by

Fakta Menarik! Inilah 4 Manfaat Puasa yang Wajib Kamu Tahu

Fakta Menarik! Inilah 4 Manfaat Puasa yang Wajib Kamu Tahu

KOPI, Jakarta – Berpuasa rupanya bukan hanya untuk beribadah semata, tetapi ada juga banyak manfaat puasa lainnya. Dimulai dari turunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, sampai memelihara kesehatan mental. Salah satunya ialah karena puasa bisa tingkatkan metabolisme tubuh.

Manfaat puasa bisa dilihat di saat tubuh mengalami perubahan sesuai lamanya waktu berpuasa. Untuk mempernyerap gizi dari minuman dan makanan yang dimakan, tubuh memerlukan waktu sekitar 6-8 jam. Ini artinya, tubuh mampu berpuasa jika diberi konsumsi lebih dulu.

Oleh karena itu, penting untuk makan sahur yang bergizi saat sebelum menjalani puasa dari terbit hingga tenggelamnya matahari. Saat keadaan badan sedang normal, sumber energi utama tubuh ialah gula yang didapat dari metabolisme karbohidrat atau gula yang disimpan di otot dan hati. Di saat berpuasa, konsumsi gula ini akan dipakai untuk hasilkan energi yang dibutuhkan tubuh. Selain gula, jaringan lemak bisa juga diolah menjadi sumber energi.

Fungsi Puasa Untuk Menjaga Kesehatan

Berikut beragam manfaat puasa yang dikutip dari suara bandung:

1. Membantu Proses Diet

Faedah puasa yang pertama ialah membantu turunkan berat badan. Tidak itu saja, puasa bagus untuk jaga berat badan tetap ideal.

Beberapa riset merilis jika puasa bisa membantu tingkatkan metabolisme tubuh, sehingga pembakaran kalori dan lemak di dalam tubuh turut bertambah. Hal ini dapat membuat berat badan turun. Dengan demikian, Anda akan terbebas dari resiko kegemukan.

2. Membantu Jaga Kestabilan Kondisi Jantung

Manfaat puasa yang ke-2 ialah jaga kesehata jantung. Hal tersebut didapat dari beberapa riset yang menunjukkan orang yang teratur berpuasa selama sekitar sebulan terlihat mempunyai risiko yang lebih rendah untuk terserang penyakit jantung, kolestetrol tinggi, dan tekanan darah tinggi, dibanding orang yang tidak menjalani puasa.

Ini diduga karena orang yang berpuasa dapat mengontrol pola makannya lebih sehat, tidak memperoleh konsumsi cholesterol dan kalori terlalu berlebih, dan mempunyai metabolisme yang lebih baik, Maka dari itu, puasa dapat dilakukan sebagai salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung.

3. Meminimalkan Potensi Munculnya Kanker

Beberapa riset memperlihatkan jika puasa berguna untuk mencegah perkembangan sel-sel kanker. Pasalnya , selama berpuasa, pergerakan pembelahan sel pada tubuh, termasuk sel-sel kanker, akan berkurang karena terbatasinya konsumsi gizi.

Disamping itu, metabolisme yang lebih baik diduga ikut berperanan saat membuat sel kanker lebih sulit tumbuh ke orang yang berpuasa. Meskipun begitu, manfaat puasa yang ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Perlu jadi perhatian, untuk mencegah kanker, Anda pun disarankan untuk jalani pola hidup sehat, seperti konsumsi makanan bergizi seimbang, istirahat yang cukup, teratur olahraga, kurangi stres, dan tidak merokok dan menjauhi minuman mengandung alkohol.

4. Mencegah Terjadinya Diabetes

Faedah puasa selanjutnya ialah turunkan resiko diabetes. Hal ini terkait dengan dampak puasa yang bisa menggairahkan perbaikan metabolisme tubuh dan tingkatkan performa insulin, yaitu hormon yang mengatur kandungan gula darah.

Bukan itu saja, ditemukan riset yang mengatakan jika puasa bisa membantu menahan kekebalan insulin dan jaga kandungan gula darah tetap stabil. Hal ini dapat turunkan resiko terjadinya penyakit diabetes pada orang yang berpuasa.

5. Menjaga Kesehatan Psikis

Selain bagus untuk kesehatan fisik, puasa berguna juga untuk kesehatan mental. Pasalnya, puasa bisa membantu turunkan kandungan hormon stres atau kortisol dan merangsang hormon endorfin yang bagus untuk menurunkan rasa cemas. Hal ini diduga terkait dengan dampak puasa yang bisa memperbaiki metabolisme tubuh.

Tidak itu saja, puasa akan membuat seorang merasa lebih dekat dengan Sang Pencipta. Hal ini dapat membuat hati dan situasi batin jadi lebih tenang, sehingga pikiran akan lebih jernih. Semoga artikel yang kita bahas ini bermanfaat!

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA