by

Bupati Tamba bersama Wabup Patriana Lounching Pelayanan KIR Uji Berkala Sistem BLUE

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Wabup I Gede Ngurah Patriana Krisna Melaunching Pelayanan KIR Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor Kabupaten Jembrana dengan Sistem Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUE) bertempat di Dusun Pangkung Dalem, Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Sabtu (26/2/2022). Dalam launching KIR tersebut bertujuan untuk mempermudah pelayanan masyarakat.

Sebelumnya hampir setahun pelayanan KIR ini mangkrak. Setelah diresmikan, pelayanan KIR ini diharapkan memudahkan pelayanan masyarakat akan pengujian kendaraan bermotor secara berkala, tidak perlu jauh lagi melakukan uji KIR ke kabupaten lain. Termasuk pembayaran yang lebih transparan dengan diterapkannya sistem pembayaran non tunai.

Dalam hal tersebut Bupati Tamba mengatakan bahwa pelayanan KIR untuk memudahkan masyarakat di dalam melakukan uji kendaraan. Dengan di launching unit pelayanan pengujian kendaraan bermotor mereka tidak perlu jauh-jauh lagi ke kabupaten lain. Selain itu, sistem pembayaran retribusi atas pelayanan uji berkala kendaraan bermotor tersebut saat ini telah bekerjasama dengan pihak Bank BPD Bali dengan sistem pembayaran non tunai e-retribusi.

“Tadi sudah kita launching dan lakukan uji coba terhadap kendaraan milik salah satu masyarakat. Di situ kita bisa melihat kepuasan masyarakat di dalam menggunakan pelayanan KIR di sini. Dilayani dengan baik, sistemnya juga transparan  dengan pembayaran non tunai. Sehingga tidak ada kecurigaan lagi adanya oknum yang bermain (calo), semua sudah transparan dan jelas,” ujar Bupati Tamba.

Hal yang sama juga disampaikan Wabup Patriana Krisna bahwa, keberadaan pelayanan uji berkala di Kabupaten Jembrana sudah tentu menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh para pengusaha/sopir angkutan umum. “Sebelumya mereka harus menumpang uji ke daerah lain, yang sudah tentu akan memerlukan biaya lebih tinggi, sehingga banyak yang enggan melakukan perpanjangan uji berkala. Kepada petugas di sini agar senantiasa memberikan pelayanan yang baik dan transparan,” ucap Wabup Patriana Krisna.

Direktur Sarana Transportasi Jalan, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Danto Restyawan yang juga hadir, menyambut baik dilaunchingnya Pelayanan KIR di Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor Kabupaten Jembrana. “Dengan di mulai beroperasinya pelayanan KIR disini tentu akan memudahkan bagi masyarakat Jembrana yang sebelumnya harus menuju kabupaten lain dalam menguji kendaraannya.”

“Saat ini Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor Kabupaten Jembrana dengan sistem dan alat yang tersedia memiliki klasifikasi “B”. Kami selaku pemerintah pusat dalam hal ini akan terus mendukung keberadaan pelayanan KIR di sini, sehingga ke depan akan lebih maju dan berkualitas lagi,” ucap Dirjen Perhubungan Darat Danto Restyawan.

Sementara salah satu warga yang berasal dari Desa Candikusuma, Komang Sumartawan, usai melakukan uji kendaraannya mengaku senang atas pelayanan KIR di tempat ini. Sebelumnya Ia harus pergi ke kabupaten lain untuk menguji kendaraan yang menurutnya sangat tidak efisien.

“Dengan adanya pelayanan KIR di sini, saya tidak perlu jauh lagi. Setiap enam bulan saya bisa KIR disini. Pelayanannya juga sangat baik, mudah dan transparan karena pakai sistem pembayaran non tunai,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA