by

Memiliki Fasilitas Lengkap, RS JIH Solo Ternyata Sudah Dilengkapi Trauma Center

KOPI, RS JIH Solo – Semakin berkembangnya zaman, populasi manusia dan perkembangan teknologi pun semakin meningkat. Tak hanya mempermudah hidup, risiko-risiko yang dapat mengancam keselamatan diri Anda juga bermunculan dan menjadi semakin banyak.

Kemalangan-kemalangan tersebut bisa terjadi karena kecelakaan di rumah, tempat kerja, hingga kecelakaan di jalan raya ketika seseorang sedang berkendara.

Untuk menanggulangi hal ini, setiap wilayah seyogyanya turut dilengkapi dengan rumah sakit (RS) berfasilitas lengkap berupa trauma center. Walaupun istilah trauma center masih terasa asing, namun fasilitas ini ditengarai mampu membantu para korban kecelakaan yang mengalami trauma atau cedera dengan optimal dan cepat.

Untungnya, sejumlah rumah sakit di wilayah Kota Solo sudah dilengkapi dengan fasilitas ini. Salah satu RS tersebut adalah Rumah Sakit JIH Solo.

Kami yakin bahwa masih ada sejumlah masyarakat yang masih belum memahami fungsi dari trauma center. Karenanya, kami sengaja melakukan wawancara dengan Dr. Sri Mulyaningsih selaku Manager Pelayanan Medis di RS JIH Solo.

Sebenarnya, apa itu trauma center, dan layanan apa saja yang tersedia di sana?

RS JIH Solo
RS JIH Solo

Secara garis besar, trauma center adalah unit yang disediakan oleh pusat layanan kesehatan guna menangani pasien yang mengalami trauma atau kecelakaan.

Layanan ini melibatkan banyak dokter ahli dalam penanganannya, dan secara umum siap melayani pasien selama 24 jam, dengan fasilitas lengkap seperti Unit Gawat darurat, ambulance, laboratorium, radiologi, kamar operasi, Intensive Care Unit (ICU), rehabilitasi medik hingga apotek.

“Salah satu  layanan Unggulan RS JIH Solo adalah layanan Trauma Center. Rumah sakit kami telah dilengkapi berbagai sarana dan prasarana dalam melayani pasien dengan kondisi akibat trauma atau kecelakaan, terutama pada kasus kecelakaan lalu lintas, sehingga memungkinkan para pasien mendapatkan pelayanan secara Komprehensif,” imbuhnya.

Apa yang sebaiknya dipertimbangkan untuk memilih trauma center terbaik?

Dr. Sri Mulyaningsih menjelaskan bahwa Trauma Center yang baik adalah yang mampu memberikan layanan terpadu dan komprehensif dengan respon time yang optimal..

“Contohnya saja RS JIH Solo, layanan Trauma Center kami didukung oleh Sarana dan prasarana lengkap plus Tenaga Medis professional dengan berbagai jenis spesialisasi  terkait penanganan Trauma” ungkapnya lugas.

Sebagai penjelasan yang lebih terperinci, berikut adalah fasilitas dan ketersediaan dokter yang ada di RS JIH Solo:

  • Dokter Spesialis Bedah Ortopedi  dengan berbagai sub  spesialis seperti:
    • (K) Spine (konsultan bedah tulang belakang)
    • (K) Hip and Knee (KonsultanBedah  Tulang Pinggul dan Lutut)
    • (K) Pediatric (Konsultan bedah tulang Anak
  • Dokter Spesialis Bedah Thorax kardiovaskuler
  • Dokter Spesialis Bedah Saraf
  • Spesialis Bedah Umum
  • Spesialis Emergency medik
  • Perawat Ahli dan berpengalaman
  • Emergency Call dengan Ambulance 24 jam
  • Unit Gawat darurat 24 jam
  • Ruang Operasi yang dilengkapi pula dengan layanan Minimal Invasive Surgery
  • Intensive Care Unit (ICU)
  • Alat Penunjang Medis 24 jam seperti Radiologi (termasuk MRI 1,5 Tesla dan CT Scan 128 Slices),Laboratorium, Farmasi, dan lain-lain.)
  • Ruang rawat Inap kelas 3 hingga President Suite

Setiap rumah sakit pasti memiliki kelebihan, apa kelebihan trauma center di RS JIH Solo?

“Kelebihan Trauma Center RS JIH Solo adalah adanya layanan terpadu dengan layanan lainnya sehingga perawatan yang diberikan bersifat menyeluruh dan berkelanjutan  ,” ujar perwakilan dari rumah sakit Kota Bengawan tersebut.  

Berikut adalah rincian dari pelayanan terpadu tersebut:

  • Pain Management Clinic. Didukung dokter spesialis anestesi, neurologi, akupuntur, dan orthopedi
  • Rehabilitasi Medik /Fisioterapi. Didukung dokter spesialis rehabilitasi medik dan berbagai jenis terapis.
  • Penanganan Trauma Psikis. Didukung oleh Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa (Psikiatri) dan Psikolog.
  • Home Visit,

Pertanyaan terakhir, apakah layanan trauma center di RS JIH Solo menerima BPJS?

Hingga artikel ini dibuat, untungnya rumah sakit yang aktif di akun Instagram @rs.jihsolo tersebut siap  menerima pasien dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk kasus yang terkait dengan kecelakaan kerja.

Tak hanya BPJS Ketenagakerjaan, RS JIH Solo juga bekerjasama dengan Jasa Raharja serta Jasa Marga dalam penanganan kasus kecelakaan lalu lintas.

Jika Anda ingin mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik dari rumah sakit milik PT Yabinstra Medika Farma ini, Anda bisa mengunjungi alamat Jl. Adi Sucipto No. 118 Jajar Laweyan, Solo.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA