by

Inilah Tips Belanja Aman di Marketplace Online Lengkap

KOPI, Jakarta – Menjadi kebutuhan,kini berbelanja sudah bisa kita coba lewat online. Ya,seperti kita ketahui bila belanja online adalah hal yang kini dilakukan. Karena memang selain masih ada pandemi,kita juga ingin belanja tanpa harus keluar. Karena teknologi yang sudah berkembang canggih,membuat kita mudah dalam belanja.

Tapi,ada risiko yang membuat belanja online tidak disukai. Seperti produk tak sesuai deskripsi,produk rusak,produk lama sampai bahkan tak sampai. Lalu bagaimana tips memilih Marketplace dan juga cara berhati hati dalam belanja online? Anda bisa mencoba membaca artikel ini. Yang mengulas tentang tips belanja online yang aman.

Tips Belanja Online Di Marketplace

1. Cek Tempat Dan Website Marketplace

Sebelum memasukkan informasi pribadi atau keuangan apa pun, pastikan Anda memverifikasi bahwa situs tempat anda berada adalah situs website yang aman dan juga bagus. Dengan cara melihat rating dan juga komentar orang orang kita bisa melihat situs mana saja yang bagus. Di Indonesia sendiri terdapat Bukalapak,bli bli,shopee,lazada,Tokopedia, AyoKupas.com dan yang lainnya.

Bagaimana dengan online shop lainnya? Tentunya kita harus berhati hati dalam pemilihan online shop. Oleh karena itu,kita wajib melihat rating online shop yang akan dibeli dan dikunjungi.

2. Pilih Seller Terpercaya

Tentunya dalam Marketplace ada toko toko yang notabenenya rating-nya rendah bahkan jelek. Oleh karena itu,anda bisa memilah rating tinggi dan komentar positif sebelum membeli produk. Bagi anda yang tergiur harga murah jangan sampai kecolongan,karena harga murah belum berkualitas. Lebih baik harga standar bahkan mahal,tapi kualitas bagus.

Ada juga seller seller yang rating tinggi tetapi ternyata scammer (penipu). Bagaimana menyikapinya? Tentunya kita bisa melaporkan seller tersebut ke Marketplace agar tokonya dibekukan oleh Marketplace tersebut.

3. Pilih Kurir Dengan Benar

Adanya kurir pengiriman express yang memudahkan kita dalam berbelanja. Terkadang membuat kita dilema. Ada yang harga murah bahkan harga diatas normal. Sebenarnya kita bisa lihat dari pelayanan nya. Apakah cepat atau lambat dalam proses pengiriman,sehingga anda tak salah memilih dan kecewa karena kurir tersebut bisa mengantar pesanan kita sesuai tepat waktu.

4. Retur Barang Bila Tak Sesuai

Barang yang dijelaskan di deksripsi terkadang berbeda dari keinginan kita. Misal membeli smartphone bekas,tetapi sudah rusak.

Kita bisa meretur barang tersebut agar kita bisa mendapatkan kembali uang atau barang yang sesuai keinginan kita. Pastikan barang yang kita terima sesuai kondisi yang dijelaskan oleh seller kepada kita.

Sangat penting sekali tentunya tentang melihat barang yang ada dan bisa juga anda coba teliti sebelum membukanya.

5. Jangan Transaksi Diluar Marketplace

Fitur Marketplace yang menjadi rekber atau pihak ketiga, merupakan fitur yang harus kita manfaatkan sebaik mungkin. Saat seller chat kita langsung dan meminta konfirmasi pembayaran ke rekening pribadinya sebaiknya anda urungkan. Karena memang kita harus melewati Marketplace terlebih dahulu,baru anda bisa menunggu produk dan produk tersebut akan dikirim oleh seller.

Jadi jangan tergiur oleh chat atau kata kata seller yang menawarkan harga murah dan harus transfer langsung ke nomor rekening pribadinya. Wajib sekali anda perhatikan hal sepele ini.

Itulah tadi referensi dari website onlinejek yang bermanfaat untuk kita semua. Sebagai pembeli, kita memang harus memperhatikan hal hal yang perlu kita perhatikan. 5 point penting diatas bisa anda renungkan dan anda perhatikan sebelum anda membeli produk di online shop dan Marketplace tentunya.