by

Ancol Tempat Wisata Terbaik di Jakarta

KOPI, Jakarta – Salah satu tempat wisata di Jakarta yang paling terkenal dengan permainannya adalah Taman Impian Jaya Ancol. Ya, siapa yang tidak kenal Ancol. Tempat dengan wahana permainan berteknologi tinggi, variasi permainan yang banyak, tak hanya permainan untuk anak saja melainkan juga bagi orang dewasa. Semua bisa kita temukan di Ancol dan merupakan tempat wisata yang cocok bagi semua kalangan.

Lokasi tepatnya Taman Impian Jaya Ancol ialah di daerah Jakarta Utara. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai obyek wisata Taman Impian Jaya Ancol, simak tulisan di bawah ini.

Obyek Wisata Ancol

Obyek wisata Ancol yang dikelola oleh anak perusahaan yaitu PT Taman Impian Jaya Ancol berdiri di atas lahan seluas 552 hektar dengan lokasi yang dekat pantai terbaik di ibukota, dan dapat dicapai menggunakan transportasi apa saja, membuat obyek wisata ini sangat populer dan tak pernah sepi kunjungan wisatawan. Beberapa obyek wisata yang terdapat di Ancol, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Pantai serta Taman

Pantai dan Taman sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. Suasana pantai dengan angin sepoi-sepoi membelai, air laut dan pasir membentang, membuat semangat ingin bermain di pantai atau taman. Pantai dan Taman yang ada di Ancol ada 5 buah, diantaranya ialah Pantai Festival, Elok, Ria, Indah, dan Carnival Beach Club. Serta ada pula Danau Impian.

2. Dunia Fantasi

Dunia Fantasi atau lebih dikenal dengan nama Dufan dibuka pada 29 Agustus 1986. Dunia Fantasi merupakan salah satu bagian dari Ancol Dreamland atau Taman Impian Jaya Ancol. Apa yang menarik dari obyek wisata ini? Sebenarnya kawasan Dufan tidaklah terlalu luas, cuma 9 hektar. Akan tetapi, di dalam Dunia Fantasi kita bisa menikmati beragam wahana seru dan fantasi keliling dunia lewat permainan yang memiliki teknologi tinggi.

Pusat edutainment yang dibuka oleh Ancol antara lain Fidufa (Fisika Dunia Fantasi) dan pentas prestasi. Spot yang ada di Dufan berlatar belakang bermacam kawasan yaitu : Eropa, Yunani, Indonesia, Amerika, Asia, Jakarta, Hikayat dan Balada Kera.

3. Altantis Water Adventure

Wahana ini berdiri di atas lahan seluas 5 hektar. Kita diajak melakukan petualangan wisata air di 8 kolam utama (Antila, Aquarius, Plaza Atlas, Poseidon, Octopus, Atlantean, Kiddy pool).

4. Gelanggang Samudra

Gelanggang Samudera adalah theme park yang ke-3 dikembangkan Ancol. Theme park dengan nuansa konservasi alam ini mengajak pengunjung untuk mengenal lebih dekat aneka satwa dan menyayangi satwa, khususnya satwa air seperti lumba-lumba, anjing laut, paus putih.

Di Gelanggang Samudra pun terdapat fasilitas cinema 4D. Untuk menonton sinema ini kita akan dibagikan kacamata. Dengan kacamata tersebut, semua yang ada di dalam film yang diputar seolah nyata. Kursi dapat bergoyang dan ada efek angin serta semburan air di beberapa bagian film.

5. Sea World

Berdiri di lahan seluas 2 hektar, ini merupakan underwater aquarium satu-satunya yang ada di Indonesia dan yang pertama dibuat.

6. Pasar Seni

Merupakan pusat kerajinan dan kegiatan kesenian. Ini sangat bermanfaat bagi kolektor serta penyuka seni.

7. Putri Duyung Cottages

Penginapan ini terletak di pinggir pantai dengan gaya ala cottages. Mempunyai 133 kamar dengan beragam fasilitas, seperti, kolam renang, tenis meja, lapangan voli pantai, lapangan tenis, dan sebagainya. Arsitektur perpaduan gaya posmo dan Indonesia Timur yang romantis. Dengan penataan sedemikian rupa sesuai lingkungan pantai demi terciptanya suasana eksotis.

8. Pulau Bidadari

Pulau yang diperuntukkan bagi kalangan menengah yang memiliki banyak cottages, sarana olahraga, bar, restoran, dan toko cindera mata.

9. Marina

Adalah sebuah dermaga untuk kapal pesiar yang bergaya kosmopolitan. Merupakan dermaga kapal pesiar terlengkap dan pertama yang ada di Indonesia. Selain itu Marina pun mempunyai fungsi sebagai pusatnya olahraga laut seperti, diving, wind surfing, dan ski air.  Fasilitas yang tersedia adalah pompa bensin, dermaga, dermaga bongkar muat, olahraga laut, agen perjalanan, dan lain-lain.

10. Kereta Gantung

Kereta ini lebih populer dengan sebutan gondola. Kereta ini menghubungkan satu wahana dengan wahana lain yang ada di Ancol. Membentang sejauh 2,4 km dari Pantai Festival sampai dengan area parkir Atlantis Water Adventure. Memiliki 37 unit gondola, 3 stasiun pemberhentian, dengan kapasitas masing-masing gondola sebanyak 6 orang. Perjalanan naik gondola butuh waktu sekitar 20 menit. Tinggi gondola 21 meter di atas permukaan air laut. Adanya gondola adalah hasil kerjasama dari PT Karsa Surya Indonesia dengan Ancol.

Menjelajah Gelanggang Samudra Ancol

Mencari lokasi wisata anak yang menyenangkan dan mendidik? Datanglah ke Gelanggang Samudra Ancol. Di sini anda dan buah hati dapat melihat kelucuan perilaku hewan darat seperti beruang madu, kuda nil, atau berang-berang. Sementara untuk hewan lautnya ada lumba-lumba, singa laut, serta paus putih. Ditambah tontonan cinema 4D, akan melengkapi keseruan dan kegembiraan liburan anda bersama anak tercinta.

Gelanggang Samudra adalah oceanarium atau taman hewan laut. Selain piknik, kita pun  bisa memperoleh pengetahuan tentang hewan atau binatang laut. Gelanggang Samudra memiliki 4 wahana utama yaitu, pertunjukan aneka satwa, pertunjukan singa laut, pertunjukan lumba-lumba dan paus putih, serta cinema 4D.

1. Pertunjukan Aneka Satwa

Pertunjukan aneka satwa dimulai dengan aksi 2 ekor berang-berang. Mereka mempertunjukkan kebolehannya dalam berjalan di atas roda, jualan bakso pakai gerobak mini, main basket, serta naik sepeda. Pertunjukan selanjutnya adalah beruang madu yang pandai berputar dan menangkap hula hup, naik mobil, serta olahraga. Lalu ada pula pertunjukan kuda nil yang besar dengan iringan musik jawa.

Bobot tubuh kuda nil tersebut lebih dari 1 ton. Mereka diberi makan banyak buah dan sayuran oleh pelatih. Mulutnya yang menganga besar seraya mengunyah jadi penutup pertunjukan. Kita pasti akan terhibur dengan atraksi itu.

2. Pertunjukan Singa Laut

Pentas singa laut akan menghadirkan tiga ekor hewan berkumis itu. Mereka berjalan masuk arena, selanjutnya mengibarkan bendera tanda pertunjukan akan segera dimulai. Singa laut pun melakukan atraksi sikap hormat dan berguling. Mereka sangat pandai menjawab soal matematika yang dilontarkan pelatih. Mereka dapat berjalan di atas drum, bermain bola, membawa boneka ke kolam tanpa jatuh. Setelah pertunjukan selesai kita dapat minta foto dan mencium singa laut.

3. Pertunjukan Lumba-lumba dan Paus Putih

Ini merupakan atraksi favorit pengunjung Gelanggang Samudra. Lumba-lumba sangat pandai melompat, terbukti hewan itu dapat menyentuh bola yang digantung tinggi di atas kolam. Seorang pelatih berdiri di punggung 2 ekor lumba-lumba, dan akan dibawa keliling kolam, seru, kan! Selain itu dapat berenang bersama lumba-lumba sambil berkeliling menyapa penonton. Lumba-lumba pun pintar berhitung dan menjawab soal dari para penonton. Akhir pertunjukan, lumba-lumba akan mengepakkan ekornya ke air sehingga membuat pengunjung di bagian depan terkena percikan airnya.

Pertunjukan selanjutnya adalah paus putih. Hewan ini habitat asalnya adalah daerah dingin, jadi suhu kolam harus disesuaikan. Mereka beratraksi dengan mengajak pelatih dansa, dan mengeluarkan suara yang tinggi melengking yang merupakan cara mereka untuk berkomunikasi. Paus putih tersebut juga akan mencium dua orang penonton secara bergantian dan bertukar.

Siapa yang ingin melihat paus putih dipersilakan untuk mendekat ke kolam, akan tetapi apa yang terjadi? Sebuah kejutan! Semburan air dari mulut paus putih akan membasahi para pengunjung. Kocak, bukan? Terkadang paus putih akan naik ke tepi kolam dan mendekat pada pelatih. Paus akan memperlihatkan seluruh tubuhnya. Paus putih yang termasuk mamalia laut besar tentu menarik perhatian pengunjung. Ya, warna tubuhnya memang putih, dengan kulit licin, dan wajah mirip lumba-lumba.

4. Cinema 4D

Untuk masuk ke gedung teater dan melihat pertunjukan 4 dimensi, kita harus antre. Petugas akan membagi kacamata untuk nonton. Durasi film kurang dari 15 menit. Menggunakan kacamata 3D saat menonton membuat semua yang ada di hadapan seolah nyata, dapat disentuh, dapat dipegang, ditambah adanya kursi yang dapat bergoyang-goyang, saat tertentu mengeluarkan semburan air dan tiupan angin, sensasinya sungguh nyata. Di hari Senin sampai dengan Sabtu ada 5 pilihan jadwal, sedangkan untuk hari libur dan akhir pekan ada 2 kali ekstra pertunjukan. Tetapi sayangnya hanya dapat menonton sekali saja karena tiketnya jadi satu dengan tiket masuk.

Gelanggang Samudra adalah tempat wisata yang mendidik. Cocok untuk mengajak buah hati ke sini. Anak dapat mengenal bermacam satwa. Memiliki aquarium air tawar yang berisi air tawar dari dalam dan luar negeri. Anda dan buah hati pun bisa mengunjungi aquarium air laut dan melihat aneka biota laut yang indah dan ikan-ikan lucu. Tersedia area wisata belajar sebagai sarana pembelajaran yang baik untuk anak. Permainannya antara lain, kiddy bumper car yang bernama laga logon, boto-boto adalah miniatur pesawat yang bisa berputar dan pas untuk anak, serta balloon ride.

Berwisata di Ancol memang mengasyikkan selain Gelanggang Samudra, kunjungi juga Sea World, dan Atlantis, ya.

Daftar Wahana Seru Dufan Ancol

Banyak sekali daftar wahana seru yang ada di dufan ancol yang banyak sekali diminati oleh para pengunjung yang datang ke tempat ini, karena wahana yang berada di dufan ancol ini merupakan wahana yang tidak semuanya bisa ditemukan di tempat wahana lainnya .

Berikut adalah daftar wahana seru dufan ancol :

1. Bianglala

Bianglala adalah sejenis kincir yang besar dengan ketinggian puluhan kaki dari tanah. Naik ini serasa melayang di udara. Kalau mau membayangkan, bentuknya seperti kincir yang biasa kita naiki kalau ada pasar malam, akan tetapi diameternya lebih panjang.

2. Turangga-rangga

Wahana turangga-rangga lebih populer dengan nama komidi putar. Wahana ini memang disediakan untuk santai. Ada kuda-kudaan dan bangku-bangku di dalamnya. Kuda naik turun perlahan berhiaskan sinar lampu yang berwarna-warni. Permainan ini hanya berputar saja. Sangat cocok bagi anda yang berlibur bersama buah hati.

3. Kora-kora

Perahu kora-kora atau perahu ayun merupakan salah satu wahana favorit yang ada di Ancol. Kita dapat mendengar teriakan pengunjung yang naik kora-kora ketika perahu raksasa tersebut berayun ke depan dan belakang.

4. Gajah Bledug

Anak-anak pasti suka wahana permainan yang satu ini. Namanya gajah bledug. Cara kerja permainan sama saja dengan komidi putar atau turangga-rangga. Permainan hanya bergerak memutar. Yang membedakan dengan komidi putar hanyalah bentuk wahana berupa hewan gajah.

5. Hysteria Dufan

Histeria Ini adalah salah satu wahana permainan yang memacu adrenalin kita. Naik hysteria, kita akan merasakan sensasi dilempar atau dihempaskan ke atas dan bawah dengan kecepatan tinggi. Ini bukan hanya sekali lempar saja, melainkan berkali-kali. Dijamin jantung hampir copot, keringat mengucur deras, dan teriakan tak pernah lepas saat naik wahana Ancol yang satu ini.

6. Tornado

Menikmati wahana ekstrim yang satu ini di Ancol, pasti membuat kita tak henti berteriak, keringat dingin, jantung dag dig dug, serta sedikit pusing. Ya, saat mencoba tornado kita akan duduk sejajar dan saling membelakangi satu sama lain. Pengunjung dijungkir balikkan di udara. Sampai kadang mendapati posisi duduk terbalik. Saat turun pun masih dijungkir balikkan. Salah satu wahana yang paling memacu adrenalin.

7. Kicir-kicir

Wahana ini disebut juga dengan power surge. Permainannya tak seekstrim tornado. Pengunjung yang mencoba wahana ini akan diajak berputar 360 derajat sambil meluncur ke arah bawah.

8. Istana Boneka

Dari namanya saja kita sudah bisa membayangkan apa yang ada di Istana Boneka. Beragam jenis boneka yang lucu dan cantik dipamerkan. Boneka-boneka tersebut berasal dari seluruh dunia. Untuk menjelajah istana, kita dapat naik perahu air dan segera berkeliling menikmati keindahannya.

9. Pontang-pontang

Wahana pontang-pontang pun tak kalah menariknya. Meski tidak ekstrim seperti hysteria, wahana ini cukup dapat membuat deg-degan. Jangan lupa untuk berpegangan yang erat karena permainan ini akan menghempaskan tubuh kita ke kiri dan kanan, secara berulang dengan sangat cepat.

10. Ontang-anting

Wahana ontang-anting menawarkan sensasi layaknya terbang di udara. Ini adalah kursi terbang yang dapat membawa kita sampai tinggi lalu akan berputar di udara. Wahana ini belum tergolong ekstrim dan sering terdengar bunyi ‘ting … ting ….’ Ketika wahana mulai berputar.

11. Halilintar

Halilintar termasuk wahana yang ekstrim. Ini adalah jenis kereta biasa yang memiliki lintasan luar biasa. Jalur rel yang bentuknya bulat, tanjakan dan turunan tinggi, jalur menukik. Semuanya akan membuat jantung berdetak kencang. Terlebih ketika melewati jalur bulat yang seolah membuat kita merasa terbalik.

Bagaimana seru bukan? yuk segera beli tiket Ancol sekarang dan nikmati wahana seru di Ancol!

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA