by

Trader Andrea Saputra Bagikan Kunci Dapatkan Kesuksesan di Dunia Cryptocurrency

KOPI, Jakarta – Kehadiran teknologi digital pada era sekarang telah menyebar di semua lini kehidupan, termasuk di bidang ekonomi. Aktivitas ekonomi yang berkolaborasi dengan kecanggihan teknologi telah mampu menggaet pasar anak muda. Terbukti dengan banyaknya generasi milenial yang menjadi investor di Bursa Efek Indonesia (BEI). Istilah trading pun semakin sering dibahas oleh berbagai kalangan karena menawarkan keuntungan dalam jumlah besar.

Trading adalah sebuah proses transaksi finansial jangka panjang maupun jangka pendek yang dilakukan oleh player dengan ditengahi oleh pihak ketiga yaitu  broker or exchanger.. Trading jangka pendek biasa disebut dengan istilah daily trader, sedangkan jangka panjang dapat dikategorikan menjadi investasi. Namun tidak sembarang orang dapat terjun ke dunia trading karena menuntut kemampuan analisis pasar dan managemen keuangan yang baik. Sebab jika salah dalam melakukannya, bukannya mendatangkan keuntungan, trading justru dapat mendatangkan petaka. Untuk meminimalisir hal di atas, hadirlah komunitas bernama Moonkillers.

Kunci Dapatkan Kesuksesan di Dunia Cryptocurrency

Moonkillers sendiri adalah sebuah komunitas yang membantu anggotanya mempelajari tentang beberapa instrumen penting yang ada dalam dunia cryptocurrency, forex maupun saham. Mulai dari money management, psikologis trading, teknikal analisis, fundamental koin/token hingga membantu membuat tradeplan pribadi. Komunitas yang dibentuk pada 25 September 2021 ini diprakarsai oleh Mochammad Maulana Ginandra Saputra sebagai owner,  Mochammad Ginandrea Saputra dan juga Richard Kevin selaku founder.

Berbagai kegiatan positif telah dilakukan oleh komunitas yang mempunyai lebih dari 3000 anggota ini. Hal ini disampaikan oleh Ginandrea Saputra selaku founder Moonkillers dalam wawancaranya. Andrea, sapaan akrab Ginandrea Saputra menjelaskan Moonkillers berupaya membantu lebih banyak orang, baik yang akan atau sudah terjun ke dunia cryptocurrency.

“Moonkillers tiap bulannya membuka batch dan sekarang menuju ke batch V. Di dalamnya terdapat grup diskusi, outlook koin/token, fundamental news dan juga signal. Kita juga memberikan kelas edukasi 4x selama sebulan, dengan fokus untuk membantu trader-trader baru dan mendiskusikan pembahasan teknikal advance,” tutur pemilik akun Instagram @ginandreasaputra tersebut.

Moonkillers lewat akun Instagram @moonkillers.id juga memberikan free signal dan news fundamental kepada para anggotanya.  Lebih lanjut, pria berusia 24 tahun ini merasa dunia cryptocurrency sangat menjanjikan di masa depan. Andrea merasa kesempatan dan peluang besar ini akan terus berkembang dengan pesat ke depannya.

“Menurut saya pribadi untuk dunia trading sangat menjanjikan. Karena berdasarkan data exchanger binance, sebanyak 95% populasi dunia masih belum mengetahui mengenai cryptocurrency. Hanya 5% populasi yang sudah berkecimpung, ada metaverse ditambah dengan web 3.0, pasti ini akan hype banget. Maka dari itu trader or investor early adopt yang telah terjun dapat mengambil keuntungan yang sangat besar nantinya,” jelas pria asal Bogor yang telah menggeluti dunia trading sejak tahun 2019 lalu.

Andrea menambahkan beberapa hal perlu dilakukan agar seorang trader dapat meminimalisir ratio loss dan mendatangkan profit yang maksimal.

“Konsistensi adalah kunci untuk mendapatkan keuntungan yang lebih. Sebagai trader kita harus mengetahui berapa persen keuntungan yang harus didapatkan perhari dan mengatur maksimal persen loss perharinya. Strategi lain yaitu harus patuh terhadap tradeplan yang telah dibuat dan dan mengetahui perkembangan fundamental dari koin atau token yang ingin dimasuki oleh trader tersebut, bila sudah faham mengenai teknikal dan fundamental, ratio loss akan sangat kecil,” tutup Andrea.

Sebelum memasuki market cryptocurrency, Andrea menyarankan seseorang harus memahami terlebih dahulu psikologis trader, managemen uang yang baik dan harus mematuhi tradeplan. Hal tersebut dilakukan agar seseorang siap dengan segala kemungkinan yang terjadi. Sebab dunia trading adalah dunia yang penuh resiko dan membutuhkan strategi serta konsistensi agar mendatangkan keuntungan yang diharapkan.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA