by

Cara Parafrase Kalimat Agar Lolos Plagiasi Turnitin

KOPI, Jakarta – Anda sedang membuat artikel, jurnal atau skripsi, tesis dan disertasi? Namun, khawatir dengan kalimat yang diketik terdeteksi plagiat? Berikut cara parafrase kalimat supaya lolos cek plagiasi turnitin.

Dalam membuat suatu tulisan, baik tulisan fiksi maupun nonfiksi, penulis diwajibkan untuk menghindari tindakan plagiasi pada karyanya. Oleh karena itu, banyak penulis yang menggunakan parafrase agar terhindar dari plagiasi saat dilakukan cek turnitin.

Lalu, bagaimana caranya tulisan agar lolos dari cek plagiasi turnitin? Tekniknya adalah dengan menggunakan cara parafrase. Berikut cara parafrase kalimat supaya lolos cek plagiasi turnitin yang bisa Anda lakukan.

Parafrase

Sebelum membahas cara parafrase kalimat supaya lolos cek plagiasi turnitin, sebaiknya Anda pahami dulu apa itu parafrase?

Menurut KBBI, parafrase, lebih tepatnya parafrasa adalah pengulangan kembali suatu tuturan atau suatu teks dalam bentuk tuturan atau teks lain dengan tujuan dapat menjelaskan makna yang tersembunyi.

Berdasarkan pengertian di atas, bisa dikatakan bahwa parafrase adalah pengulangan kembali suatu teks dalam bentuk teks lain.

Pentingnya Parafrase

Apa pentingnya parafrase? Tujuan dari parafrase adalah untuk menghindari terjadinya tindakan plagiasi tulisan, kalimat dan paragraf, khususnya karya ilmiah yang membutuhkan berbagai sumber referensi.

Tidak heran, parafrase sering digunakan oleh seseorang yang sedang menyusun tulisan karya ilmiah untuk menghindari terjadinya tindakan plagiasi karena banyak menggunakan berbagai sumber referensi.

Plagiasi

Sudahkah Anda tahu apa itu plagiasi? Plagiasi adalah tindakan menjiplak karya orang lain dan mengakui karya tersebut sebagai karya miliknya sendiri.

Dalam dunia literasi, tindakan plagiasi sangatlah dikecam dan dianggap sebagai tindakan mencuri karya maupun gagasan orang lain. Bahkan, plagiasi ini memiliki sanksi pidana. Jadi, kegiatan plagiasi merupakan sebuah kejahatan.

Plagiasi Turnitin

Untuk mengetahui tulisan teridentifikasi plagiasi atau tidak, saat ini banyak muncul berbagai situs website pengecekan plagiasi yang bisa Anda coba, di antaranya:

1. Turnitin

Turnitin adalah salah satu platform cek plagiat yang paling populer, khususnya di dunia akademik. Sayangnya, Turnitin tidak bisa digunakan secara bebas alias hanya bisa digunakan berbayar.

Biasanya, harga yang ditawarkan tergantung dengan sekolah maupun instansi yang bekerja sama dengan turnitin. Anda bisa menggunakannya melalui situs www.turnitin.com.

2. DupliChecker

Melalui situs www.duplichecker.com, Anda bisa menggunakannya dengan gratis. Meskipun tampilannya sederhana, tetapi akurasi pengecekannya cukup tinggi. Anda harus membuat akun terlebih dahulu untuk mendapatkan 50 pengecekan secara gratis.

3. Small SEO Tools

Tak hanya melalui situs www.smallseotools.com, tetapi Anda juga bisa menggunakan Small SEO Tools melalui aplikasinya. Anda bisa mengecek plagiasi dengan gratis melalui salah satu fitur yang diberikan Small SEO Tools.

Cara Parafrase Kalimat

Selanjutnya, bagaimana cara parafrase kalimat supaya lolos cek plagiasi turnitin? Berikut cara yang bisa Anda lakukan.

  1. Pahami kalimat. Lakukan membaca berulang kali untuk memahami kalimat tersebut sehingga Anda bisa menulis ulang dengan kalimat yang serupa.
  2. Bila masih belum paham, baca dan pahami kalimat sebelumnya dan sesudahnya untuk mengetahui makna yang dimaksud.
  3. Kuasai sinonim atau persamaan kata agar tidak kesulitan mencari persamaan kata untuk menguraikan kembali kalimat tersebut.
  4. Perbanyak membaca untuk memperkaya diksi sehingga Anda terasah dan tidak kesulitan dalam menulis kembali kalimat yang akan digunakan.
  5. Jangan lupa bandingkan hasil kalimat yang diparafrase dengan kalimat aslinya. Apakah memiliki kosa kata yang sama atau tidak.
  6. Jangan lupa cantumkan sumber referensi dari kalimat yang diparafrasekan.

Penutup

Seperti itulah penjelasan mengenai cara parafrase sampai dengan penjelasan cara parafrase kalimat supaya lolos cek plagiasi turnitin yang bisa Anda lakukan. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir tulisan yang ditulis terdeteksi plagiasi dengan skor plagiasi yang tinggi.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA