by

Mengenal Perbedaan Antara Animasi 2D Dan Animasi 3D

KOPI Kediri, – Dalam animasi 2D, semua yang Anda lihat digambar dengan tangan, bingkai demi bingkai. Dalam animasi 3D, Anda menganimasikan karakter dan objek dalam lingkungan 3D menggunakan perangkat lunak animasi 3D, tempat Anda dapat memanipulasi karakter dan objek ini. Sementara menggambar adalah keuntungan tambahan, itu bukan keharusan dalam animasi 3D.

Pada animasi 2D, animator menggunakan karakter, VFX , dan latar belakang untuk menciptakan ilusi gerakan dalam ruang dua dimensi dengan mengurutkan gambar individu bersama-sama, selama periode waktu tertentu.

Dalam animasi 2D, karakter dan objek yang digunakan untuk manipulasi hanya terdiri dari tinggi dan lebar, sedangkan animasi 3D terdiri dari manipulasi karakter dan objek dengan 3 dimensi, tinggi, lebar, dan kedalaman, dan lebih realistis dibandingkan dengan karakter 2D.

Objek 2D, dua dimensi, adalah bentuk bidang yang 2 dimensi, tinggi dan panjangnya, dapat diplot pada sumbu x dan sumbu y. Sedangkan, bentuk 3D atau bentuk tiga dimensi juga memerlukan sumbu z, untuk memplot dimensi, lebar, atau kedalaman tambahan di samping panjang dan tinggi.

Dalam beberapa tahun terakhir, layanan animasi 2D dan animasi 3D semakin banyak digunakan oleh merek sebagai gaya animasi video utama mereka. Salah satu faktor terbesar untuk kenaikan ini adalah popularitas media sosial dan tren bisnis yang menggunakan pemasaran media sosial untuk menghasilkan prospek, membangun kehadiran merek, dan melibatkan audiens target mereka dengan cara yang menarik secara visual.

Jadi, apa Perbedaan Antara animasi 2D dan animasi 3D, prosesnya, dan kasus penggunaannya? Mari kita cari tahu.

Definisi Dasar Animasi 2D Dan 3D

Dalam animasi, karakter digambar menjadi gambar yang diambil secara berpasangan. Setiap gambar atau gambar ditampilkan untuk dua bingkai yang diterjemahkan menjadi 12 bingkai dalam satu detik. Ini disebut pengurutan gambar. Meskipun, untuk animasi yang halus dan kualitas tinggi, idealnya Anda memiliki 24 frame per detik, untuk membuat gerakan karakter yang halus dalam video animasi Anda.

Animasi 2D adalah gaya seni yang didasarkan pada penciptaan gerakan objek dan karakter dalam ruang dua dimensi, yang hanya melayani panjang dan lebar.

Gerakan ini digambarkan menggunakan gambar, kebanyakan sketsa pensil yang menampilkan gerakan. Mereka ditempatkan dalam urutan untuk menciptakan ilusi gerakan yang lengkap.

Animasi 2D adalah seni menciptakan gerakan dalam ruang dua dimensi. Ini termasuk karakter, makhluk, FX, dan latar belakang. Gaya animasi 2D digunakan dalam kartun, iklan, demo produk, dan video merek – seperti video pendidikan atau video infotainment.

Di sisi lain, animasi 3D dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak komputer dan berkaitan dengan pembuatan model 3D dan pergerakannya dalam lingkungan digital. Animasi 3D jauh lebih kompleks sifatnya jika dibandingkan dengan animasi 2D, yang melibatkan pemodelan, animasi, dan rendering.

Animasi 3D banyak digunakan dalam industri video game, film, dan kartun dan umumnya digunakan untuk produksi kelas atas.

Perbedaan Proses Animasi 2D Dan 3D
Proses Animasi

Dalam animasi tradisional, animasi 2D dianggap lebih rumit daripada animasi 3D karena membutuhkan animator untuk menggambar 24 frame per detik dan memiliki pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip animasi, anatomi, gerakan, dan fisika di balik gerakan tersebut. Animator harus memanipulasi setiap frame dalam animasi 2D, yang membuatnya lebih memakan waktu di sebagian besar pembuatan dan sedikit lebih kompleks daripada animasi 3D, meskipun keduanya memerlukan keterampilan terpisah.

Perbedaan terbesar antara animasi 2D dan 3D adalah dalam proses animasi video mereka . Jika kita membagi proses menjadi 3 tahap – pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi, Anda dapat melihat bagaimana animasi 3D jauh lebih kompleks dan memakan waktu.

Proses Animasi 2D
Pra-Produksi
Membuat Skrip

Berdasarkan creative brief tersebut, penulis dan sutradara bekerja sama untuk merumuskan naskah untuk video animasi 2D, dengan mengingat pesan yang ingin disampaikan oleh video tersebut kepada khalayak sasaran.

Papan Cerita ANIMASI 2D

Pada langkah ini, dengan menggunakan skrip, animator dan seniman 2D membuat bidikan demi bidikan, representasi kasar dari tampilan video Anda nantinya. Ilustrasi sketsa artis dari setiap bidikan dengan pensil untuk menentukan cerita dan aliran visualnya. Ini disebut storyboard.

Storyboard Animasi 2d
Elemen Dan Pengembangan VISUAL

Pengembangan visual melibatkan pembuatan karakter dan elemen visual lainnya yang akan digunakan dalam video. Proses ini melibatkan penggunaan storyboard dan menyempurnakannya dengan tinta, menyiapkan semua fitur dan karakter untuk animasi.

Saat ini, setiap seniman yang bekerja di perusahaan animasi 2D terkemuka akan menggunakan perangkat lunak digital untuk menyempurnakan karakter dan adegan, menghemat jam kerja dalam pra-produksi.

Setelah ini selesai, video animasi 2D Anda siap untuk diproduksi.

Produksi
Animasi

Saat ini, software animasi 2D digunakan untuk menggambar key-frame animasi 2D secara digital. Karakter dan latar belakang digambar secara terpisah dan kemudian digabungkan sebagai file video. Salah satu software animasi 2D yang paling populer digunakan di industri adalah Adobe After Effects atau Adobe Animate.

Animasi adalah bingkai demi bingkai yang ditambahkan, mengubah gambar digital menjadi karakter dan objek bergerak yang Anda lihat di kartun televisi harian dan video media sosial. Mereka dengan hati-hati dikompilasi untuk membuat video animasi 2D.

Pasca Produksi
Integrasi Audio
Integrasi Audio

Meskipun proses ini tidak selalu terikat pada fase animasi, perusahaan animasi 2d terbaik di dunia memperlakukannya sebagai tugas pascaproduksi. Proses ini melibatkan perekaman semua jenis kebutuhan audio.

Seniman vokal merekam dialog dan tim sound engineer merekam kebisingan latar belakang seperti kebisingan pasar, membuat mereka siap untuk diintegrasikan dalam film pada fase pasca produksi.

Mengedit dan Meninjau

Ini adalah langkah terakhir yang dimulai hanya setelah semua pewarnaan dan animasi selesai. Produk akhir kemudian ditinjau dan diedit untuk integrasi efek suara, audio, dan efek visual khusus untuk meningkatkan visi artistik video. Setelah peninjauan selesai, video Anda siap untuk dihebohkan.

Proses Animasi 3D
Pra-Produksi
Scripting dan Storyboard

Mirip dengan animasi 2D, scripting dan storyboard dilakukan selama fase pra-produksi untuk membuat aliran visual dari video animasi 3D. Meskipun dalam animasi 3D, menggambar sketsa pensil saja tidak cukup karena storyboard Anda harus mencerminkan karakter 3D, yang dibuat melalui perangkat lunak animasi 3D sepertiMaya,Cinema4D, dan3D maks.

Model 3D

Dalam fase pemodelan 3D, karakter film atau game dirancang bersama objek atau properti apa pun yang diperlukan.

Seringkali, pemodel 3D menggunakan objek sederhana yang kemudian dikembangkan dan diperluas menjadi bentuk 3D, untuk menambahkan lebih banyak detail dan penyempurnaan untuk fase produksi.

 Tekstur

Setelah karakter atau objek siap, pemodel menambahkan tekstur dengan melapisi gambar 2D pada model 3D. Ini membantu menciptakan rasa realisme dengan warna, tekstur, dan desain. Proses ini disebut pemetaan dan melibatkan pembuatan objek dan desain karakter.

Rigging dan Skinning

Rigging dan Skinning melibatkan pembuatan kerangka untuk karakter atau elemen visual lainnya. Animator menggunakan ini untuk membuat sistem yang menentukan mobilitas dan pergerakan karakter dalam proses animasi.

Kerangka ini memungkinkan mereka untuk menggerakkan karakter mereka berdasarkan kebutuhan mereka, memberi mereka kontrol yang lebih besar atas animasi dan gerakan sebenarnya dari karakter dan objek 3D.

Produksi
Animasi Produksi
 Animasi

Tahap produksi meliputi pembuatan animasi, di mana model 3D dari elemen dan karakter diprogram untuk bergerak. Dalam animasi 3D, animator menggunakan metode keyframe untuk menganimasikan objek frame demi frame.

Pada tahap inilah kita mulai benar-benar melakukan proses animasi, yaitu proses dimana model 3D dibuat untuk bergerak. Anda juga dapat mengimpor animasi dan data gerakan dari sumber eksternal dengan memanfaatkan metode spline atau penangkapan gerak untuk menganimasikan model Anda. Di sini, segala sesuatu yang berhubungan dengan gerakan diurus.

Pencahayaan untuk Visual Realistis

Animasi 3D seharusnya terasa nyata atau sedekat mungkin dengan kenyataan, dan untuk itu, cara Anda memanipulasi cahaya dalam gambar memainkan peran penting. Untuk mendapatkan tampilan dan nuansa terbaik dari video animasi 3D, animator dan desainer harus hati-hati memutuskan pengaturan pencahayaan terbaik untuk setiap frame, satu per satu. Ini membutuhkan keterampilan dan visi kreatif untuk menciptakan pengalaman visual yang menakjubkan bagi pemirsa.

Pengomposisian dan FX Khusus

Penggabungan elemen visual yang berbeda dari berbagai sumber ke dalam satu tempat untuk menciptakan ilusi bahwa mereka adalah bagian dari adegan yang sama disebut compositing. Jika animasi 3D Anda memerlukan efek semacam itu atau efek visual khusus lainnya yang menggabungkan berbagai file sumber menjadi satu gambar, maka itu adalah bagian dari proses produksi.

Ini termasuk efek seperti ledakan dan ilusi morphing dan sebagian besar dilakukan saat menggabungkan adegan aksi langsung dengan lingkungan digital.

Pasca Produksi
Menambahkan Efek Suara Khusus

Fase pasca produksi dalam animasi 3D mirip dengan video animasi 2D, di mana suara khusus dihamparkan pada video untuk penyelesaian. Ini termasuk dialog, suara latar, dan isyarat audio lainnya yang diperlukan untuk video.

Mengedit dan Meninjau

Dalam fase pengeditan, seluruh tim biasanya duduk bersama untuk meninjau dan mengkritik video, atau game, atau film dan menunjukkan perubahan apa pun yang diperlukan. Setelah ini selesai, dan semua pengeditan yang diperlukan telah dilakukan, video siap untuk render akhir.

Rendering

Rendering adalah langkah terakhir dalam proses dan merupakan bentuk sintesis gambar. Rendering digunakan untuk secara otomatis menghasilkan gambar fotorealistik atau non-realistis dari model 3D melalui program komputer.

Ini mengekspor file ke dalam format video, siap untuk ditonton dan dirilis untuk konsumsi pemirsa.

Perbedaan Antara Animasi 2D dan 3D
Pengalaman Visual
2d Vs 3d Visual

Dalam hal pengalaman visual, animasi 2D relatif tidak realistis dan berhubungan dengan ruang 2 dimensi, hanya melayani panjang dan lebar.

Dalam 3D, visual yang dibuat didefinisikan dalam 3 dimensi- Panjang, Lebar, dan Tinggi. Ini memberi mereka nuansa realistis dan membantu menciptakan persepsi kedalaman dalam animasi 3D.

Platform

Animasi 2D dilakukan dengan menggunakan metode menggambar tradisional. Seniman membuat sketsa menggunakan pensil atau menggambar karakter dan gerakan mereka secara digital bingkai demi bingkai. Software animasi 2D yang membantu menambahkan gerakan secara digital adalah Adobe After Effects dan Adobe Animate.

Di sisi lain, animasi 3D sepenuhnya dilakukan menggunakan perangkat lunak komputer. Ini melibatkan beberapa langkah yang telah kita bahas di atas, seperti modeling, rigging, dan texturing.

Gunakan Kasus

Salah satu kategori animasi 2D yang kompleks adalah animasi game 2D. Tidak seperti animasi video 2D di mana karakter berinteraksi satu sama lain, dalam game 2D karakter animasi harus merespon masukan pengguna dan melakukan tindakan yang sesuai, yang berarti bahwa karakter harus terlihat sempurna dari berbagai sudut. Animasi 2D juga membutuhkan animator untuk mengintegrasikan beberapa jenis animasi yang berbeda untuk menciptakan pengalaman animasi yang halus.

Ada beberapa gaya animasi tradisional berbeda yang memerlukan penciptaan gerakan objek dan karakter yang digambar tangan, bingkai demi bingkai.
Salah satu contohnya adalah video demo aplikasi di mana video demo produk menunjukkan cara kerja aplikasi, berbagai fiturnya, dan bagaimana pengguna dapat menggunakan antarmuka aplikasi tergantung pada kebutuhan pengguna tertentu yang berbeda, tanpa membebani dan membebani pemirsa.

Animasi 2D digunakan dalam kartun, tetapi dalam beberapa waktu membuat sebagian besar konten video media sosial seperti video infotainment, video perusahaan , video demo produk , video penjelasan , dan video papan tulis animasi .

Animasi 3D adalah seni kelas atas dan digunakan untuk film, kartun, dan lebih menonjol lagi dalam video game yang mengandalkan penciptaan pengalaman visual yang realistis.

*buzzflick

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA