by

6 Pekerjaan Freelance yang Cocok Untuk Pelajar

KOPI, Kediri – Bertahan di perguruan tinggi merupakan tantangan tersendiri. Anda tidak hanya harus belajar keras untuk menjaga nilai Anda, tetapi Anda juga harus menemukan cara untuk menutupi pengeluaran Anda pada saat yang sama.

Sebagian besar siswa mengambil pekerjaan paruh waktu upah minimum untuk mendapatkan uang. Namun sekarang mencari pekerjaanpun sangat sulit, apalagi di masa seperti pandemi.

Untungnya ada banyak cara yang lebih mudah untuk mendapatkan uang secara online. Anda dapat melakukannya paruh waktu sambil belajar tanpa mengacaukan jadwal kuliah Anda. Dan dapatkan lebih banyak daripada kebanyakan pekerjaan paruh waktu.

Dalam posting ini, saya akan berbagi dengan Anda beberapa cara berbeda bagi pelajar untuk mendapatkan uang secara online.

1. Menjadi Penulis Esai

Sebagai mahasiswa, Anda akan sering harus menulis esai untuk tugas dan proyek Anda. Tapi tahukah Anda bahwa Anda juga bisa mendapatkan uang dengan menulis esai?

Ada banyak platform online dan situs web yang dapat Anda ikuti untuk mencari pekerjaan menulis esai. Ini adalah pekerjaan langsung di mana Anda hanya perlu menulis esai untuk orang lain.

2. Menulis untuk Blog & Publikasi

Jika Anda bisa menulis esai, Anda juga bisa menulis artikel untuk blog, situs berita, majalah, dan berbagai publikasi online.

Ada situs yang membayar cukup baik untuk menulis posting blog yang bagus. Setiap situs memiliki nilai bayaran yang berbeda. Biasanya, ini tergantung seberapa menarik, dan seberapa panjang tulisan Anda.

3. Bergabunglah dengan Platform Freelance

Platform freelance adalah cara lain untuk menemukan pekerjaan online dengan mudah. Jika Anda dapat menemukan dan bergabung dengan platform yang tepat tanpa terlalu banyak persaingan, Anda dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan dan mendapatkan uang langsung dari rumah.

Untuk mencari pekerjaan di platform freelance, Anda harus memiliki keterampilan yang dapat Anda pasarkan sebagai layanan. Misalnya, jika Anda pandai menulis, Anda dapat menawarkan layanan sebagai content writer. Jika Anda pandai desain grafis, Anda dapat mencari pekerjaan untuk pekerjaan desain.

Cukup banyak lowongan kerja freelance yang dapat Anda ambil. Tentu, Anda bisa memfilter pekerjaan tersebut sesuai dengan keahlian Anda.

4. Kerjakan Penerjemahan dan Transkripsi

Mempelajari bahasa yang berbeda adalah metode umum yang digunakan siswa untuk mendapatkan kredit kuliah tambahan. Anda juga dapat memanfaatkan pengetahuan itu dengan baik.

Ada banyak platform yang dapat Anda gunakan untuk bekerja sebagai penerjemah. Anda dapat menerjemahkan dokumen dari berbagai bahasa dan mereka membayar dengan baik.

5. Ajarkan Kursus Online

Mengajar kursus online atau kelas adalah cara hebat lainnya untuk menghasilkan uang. Hal yang hebat tentang pekerjaan ini adalah Anda tidak harus bekerja setiap hari.

Situs seperti Udemy memungkinkan Anda membuat kursus online sendiri dan mengunggahnya ke platform. Kemudian platform akan melakukan pemasaran untuk menemukan audiens untuk kursus Anda.

Ini adalah cara yang efektif untuk memiliki aliran pendapatan pasif juga.

6. Pengelola Media Sosial

Jika Anda ahli di media sosial dan membuat konten yang mendapat banyak suka dan pengikut, pekerjaan ini akan tepat untuk Anda.

Sebagai pengelola media sosial, Anda dapat membuat konten dan mengelola saluran sosial untuk berbagai merek dan bisnis. Ini mungkin terdengar mudah tetapi membutuhkan strategi dan merancang posting untuk media sosial.

Anda akan dapat menemukan pekerjaan manajemen media sosial di platform freelance mana pun.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA