by

Tips Memelihara Kemampuan Kognitif yang Kian Turun Setiap Bertambahnya Usia

-Kesehatan-327 views

KOPI, Jakarta – Penurunan kemampuan kognitif pada seorang manusia merupakan hal yang telah dibuktikan berkali-kali oleh studi ilmiah. Selain dari studi ilmiah, fenomena penurunan kemampuan kognitif ini merupakan hal yang dapat dengan mudah kita temui dan amati di sekitar kita, bahkan pada diri kita sendiri. Dan dari semua itu satu kesimpulan yang dapat kita ambil yaitu penurunan kemampuan kognitif merupakan sesuatu yang nyata.

Penurunan kemampuan kognitif sendiri biasanya terjadi pada orang yang sudah lanjut usia, atau setidaknya pada kelompok usia lansia lah penurunan kemampuan kognitif terjadi secara signifikan. Saya bilang “setidaknya” karena nyatanya penurunan kemampuan kognitif bisa terjadi pada semua kelompok usia, salah satu contoh nyata adalah menurunnya kemampuan kognitif pada anak remaja dimana anak remaja akan lebih lambat dalam mempelajari suatu bahasa daripada anak usia dini.

Lalu, apa yang harus kita lakukan dalam menyikapi fakta tersebut?

Tentunya kita harus berusaha untuk mempertahankan kemampuan kognitif kita.

Kenapa harus?

Dikutip dari Laskar Pena, kognitif sendiri adalah sebuah proses mencari pengetahuan dengan berpikir secara rasional. Dan dari pengertian kognitif diatas, boleh dikatakan bahwa kemampuan kognitif sendiri adalah sebuah kemampuan dalam mempelajari, menyerap dan memahami suatu ilmu pengetahuan dan informasi. Pada dasarnya tingkat kemampuan kognitif adalah hal yang paling membedakan manusia dengan spesies lainnya di bumi ini. Oleh karena itu sudah sepatutnya kita harus menjaganya sebaik mungkin.

Oke, lalu bagaimana cara menjaganya?

Penasaran? simak cara-caranya di bawah ini.

Tips-Tips Dalam Memelihara Kemampuan Kognitif

Tips-Tips di bawah ini bisa anda terapkan untuk memelihara kemampan kognitif otak anda :

  • Makan makanan yang sehat dan bergizi. Tubuh yang mana didalamnya juga terdapat otak, sangatlah membutuhkan berbagai nutrisi dan gizi, oleh karena itu sudah sepatutnya kita memenuhi kebutuhan tersebut dengan makanan yang sehat dan mengandung gizi yang tubuh kita perlukan.
  • Tidur yang cukup. Tubuh memerlukan istirahat dan tidur adalah bentuk istirahat terbaik yang mampu menghilangkan penat tubuh secara keseluruhan, karenanya tidurlah yang cukup.
  • Rutin berolahraga. Selain butuh istirahat dan nutrisi, tubuh secara keseluruhan juga perlu aktif digunakan agar semua fungsi-fungsinya berjalan secara optimal. Oleh karena itu olahraga merupakan hal wajib yang perlu kita semua lakukan, khususnya bagi yang kegiatan sehari-harinya tidak terdapat aktivitas fisik yang cukup.
  • Hindari stres berlebih. Stres berlebih adalah salah satu hal yang berbahaya bagi tubuh dan juga tentunya otak, karenanya stres yang berlebih harus kita hindari dengan meditasi, refreshing, olahraga, atau hal-hal lain yang dapat menurunkan tingkat stres.
  • Tidak berhenti belajar. Belajar bisa dibilang merupakan latihan bagi kemampuan kognitif otak, oleh karena itu teruslah belajar setiap harinya bahkan ketika usia sudah tidak muda. Belajar sendiri tidak pasti belajar hal-hal akademik seperti di sekolahan, belajar bisa apa saja asal melibatkan otak, belajar mengoperasikan semua fitur-fitur sebuah smartphone merupakan salah satu contohnya.
  • Selalu berpikir kritis. Dengan berpikir kritis setiap harinya, otak kita senantiasa bekerja dan menggunakan kemampuan kognitifnya.

Itulah dia tips-tips yang bisa anda gunakan supaya kemampuan kognitif anda senantiasa terpelihara dengan baik dan tidak mudah tergerus oleh bertambahnya usia. Sekian yang bisa saya sampaikan, terimakasih dan sampai jumpa.