by

Aplikasi PCare BPJS Kesehatan : Berikut Cara Mudah untuk Daftar

KOPI, Aplikasi PCare – BPJS Kesehatan mempunyai layanan lewat program yang dikenali sebagai PCare. Program ini bisa dipakai beberapa pemegang premi untuk ajukan pengobatan atau sekedar daftarkan diri sebagai pasien di faskes tingkat pertama yang dituju.

Mengutip info dari situs prismaham.id, Senin (14/3/2022), aplikasi ini baru ada untuk sistem operasi Android, sehingga warga bisa mengunduhnya lewat Google Play Store. Kemudian, peserta dianjurkan untuk lakukan registrasi off-line di kantor BPJS Kesehatan paling dekat.

Dengan begitu, mereka langsung bisa mengakses data pribadi sebagai peserta BPJS Kesehatan saat lakukan kunjungan ke faskes. Beberapa feature yang dipunyai oleh aplikasi PCare ialah info tagihan, cara mendaftar peserta BPJS Kesehatan mandiri atau lembaga, dan pencarian sarana kesehatan paling dekat.

Dengan aplikasi ini, peserta BPJS Kesehatan akan memperoleh keringanan misalnya: alur registrasi pasien yang lebih ringkas, data pasien terpadu, proses diagnosis pasien bisa lebih cepat, dan proses rujukan lebih gampang.

Tetapi harus diingat, aplikasi ini tidak dapat dipakai untuk umum, sehingga belum semua pengguna dapat memanfaatkannya. Untuk mengetahui langkah pendaftaran dan pemakaian layanan PCare BPJS Kesehatan, simak beberapa langkahnya berikut :

  • Kunjungi laman resmi BPJS Kesehatan atau Google Playstore.
  • Download aplikasi PCare.
  • Buat username dan sandi. Dan masukkan username serta sandi jika sudah lakukan register.
  • Sesudah sukses login, lalu Anda akan dibawa ke halaman khusus Primary Care BPJS Kesehatan yang berisi index berkenaan pasien.
  • Tentukan menu pelayanan. Sesudah masuk, peserta dapat manfaatkan PCare untuk memperoleh beberapa layanan dari BPJS Kesehatan.
  • Akan terdapat dua opsi, yakni Registrasi dan Pelayanan.
  • Bila Anda sebagai pasien berobat, lakukan registrasi lebih dulu dengan isi nomor BPJS peserta selanjutnya click Cari.
  • Bila pasien sebagai pasien faskes tempat Anda bekerja, identitas pasien itu akan ada secara otomatis.
  • Lengkapi bidang yang kosong mulai: Jenis kunjungan, Keluhan pengecekan fisik, Tekanan darah, dan sebagainya.
  • Klik Simpan. Lalu, kembali lagi ke entri data, tentukan Pelayanan. Di bagian ini Anda disuruh untuk isi kolom-kolom yang kosong, seperti kolom Therapy dan Diagnosis.
  • Lalu, klik Simpan. Tahapan entri data untuk pasien BPJS Kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) juga selesai.
  • Seterusnya, Anda bisa melihat data pasien berobat ke faskes 1 tempat Anda bekerja, mulai kegiatan, jumlah kunjungan, tipe kunjungan, sampai sepuluh penyakit paling banyak.
  • Dalam menu Tools, Anda bisa mengganti sandi Primary Care BPJS Kesehatan dan masuk ke LUPIS BPJS untuk melihat dan mengubah jumlah pekerja faskes tingkat pertama pada tempat Anda bekerja.
  • Bila Anda klik simbol akun yang ada di samping kiri, Anda akan mendapati data administrasi dan juga bisa arahkan Anda log-out untuk keluar program Primary Care BPJS Kesehatan apabila sudah usai digunakan.

Dengan kehadiran aplikasi PCare Bpjs Kesehatan ini diharapkan masyarakat lebih mudah lagi mengakses fasilitas kesehatan yang disediakan pemerintah.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA