by

Komunitas Siaga Bencana Purwasari Gelar Hajat Bumi

KOPI, Karawang – Komunitas Siaga Bencana Purwasari bersama masyarakat menggelar hajat bumi (babarit -red), Minggu (2/1/22). Kegiatan dilaksanakan di Kecamatan Purwasari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Kepada awak media Pewarta, Kang Ridwan selaku panitia pelaksana mengatakan kegiatan hajat bumi atau babarit bertujuan untuk melestarikan budaya leluhur. “Babarit adalah wujud rasa syukur kepada Allah dalam setiap hal,” jelas Kang Ridwan.

Dalam kegiatan ini, dihadiri Muspika Kecamatan Purwasari, yaitu Camat Purwasari, Kepala Desa se-Kecamatan Purwasari, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Komunitas Baraya KMD (Kang Dedi Mulyadi), Pangsi Hideng, serta tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, diisi dengan beberapa kegiatan yaitu bersholawat, ngaji bareng, dan makan bersama. Selain itu, juga menampilkan kesenian yang dibina Paguron Pencak Silat Panca Rasa.

“Pada hari ini, Paguron Pencak Silat Panca Rasa menampilkan seni beladiri Pencak Silat, debus ular extreme, bambu gila dan beberapa kesenian yang lainnya,” jelasnya.

Lanjutnya, ia selaku panitia mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan Muspika Purwasari dari pihak-pihak terkait yang telah bekerjasama dalam mensukseskan kegiatan babarit ini.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan stakeholder lainnya yang telah membantu mensukseskan acara ini. Kegiatan ini sangat penting untuk melestarikan budaya dan tradisi kita dan memperkenalkan kepada anak-anak muda sebagai penerus bangsa,” pungkasnya. (DJ)