by

Pemkab Jembrana bersama Bank Mandiri Bangun RMU Modern untuk Tingkatkan Kesejahteraan Petani

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Goverment Project PT. Bank Mandiri, Hendrianto Setiawan melakukan peninjauan lapangan ke Balai Subak Tibu Beleng, di Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali, Kamis (20/1/2022). Dalam peninjauan tersebut, untuk merealisasikan corporate farming (korporasi petani).

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Bank Mandiri mendukung langkah Pemkab Jembrana, untuk meningkatan kemandirian serta kesejahteraan petani. Adapun lokasi yang dipilih untuk corporate farming adalah subak Tibu Beleng yang berada di Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo.

Konsep ini, selain dibantu Kementerian BUMN melalui Bank Mandiri juga melibatkan subak dan perumda. Dengan demikian, sehingga Pemkab Jembrana tidak mengeluarkan biaya yang bersumber dari APBD, melainkan dana dari Corporate Sosial Responsibility (CSR) Bank Mandiri.

Untuk tahap awal CSR dari Bank plat merah tersebut akan merealisasikan berupa pembangunan Rice Milling Unit (RMU) berskala modern. Bantuan RMU CSR dari Bank Mandiri pusat ini, merupakan satu-satunya di Bali yang diturunkan di Kabupaten Jembrana.

Dalam hal ini, Hendrianto Setiawan mengatakan bahwa, untuk estimasi nilai CSR yang diberikan sebesar Rp15 milyar. ”Memang ini merupakan proyek satu-satunya yang akan kita kerjakan di Bali. Proyek seperti ini, dari PT. Bank Mandiri baru ada dua yang kita bangun dan itu ada di daerah Jawa, bahkan secara managemen pengelolaan dengan pola teknologi telah berjalan dengan baik,” ucap Hendrianto Setiawan, Goverment Project Bank Mandiri.

Hendrianto juga mengaku, bahwa dengan dipilihnya Kabupaten Jembrana untuk dibangun CSR dari bank Mandiri pusat yaitu, Rice Milling Unit (RMU) modern, karena komoditas padi di Kabupaten Jembrana sangat potensial. ”Selain komoditas padinya sangat potensial, pak bupati beserta jajaran Pemkab sangat komitmen, termasuk krama subak Jembrana,” tegasnya.

Terkait dengan rencana pembangunan Rice Milling Unit (RMU), Hendrianto mengatakan bahwa, dipastikan dalam waktu cepat segera direalisasikan. “Harapan kita semua semoga bisa berjalan lancar, sehingga dalam waktu singkat dapat terwujud. Dengan dibangunnya RMU skala modern ini, kita harapkan mampu mendorong petani agar menjadi petani yang modern, produktif dan bisa mensejahterahkan para petani itu sendiri,” terangnya.

Sementara Bupati I Nengah Tamba mengatakan bahwa, bantuan CSR dari Kementerian BUMN melalui PT. Bank Mandiri pusat tersebut, berawal dari hasil diskusi dengan Menteri BUMN Eric Tohir. ”Beberapa bulan yang lalu kami melakukan diskusi dengan pak Menteri Eric Tohir, dan saat ini Bank Mandiri dalam bentuk CSR akan membantu para petani kita yang ada di Kabupaten Jembrana, untuk percontohan awal adalah subak Tibu Beleng desa,” ujar Bupati Tamba.

Bupati  yang berasal dari Desa Kaliakah ini, mengapresiasi pihak PT. Bank Madiri, secara prinsip telah menyetujui rencana pembangunan RMU di Jembrana. “Tadi dari pihak PT. Bank Mandiri pusat baik Provinsi maupun cabang Jembrana sudah melakukan survey ke lokasi, dan disetujui. Tetapi secara detail dan teknis, terkait kapasitas dan kebutuhan lokasi serta perencanaan gedung, masih kita sesuaikan. Sehingga nantinya CSR yang akan dibangun di Jembrana sudah tepat,” tegasnya.

Terkait dengan teknis fisik bangunan Bupati Tamba mengatakan bahwa, tidak hanya dibangun RMU, tetapi juga mengambil konsep tematik tourism. ”Seluruh bangunan yang kita bangun, sama sekali tidak menggunakan dana yang bersumber dari APBD. Di samping ada Rice Milling Unit (RMU), juga kita jadikan ekowisata,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA