by

PPWI Pulpis Wacanakan Penyuluhan Hukum bagi Kepala Desa, Tony Harisinta: Pemda Siap Mendukung

KOPI, Pulang Pisau – Dewan Pengurus Cabang Persatuan Pewarta Warga Indonesia (DPC-PPWI) Kabupaten Pulang Pisau melaksanakan kunjungan silaturahmi dengan Pemerintah Daerah Pulang Pisau, Rabu (2/2/22), bertempat di Aula Kantor Diskominfo Kabupaten Pulang Pisau, Jl.Trans Kalimantan. Dalam pertemuan tersebut, Ketua PPWI Pulang Pisau Riduan A. Karim menyampaikan keprihatinanya terhadap adanya kasus penyalahgunaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) di beberapa desa yang ada di wilayah Kabupaten Pulang Pisau yang mana menurutnya kejadian tersebut cukup menyita perhatian publik.

“Seperti halnya yang terjadi di Kabupaten Pulang Pisau ini, hanya dalam satu tahun sudah ada dua Kepala Desa yang diproses secara hukum oleh pihak berwenang, keduanya terbukti melakukan penyalahgunaan Dana Desa, ini tentu menjadi perhatian publik,” ungkap Riduan A. Karim.

Kedatangan Pengurus PPWI tersebut disambut langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pulang Pisau, Tony Harisinta, yang didampingi Kepala Inspektorat Sapri Junjung, serta Kadiskominfo Moh.Insyafi beserta Jajaran. Kegiatan silaturahmi PPWI tersebut dipimpin langsung oleh Kadiskominfo dan berjalan lancar dengan tetap menerapkan Protokol kesehatan.

Foto: Kunjungan silaturahmi PPWI Pulpis dengan Pemda Pulpis

Riduan menambahkan, terkait polemik masalah tersebut sebagai organisasi pers dan selaku kontrol sosial sebagaimana amanat Undang-Undang yang ditetapkan tentu merasa terpanggil untuk membantu Pemerintah Daerah (Pemda) guna meminimalisir hal tersebut dengan memberikan pemahaman hukum bagi Kepala Desa antara lain dengan menyelenggarakan bimbingan teknis atau penyuluhan hukum tentang Penerapan Penggunaan Dana Desa (DD) sesuai Juknis dan Juklak yang sudah ditentukan, agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

“Sebagaimana intruksi Presiden RI beberapa waktu lalu, peran serta masyarakat dalam melakukan pengawasan Dana Desa sangat diharapkan guna mendukung program pemerintah terhadap realisasi DD tepat guna dan tepat sasaran,” lanjutnya.

Beberapa upaya Pemda Pulang Pisau dalam melakukan sosialisasi, baik berupa kegiatan penyuluhan, peningkatan kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa, serta berbagai macam kegiatan lainya tentu sudah maksimal, akan tetapi menurut Ketua PPWI Pulang Pisau penyuluhan hukum tentang Tata Kelola Keuangan sesuai Juknis dan Juklak serta tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku juga harus lebih ditingkatkan lagi, khususnya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Dari segi pemahaman Tata Kelola Keuangan harus benar-benar dipahami setiap Kepala Desa.

“Mungkin dari Pemkab Pulpis khususnya DPMD sendiri sudah maksimal melakukan upaya sosialisasi melalui berbagai program baik pencegahan, pembinaan, bahkan peningkatan kapasitas Aparatur Desa, akan tetapi menurut kami penyuluhan dari segi pemahaman hukumnya juga perlu ditingkatkan lagi, karena di sinilah letak masalahnya,” tambahnya.

Selanjutnya, menurut Riduan terkait narasumber pihaknya akan mengundang pihak berwenang baik dari Kejaksaan/Polri bahkan lembaga lainnya yang membidangi permasalahan hukum.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Pulang Pisau, Pudji Rustaty Narang melalui Sekda Tony Harisinta, menyambut baik wacana penyuluhan hukum bagi Kepala Desa yang direncanakan digelar di Tahun 2022 ini.

“Kami selaku Pemerintah Daerah menyambut baik, rencana rekan-rekan Pers yang tergabung di PPWI Pulang Pisau ini, kami akan berkoordinasi dengan instansi terkait, pada intinya kami mendukung program positif seperti ini,” sambut Sekda.

Sekda menambahkan terkait rencana Penyuluhan Hukum bagi Kepala Desa yang digagas PPWI Pulang Pisau tersebut merupakan terobosan positif yang harus didukung oleh instansi terkait. “Masalah ini nanti akan kita koordinasikan dengan bagian hukum Pemkab dulu, adapun untuk proses pelaksanaannya tentunya perlu di koordinasikan dengan pihak DPMD selaku OPD yang membidangi,” jelas Sekda.

Selain membahas maslah penyuluhan hukum, Pengurus PPWI Pulang Pisau juga menyampaikan beberapa aspirasi terkait kegiatan organisasi PPWI, antara lain kegiatan rutin bakti sosial dengan tema “PPWI Peduli” serta beberapa kegiatan lainya yang berhubungan dengan kerja sama kemitraan di bidang Informasi dan Publikasi. (Riduan)

Editor: NJK

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA