by

Bupati Jembrana Dilantik sebagai Ketua Umum ADKI Bali Periode 2022- 2025

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba dilantik sebagai Ketua Umum (Ketum) Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) Provinsi Bali, oleh Ketum ADKI pusat Fikri El Azis, periode 2022-2025, bertempat di Angkringan Negaroa tepatnya di Terminal Negara, Bali, Selasa (22/2/2022). Pelantikan tersebut bertujuan untuk mengukuhkan pengurus dan meningkatkan kebangkitan ekonomi kreatif Indonesia. Dalam pengukuhan tersebut dihadiri langsung oleh Menteri menparekraf RI, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A.

Usai pelantikan, Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengapresiasi kehadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, serta memberikan semangat kepada UMKM, dengan modal semangat itu, maka Jembrana bisa bangkit. Bupati Tamba juga meminta bimbingan menteri Menparekraf RI untuk Jembrana, sehingga ke depan lebih maju dan menuju Jembrana tahun emas 2026.

Sebagai ketua umum ADKI Bali, Bupati Tamba menyampaikan akan melihat dulu potensi dan rekam jejak setiap kabupaten di Bali, potensi dan produk kreatifitasnya. “Nanti akan diskusi dulu dengan pembina dan pengurus ADKI. Selanjutnya akan segera membina dan membentuk DPC setiap kabupaten,” jelas Bupati Tamba.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Tamba menyampaikan bahwa tahun 2022 ini, Jembrana akan memiliki rumah tenun. Yang didukung dengan anggaran DAK pusat sebesar Rp16 miliar akan jadi sentra tenun Jembrana yang akan menampung seluruh produk tenun dan produk UMKM kuliner Jembrana. 

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A, mendorong Kabupaten Jembrana sebagai kabupaten yang kreatif dalam mengelola dan memanfaatkan potensi yang ada, sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat. Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, melihat ekonomi Jembrana yang bangkit menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bupati Tamba dan Wabup Patriana beserta jajaran Pemkab Jembrana.

Menurutnya, kebangkitan ekonomi Jembrana hal yang menggembirakan setelah cukup lama terkontraksi karena Pandemi Covid-19. “Maka kuartal pertama tahun ini, kuartal yang memulai kebangkitan Jembrana, terbukanya peluang usaha dan lapangan kerja dengan adanya angkringan negaroa bahagia dan penciptaan lapangan kerja. Saya sangat mengapresiasi dan ini menjawab kebutuhan masyarakat. Ini program yang tepat sasaran dan tepat waktu menjawab kebutuhan masyarakat,” jelas Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno.

Lebih lanjut, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno juga mencanangkan, bahwa tahun 2022 ekonomi Jembrana-Bali harus positif. Dan harus menciptakan lapangan kerja, dan bertransformasi di mulai dari Kabupaten Jembrana di awali dari pertanian, coklat Jembrana. UMKM dan produk lokal ini harus didukung.

Lanjutnya, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno akan mendorong lebih banyak desa wisata untuk kategori Indonesia bangkit, tidak hanya desa wisata tetapi ada juga desa kreatif. Saat ini Jembrana ada 12 desa wisata dan akan mendorong lebih banyak lagi desa wisata.

Dalam kesempatan tersebut, menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menekankan tentang vaksinasi agar ekonomi Bali segera bangkit. Maka vaksin booster harus dilakukan karena saat ini banyak stok vaksin, sehingga harus digunakan dengan baik oleh masyarakat. Serta meningkatkan kedisplinan prokes serta kebangkitan ini ditandai dengan kegiatan-kegiatan di fasilitas yang dibangun sebagai magnit kegiatan bertaraf nasional dan intenasional. “Inilah cara kita memulihkan pariwisata, khususnya Jembrana,” jelas Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno.

Namun demikian ada juga desa kreatif, karena desa kreatif ini bisa memilih satu dari dari 17 subsektor yang dikembangkan. Seperti data Bank Indonesia yang sangat berpotensi kuliner dan fashion. “Sehingga coklat sangat berpotensi, ini adalah peluang kita mengambil peran dalam kebangkitan ekonomi dan meciptakan lapangan kerja,” ujarnya.

Pandemi Covid-19 membuat banyak masyarakat kehilangan lapangan kerja karena terlalu bergantung pada pariwisata. Ke depan ekonomi kreatif sebagai lokomotif, Menparekraf yakin akan menciptakan lapangan kerja di Jembrana dan seluruh Bali. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA