by

Penghujung Satu Tahun Tamba Ipat, Launching Jembrana Satu Data Sampai Angkringan Pelayanan Publik

KOPI, Jembrana – Merayakan Kepemimpinan Bupati Jembrana I Nengah Tamba dan Wabup I Gede Ngurah Patriana Krisna ditutup dengan berbagai rangkaian acara bertempat di Angkringan Negaroa Bahagia tepatnya di Terminal Negara, Sabtu malam (26/2/2022). Perayaan tersebut digelar untuk mengukur hasil capain kinerja pasangan Tamba-Ipat.

Di malam puncak perayaan satu tahun kepemimpinan Tamba Ipat tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi dan Deputi Bidang Statistik Sosial RI,  Ateng Hartono. Termasuk Forkopimda Jembrana dan para OPD di lingkup Pemkab Jembrana, dengan melaksanakan prokes yang sangat ketat dan sekaligus mencanangkan Jembrana satu data dari desa.

Pencanangan desa mandiri bahagia Jembrana satu data dari desa, program pertama yang ada di Indonesia. Sementara diseluruh Bali, Jembrana sebagai satu satunya daerah yang menerapkan program tersebut. Program ini diharapkan menjadi contoh ke depan dari desa lainnya di seluruh Indonesia. Selain itu juga diadakan penandatanganan MoU dengan Gesits sebagai awal dari pengembangan pabrik motor listrik di Kabupaten Jembrana.

Dikesempatan yang sama juga menyerahkan batuan pendidikan kepada murid SD Negeri dan SMP Negeri serta menyerahkan paket makanan kepada lansia. Dan melaunching angkringan pelayanan publik.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba didampingi Wakil Bupati I Gede Ngurah Patriana Krisna mengatakan bahwa selama satu tahun kepemimpinanya, pihaknya berusaha bekerja keras dengan sungguh-sungguh untuk membangun Jembrana. “Hari ini mungkin masyarakat Jembrana belum bisa melihat hasilnya secara nyata, mohon itu bisa dimaklumi, seperti bayi baru bisa belajar merangkak, akan tetapi berilah kami waktu di tahun kedua ini, kita sudah mulai start berjalan dengan baik, contohnya, kami bisa menarik dana-dana pusat, investasi sudah mulai masuk dan ini membutuhkan waktu dalam pembangunan,” terang Bupati Tamba.

Selama ini, pihaknya sudah berusaha bekerja keras untuk membangun Jembrana. Dan untuk APBD tahun ini sudah ada gerakkan dengan sangat serius, sehingga masyarakat cepat bisa bekerja, ekonomi bisa bergerak.

“Untuk sektor ekonomi pelan-pelan bangkit dengan positif. Degrasi kita tidak terlalu tajam biarpun di masa pandemi Covid-19. Hal ini membuat suatu tantangan tersendiri buat kita, akan tetapi banyak opportunity yang kita dapatkan dari sini, artinya dulu otak kita malas dan sekarang dengan tantangan di tengah pandemi otak kita menjadi rajin, kita maksimalkan apa yang harus kita kerjakan,” ujar Bupati Tamba.

Dalam hal ini, Bupati Tamba juga menambahkan bahwa, pihaknya tidak diam, dan terus beradaptasi dengan menghadapi situasi pandemi Covid-19. Dan selalu bergerak cepat.

“Dengan semangat dan tekad kami, kita berusaha  keluar dari Jembrana untuk mengunjungi bapak-bapak kita yang ada di pemerintah pusat. Apa yang kami lakukan selama ini meloby investor, akhirnya salah satu pabrik besar yang menyerap ribuan tenaga kerja yang akan dibangun di Desa Penyaringan 23 Maret 2022 mendatang sudah mulai peletakan bantu pertama (ground breaking).”

“Selain itu di sektor budidaya tambak udang vaname yang sudah dibangun adalah sebagai percontohan kunjungan dari setiap kabupaten atau provinsi terbukti kemarin, selain Menkomarves Luhut Binsar Panjaitan juga dikunjungi oleh Menparekraf Sandiaga Uno dan Bapak Kasal TNI, hari ini Bapak Wamen juga hadir,” imbuhnya.

Lanjutnya, Bupati Tamba mengatakan bahwa, dengan berbagai kunjungan selama ini dari pemerintah pusat artinya, Kabupaten Jembrana sudah dilirik. Pihaknya punya konsep yang jelas, struktur yang bisa di wujudkan kedepan.

“Ini cuma butuh waktu, saya selalu optimis dan saya tidak pernah lelah membangun Jembrana dan akan membahagiakan masyarakat Jembrana, akan tetapi tentu tidak semua bisa di sama ratakan, akan tetapi paling tidak, ekonomi berjalan. Saya mohon doa restu, bersama bapak Wabup Patriana Krisna segala kekurangan dan segala yang belum kami capai mohon beri kami waktu.”

“Kami akan kejar terus target ini, sehingga kami berdua apa yang dicanangkan yang menjadi visi misi kami menuju Jembrana Bahagia sesuai dengan Tri Hita Karana dan mudah-mudahan bisa kami capai bersama,” harap Bupati Tamba.

Sementara Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna berterimakasih atas dukungan selama ini kepada masyarakat yang tetap mendukung dalam melaksanakan pemerintahan ini. “Kami mohon maaf segala kekurangan, kita tetap berusaha untuk bagaimnana memenuhi apa yang menjadi visi misi kami,” tutupnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA