati proses negosiasi dan sedang dalam pengajuan naturalisasi,” tegasnya.

Hasani menerangkan PSSI akan melakukan naturalisasi pemain di luar negeri yang mempunyai darah Indonesia.  Dan saat ini ada tiga pemain yang hampir rampung menjadi WNI. Mereka adalah Jordi Amat (bek tengah), Sandy Walsh (bek kanan), dan Shayne Pattynama (bek kiri).

“Shayne Pattynama saat ini berusia 23 tahun. Ia masih terikat kontrak dengan Viking FK hingga akhir 2023 mendatang. Pattynama bisa bermain di posisi bek kiri dan juga gelandang tengah. Viking FK adalah klub di luar Belanda yang pertama kali dibela oleh Pattynama. Pada musim 2021, Viking FK finis di posisi ketiga Liga Norwegia,” jelasnya.

Hasani kembali menekankan bahwa proses naturalisasi sekali lagi bukan proyek, hal ini sesuai dengan keinginan pelatih dan pemain. Ini merupakan kesukarelawanan dari pemain keturunan. (sumber)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA