by

Anggota MPR RI Darmansyah Husein Sosialisasi 4 Pilar kepada Pelajar di Bangka Belitung

Anggota MPR RI Darmansyah Husein (kemeja hitam tengah) bersama peserta Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Kantor Sekretariat DPD RI Bangka Belitung. (Foto: Ismail)

KOPI, Pangkalpinang – Anggota MPR RI Darmansyah Husein kembali memberikan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI kepada para pelajar SMA dan SMK di Kota Pangkalpinang.

Kegiatan yang berlangsung di Kantor Sekretariat DPD Bangka Belitung di Kelurahan Girimaya Pangkalpinang itu, juga dihadiri para guru pendamping, pejabat dan tokoh masyarakat.

Dalam paparannya, Darmansyah mengajak generasi muda untuk selalu menanamkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam 4 pilar tersebut, yaitu Pancasila, UUD 1945, Tap MPR RI, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Melalui empat pilar ini maka akan menjadi perekat bagi persatuan dan kesatuan bangsa, sebagai landasan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ungkap Darmansyah Husein.

Ia menambahkan, adanya sosialisasi 4 pilar kebangsaan untuk mencerdaskan bangsa melalui pemahaman kandungan nilai-nilai ideologis, konstitusi, persatuan dan kesatuan, serta semangat dalam keberagaman. Sehingg nilai-nilai tersebut terus hidup di tengah masyarakat, terlebih generasi milenial saat ini.

Dirinya berharap melalui sosialisasi dapat menghasilkan para pelajar yang berbudi pekerti baik, berkualitas, memiliki daya saing, unggul dan berkemajuan. Sehingga masa depan bangsa dan negara yang lebih baik segera terwujud.

“Generasi muda diharapkan bertambah rasa cintanya terhadap bangsa dan negara,” pintanya.

Darmansyah juga menyinggung perlunya kurikulum yang berisi tentang Empat Pilar Kebangsaan. Sebab itu, dirinya akan menyampaikan kondisi tersebut kepada Kementerian Pendidikan untuk melakukan pengkajian terhadap kurikulum sekarang.

“Kenapa sekarang malah yang seharusnya rumusan dasar negara 4 pilar itu, lebih diinterilisasikan anak-anak kita, kenapa itu malah dikurangi? Nanti kita evaluasi lah, dengan menteri yang bersangkutan,” ucapnya optimis.

Sementara itu tokoh Bangka Belitung Dharma Sutomo mengungkapkan empat pilar kebangsaan merupakan landasan menjadi negara merdeka.

“Empat pilar ini, menjadi landasan negara kita untuk merdeka. Ideologi Pancasila, bentuk negara kesatuan, kemudian bisa juga kebhinekaan, itu kan jadi nilai-nilai,” ujarnya.

Presidium Perjuangan Pembentukan Provinsi Bangka Belitung itu menjelaskan apabila keempat pilar dikaitkan dengan perjuangan pembentukan provinsi maka terdapat berbagai kandungan nilai dalam sejarah perjuangan tersebut.

“Ada nilai-nilai historis, filosofis, sosiologis di dalamnya. Pejuangnya kan bisa hilang. Manusia hidup akan mati. Tapi, nilai-nilainya yg harus diperjuangkan. Kalau kita analogikan ke provinsi ini, apa yg disampaikan tadi, konteksnya jadi relevan,” kata praktisi hukum ini.

Selain Darmansyah Husein dan Dharma Sutomo, pembicara lainnya Kepala Kantor Sekretariat DPD RI Bangka Belitung Andarta Feriyadi. Usai sosialisasi dilakukan penyerahan sertifikat secara simbolis.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA