by

HUT ke-41, Ade Yasin: Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Harus Tingkatkan Pelayanannya

KOPI, Bogor – Bupati Bogor Ade Yasin menghadiri kegiatan HUT ke-41 Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor. Acara diselenggarakan di Ciburial Kecamatan Ciomas, Rabu (3/03/22).

Dalam sambutannya, Ade Yasin menyampaikan kepada Perumda Air Minum Tirta Kahuripan yang berusia 41 tahun harus lebih ditingkatkan lagi pelayanannya secara profesional. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir keluhan-keluhan dari masyarakat, serta diharapkan dapat meningkatkan cakupan jaringan layanan Perumda Air Minum Tirta Kahuripan kepada masyarakat.

“Tingkatkan pelayanan dengan cara kerja yang Gerak Cepat (Gercep) terutama dalam menangani dan menanggapi keluhan masyarakat. Setiap cabang harus Gercep berkolaborasi baik cabang yang ada di Bogor Barat, Selatan dan Tengah,” tegas Ade.

Selanjutnya, ia menambahkan Perumda harus menyediakan fasilitas hotline service di setiap cabang, atau datang langsung melayani masyarakat memperbaiki aliran-aliran yang kecil. “Selamat hari jadi Perumda Air Minum Tirta Kahuripan ke-41, saya kira di usia 4 dekade sudah cukup pengalaman dalam hal pelayanan air. Kami akan terus support Perumda Air Minum Tirta Kahuripan untuk terus meningkatkan pelayanan, meningkatkan jaringan dengan target tiga tahun ke depan diatas dua ratus ribu pelanggan,” ucapnya.

Lebih lanjut, Bupati Bogor menyampaikan, bahwa sumber mata air Ciburial ini adalah satu-satunya sumber terbesar yang bisa mengairi kabupaten dan kota. Diharapkan juga agar seluruh unsur jajaran Perumda Air Minum Tirta Kahuripan bekerja sama dengan Polsek dan Koramil wilayah untuk dapat betul-betul menjaga sumber mata air Ciburial.

“Sumber mata air ini harus dijaga dengan ketat, jangan sampai kecolongan dan jangan sampai ada kebocoran. Libatkan Polsek dan Koramil untuk mencegah masuknya orang tidak bertanggungjawab ke lokasi ini,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Direktur Utama (Dirut) Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor, Yuliansyah Anwar mengungkapkan, pencapaian Perumda Air Minum Tirta Kahuripan di antaranya, mendapatkan penghargaan dari PUPR sebagai BUMD Air Minum dengan kategori sehat dan kinerja terbaik No.1 di Jawa Barat, sekaligus menduduki peringkat ke-4 sebagai BUMD Air Minum dengan kinerja terbaik di Indonesia.

“Kita juga mendapatkan, penghargaan dari BPKP Jawa Barat atas pencapaian terbaik kinerja keuangan, operasional dan tata kelola perusahaan, serta penghargaan Perpamsi Award 2021 dengan kategori BUMD Air Minum Sehat dengan cakupan pelayanan terbaik wilayah Kabupaten. Dan ini merupakan kado di HUT Perumda Air Minum Tirta Kahuripan ke-41 sebagai landasan untuk meningkatkan pelayanan di Kabupaten Bogor,” ungkapnya.

Yuliansyah Anwar juga menjelaskan, kinerja Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor mendapatkan nilai 71,55% yang berarti berkinerja “Baik” pada tahun 2020 sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri No. 47 Tahun 1999.
Dan saat ini Perumda Air Minum Tirta Kahuripan telah melayani 26 dari 40 Kecamatan di wilayah Kabupaten Bogor dengan cakupan layanan wilayah administrasi sebesar 33,40% dan jumlah pelanggan sebanyak 198.590 sambungan.

“Tentunya pencapaian ini tidak lepas dari peran serta seluruh elemen Perusahaan, mulai dari Bupati dan Pemerintah Daerah serta DPRD Kabupaten Bogor, Direksi, Dewan Pengawas, Karyawan, Pelanggan dan elemen lain yang masing-masing memberikan kontribusi sesuai fungsi dan perannya masing-masing,” paparnya.

Menurutnya, selain terus berupaya memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan dengan adanya smart water meter dan ISO 17025 mengenai kualitas air bersih, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan juga mengharapkan dukungan stakeholder dalam hal regulasi mengenai perlindungan dan pemanfaatan sumber air baku terutama mata air baru, yang pada akhirnya dapat mendukung meningkatnya kinerja Perumda Air Minum Tirta Kahuripan khususnya dalam hal penambahan cakupan pelayanan di Kabupaten Bogor.

“Harapan manajemen di HUT ke-41 Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor dapat menjadi landasan bagi perusahaan untuk dapat menuju tingkat yang lebih tinggi dalam berbagai aspek serta kehadirannya semakin memberikan nilai lebih bagi masyarakat Kabupaten Bogor, sehingga tujuan untuk menjadi perusahaan air minum terbaik dan termaju di Indonesia dapat segera terealisasi,” pungkasnya.

Adapun rangkaian kegiatan peringatan HUT Perumda Air Minum Tirta Kahuripan yang diselenggarakan antara lain: bedah musholla di sekitar Ciburial, penanaman pohon dan santunan anak yatim serta program diskon sambungan baru 40% yang berlaku hingga Maret 2022. (Red/Humas Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kab Bogor)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA