by

Tips Mudah Mengganti Oli Motor Matic Sendiri dengan Tepat

KOPI, Nganjuk – Halo masyarakat Indonesia! Bagaimana kabarnya? Tetap patuhi protokol kesehatan ya, dan selalu jaga kesehatan. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips kepada Anda semua tentang cara mengganti oli motor matic dengan benar dan mudah.

Perlu Anda ketahui, bahwa oli adalah suatu pelumas yang berfungsi untuk melumasi komponen pada mesin motor supaya dapat bekerja dengan maksimal. Oleh karena itulah fungsi oli sangat penting untuk motor, apabila telat mengganti oli maka akan mengakibatkan komponen tersebut rusak.

Pada dasarnya untuk mengganti oli motor matic sendiri sulit, tetapi demikian untuk mengganti oli pada motor tidak boleh asal-asalan. Selain itu Anda juga perlu memilih oli yang bagus untuk motor Anda. Jika Anda bingung memilih oli motor matic yang berkualitas, berikut Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia.

Cara Mudah Mengganti Oli Motor Matic di Rumah

Dengan mengunjungi artikel ini adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang bingung bagaimana cara untuk mengganti motor matic sendiri di rumah. Karena kami akan memberikan cara yang benar untuk mengganti oli pada motor matic, simak caranya sebagai berikut:

  1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu menempatkan motor pada permukaan yang datar dan keras, lalu standar tengah motor tersebut.
  2. Selanjutnya siapkan wadah berupa baskom atau sejenisnya untuk menampung oli bekas di bawah aut pembuangan oli dan tutup oli.
  3. Sebelum mengganti oli, Anda perlu memastikan mesin motor dalam keadaan dingin terlebih dahulu supaya aman.
  4. Setelah itu buka katup atau baut pembuangan oli dengan menggunakan kunci ukuran 12, posisi katup atau baut biasanya ada bagian bawah dan sebelah kiri motor.
  5. Jika sudah ketemu, Anda bisa meletakkan wadah tersebut tepat dibawahnya. Lalu Anda bisa melepas baut tersebut dengan cara memutarnya melawan arah jarum jam.
  6. Anda bisa menunggu hingga oli bekas tersebut benar-benar terkuras habis.
  7. Setelah oli bekas tersebut terkuras habis, Anda bisa menutup kembali baut pembuangan oli tersebut dengan menggunakan kunci ukuran 12 dan diputar searah jarum jam.
  8. Jika baut tersebut sudah terkunci rapat, Anda bisa membuka tempat pengisian oli motor matic dengan menggunakan tang. Tempat pengisian oli pada motor matic ada di dekat kipas mesin atau dibagian bawah sebelah kanan.
  9. Selanjutnya siapkan corong untuk untuk mengisi oli yang baru agar saat dituang oli tersebut tidak tumpah.
  10. Anda bisa menuang langsung oli tersebut secara perlahan, pastikan juga untuk pengisian oli baru tersebut tidak lebih dan tidak kurang.
  11. Jika dirasa sudah pas, Anda bisa menutup rapat kembali tempat pengisian oli tersebut dengan menggunakan tang.

Seperti itulah langkah-langkah untuk mengganti oli motor matic sendiri. Cukup mudah bukan? Anda bisa mempraktikkan langkah-langkah tersebut secara mudah di rumah dengan menyiapkan peralatan untuk mengganti oli motor.

Penutup

Demikian tips yang bisa kami bagikan kepada Anda semua, mengenai cara mengganti oli motor matic sendiri. Terima kasih sudah berkunjung, semoga dengan adanya cara tersebut bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda semua.

Source : https://www.ruqyahcirebon.com

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA