by

GEMPA, Rehabilitasi Kompleks Makam Sultan Makhdum Alaidin Malik Abdullah Syah, Ayah Putroe Nurul A’la.

KOPI.Aceh Timur – Gerakkan Masyarakat Peduli Makam (Gempa) bersama Unsur kelembagaan dari RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia), Peutrang (Pejuang Tingkat Rendah) dan BMU (Barisan Muda Umat) ikut ambil andil melaksanakan rehabilitasi makam Sultan Makhdum Alaiddin Malik Abdullah Johan Berdaulat (1078 – 1109 M), yang sudah lama tidak terurus. Selasa (29/03/2022). Di Desa Paya Meuligo. Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur.

Abdullah ketua GEMPA Aceh sebagai penggagas dengan segap mengkoordinir kegiatan rehabilitasi pada makam ini bersama kawan-kawan dari RAPI, PEUTRANG dan BMU.

“Kemuliaan Islam di Aceh khususnya dan Asia Tenggara padum umumnya yang kita rasakan saat ini merupakan hasil perjuangan para kesultanan-kesultanan tersebut. Sudah seharusnya kita peduli dan merawatnya”. Tegas Abdullah dilokasi makam Sultan Makhdum Alaiddin Malik Abdullah berdaulat.

Dilokasi yang sama, koodinator RAPI Aceh Timur, Syukriadi yang sering disapa Gambit oleh masyarakat Aceh Timur mengatakan kekesalan kepada piha pemerintah Aceh, baik itu Pemkab Aceh Timur maupun Provinsi Aceh, terindikasi tidak ambil peduli terhadap perhatian dalam perawatan makam para pejuang agama Allah ini.

“Isu yang sering terdengar, makam kesultanan di desa Paya Meuligo kecamatan Peureulak, Aceh Timur itu tidak bisa dianggarkan dengan dana APBK ataupun APBA jika asetnya tidak diambil alih langsung oleh daerah. Itu alasan yang konyol dan tak masuk akal. Jika secara transparan dan musyawarah dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat tentu semua hal itu tentu bisa terlaksana. Sebagai tuntutan undang-undang.” Terang Gambit.

Lanjutnya, walau begitu, upaya menjadikan taman makam Sultan Makhdum Alaiddin Malik Abdullah sebagai objek wisata tetap terlaksana dari donasi dukungan berbagai pihak. Selain itu, ia berharap semua komponen yang merasa dirinya sebagai muslim pada umumnya muslim Asia Tenggara, muliakanlah makam para alim ulama yang telah membawa kita semua menjadi makhluk yang dimuliakan oleh Allah SWT.

“Kiranya sudah menjadi tanggungjawab bersama untuk memelihara makam ini sebagai bentuk penghargaan atas jasa yang mulia berdaulat,” ucapnya dengan meneteskan air mata.(Jamaliah)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA