by

Cara Menulis Artikel yang Menarik Bagi Pembaca

Cara Menulis Artikel yang Menarik Bagi Pembaca

KOPI, Jakarta – Tentu kalian pernah menulis, sebenarnya menulis tidak rumit seperti yang kita bayangkan. Apalagi jika kalian ingin menulis artikel, semudah saat kita melakukan update status di media sosial. Jika membahas tentang artikel, tentu kalian perlu mengetahui pengertian dari artikel itu sendiri.

Artikel adalah suatu kalimat yang disusun oleh penulis dengan adanya sebuah tujuan yang terkandung di dalam tulisan tersebut. Jadi, semua orang bebas dan berhak menulis suatu artikel untuk mengemukakan atau mengungkapkan pandangan penulis terhadap hal apapun.

Jika kalian ingin membuat pembaca tertarik dengan artikel yang kalian buat, maka kalian juga perlu memperhatikan struktur artikel dan juga isi artikel yang kalian tulis. Selalu usahakan untuk membuat artikel yang baik, informatif, dan edukatif agar pembaca bisa nyaman dan paham dengan apa yang kalian tulis.

Lalu, bagaimana sih cara untuk membuat artikel yang berkualitas dan menarik para pengunjung? Dikutip dari laskarpena.id, berikut adalah cara untuk membuat artikel yang baik dan menarik para pengunjung.

1. Menentukan Ide

Hal yang paling mendasar sebelum menulis artikel yaitu menentukan ide yang bagus untuk blog kalian nantinya. Kenapa harus memikirkan ide terlebih dahulu? Karena segala hal yang besar, tentunya dimulai dari sebuah ide.

Kalian bisa menemukan ide untuk membuat artikel kapan saja, bisa ketika kalian sedang bersantai sambil membaca referensi artikel orang lain. Atau kalian juga bisa menemukan ide dengan berinteraksi dengan orang lain.

2. Menentukan Topik

Jika kalian sudah mendapatkan ide, cara untuk membuat artikel yang menarik selanjutnya yaitu dengan menentukan tema atau topik artikel. Mungkin beberapa dari kalian akan bingung dan merasa kesulitan untuk menentukan topik artikel yang akan dibuat.

Sebenarnya setiap penulis memiliki cara yang berbeda-beda dalam hal menentukan topik, tapi jika kalian ingin menjadi penulis artikel dan memiliki topik yang menarik, maka kalian harus menjadi diri sendiri.

3. Menentukan Judul Artikel

Judul pada artikel juga merupakan suatu penentu apakah artikel yang kalian buat nantinya dibaca atau tidak oleh calon pengunjung. Perlu diketahui bahwa sebaik apapun kalian membuat tulisan artikel yang menarik, maka tidak ada gunanya apabila kalian salah dalam mencantumkan judul artikel.

Cara membuat judul artikel yang menarik yaitu menulis judul yang bisa membuat para calon pembaca penasaran dengan isi artikel yang ingin kalian buat. Maka dari itu buatlah judul artikel yang membuat penasaran dan membuat para calon pengunjung merasak tertarik untuk mengunjunginya.

4. Pasang Gambar Menarik

Gambar merupakan salah satu yang bisa menghiasi artikel, kenapa demikian? Karena gambar akan membuat artikel yang kalian tulis lebih berwarna sehingga dapat mengurangi kejenuhan para pembaca dalam membaca tulisan.

Dalam memasang gambar juga tidak boleh asal-asalan. Kalian harus memasang gambar yang cocok dan sesuai dengan topik dan judul artikel yang kalian buat nantinya.

5. Isi Artikel Harus Berkualitas

Cara yang terakhir agar artikel kalian bisa menarik calon pengunjung, yaitu dengan menulis isi artikel yang berkualitas. Tulisan artikel yang berkualitas ini maksudnya adalah tulisan pada artikel tersebut tidak terlalu jauh dari judul dan selalu fokus pada tujuan.

Dalam hal ini, kalian juga harus menulis artikel yang akurat apalagi dalam menyampaikan informasi. Selalu berikan data dan juga fakta yang jelas apabila sedang menulis suatu artikel.

Jangan sampai lupa untuk memberikan penutup artikel dengan kalimat yang berkesan bagi para pembaca nantinya. Bagaimana? Cukup mudah bukan, cara untuk menulis artikel yang berkualitas agar bisa menarik para pengunjung. Terima kasih telah berkunjung, semoga beberapa cara tersebut bisa bermanfaat untuk kalian.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA