by

Karbol AAU Kunjungi Candi Prambanan, Pentingnya Peduli Cagar Budaya Nusantara

KOPI, Yogyakarta – Sebagai upaya meningkatkan kepedulian cagar budaya nusantara, ratusan Karbol Akademi Angkatan Udara (AAU) mengunjungi salah satu situs sejarah yakni Candi Prambanan, yang berada di jalan Solo-Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Minggu (13/2/2022). Aksi peduli cagar budaya tersebut diikuti Karbol Tingkat II, III, dan IV AAU khususnya bagi Karbol yang tidak melaksanakan tugas Dinas Dalam di Kesatrian.

Saat akhir pekan tiba, merupakan saat yang paling menyenangkan bagi Karbol AAU, setelah enam hari mengikuti agenda kegiatan akademik yang padat dan menguras tenaga, para Karbol AAU berkesempatan meregangkan urat saraf dengan melakukan wisata edukatif. Candi Prambanan dipilih menjadi salah satu tujuan wisata, guna memperkenalkan lebih dekat salah satu situs budaya nusantara kepada Karbol AAU sekaligus menanamkan rasa cinta dan kebanggaan serta menjunjung tinggi adat budaya dan kearifan lokal yang ada di Yogyakarta.

Kepedulian terhadap cagar budaya yang merupakan situs sejarah budaya bangsa, diharapkan menjadi bekal para Karbol yang merupakan calon-calon Perwira TNI Angkatan Udara yang unggul di bidang Iptek Kedirgantaraan bertaraf internasional. Namun, para Karbol nantinya tetap berpedoman pada nilai-nilai kearifan budaya lokal sebagai nilai luhur budaya bangsa yang harus tetap dilestarikan.

Gubernur AAU Marsda TNI Eko D. Indarto, S.I.P., M.Tr (Han), mengatakan bahwa kunjungan ke Candi Prambanan diawali dengan kegiatan jalan santai mengelilingi area Candi Prambanan, dilanjutkan senam bersama di pelataran sekitar candi, dan diakhiri dengan kegiatan psikologi lapangan. “Diharapkan kegiatan aksi peduli cagar budaya ini mampu mengedukasi positif bagi Karbol AAU dalam mewujudkan visi Akademi Angkatan Udara melalui program AAU Gemilang Cemerlang Tangguh Lahir dan Batin, yang senantiasa tetap menjunjung tinggi kearifan lokal,” ujar Eko.(PENAAU-2022)