by

Geliatkan Ekonomi Lokal, PKK Gelar Pasar Rakyat di Terminal Negara

KOPI, Jembrana – Tim penggerak PKK Provinsi Bali bersama tim penggerak PPK Kabupaten Jembrana menggelar pasar rakyat dengan menggandeng UKM, IKM, kelompok wanita, serta petani se-Jembrana, bertempat di Terminal Negara Kaliakah, Kabupaten Jembrana, Bali, Rabu (12/1/2022).

Kegiatan pasar rakyat tersebut dihadiri  langsung Ny Putri Suastini Koster, serta Bupati Jembrana I Nengah Tamba, Wabup IGN Patriana Krisna, beserta jajaran Forkopimda Jembrana, Ketua Tim Penggerak PKK se-Bali.

Dalam pasar rakyat tersebut, meyediakan berbagai macam kebutuhan pokok, makanan tradisional maupun jajanan tradisional. Selain itu, pengunjung juga dapat berbelanja berbagai produk kuliner olahan UKM Jembrana, juga disediakan dari hasil bumi petani Jembrana dengan harga terjangkau.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan bahwa, pasar rakyat digelar kali ini, memang berasal dari rakyat dan untuk rakyat. Sementara dalam pelaksanaannya diinisiasi oleh Tim PKK Provinsi Bali (Ibu Gubernur Bali) bekerjasama dengan Tim penggerak PKK Kabupaten Jembrana bertujuan untuk  memberikan semangat di tengah suasana pandemi Covid-19, yang berdampak terhadap perekonomian Bali.”

“Dimasa Pandemi ini, kita bersinergi dan berkolabrasi memberikan dorongan bagi sektor UMKM dan petani yang memiliki produk unggulan. Kita berikan ruang bagi mereka untuk mestabilkan kembali dampak keterpurukan akibat Pandemi Covid-19. Sehingga tantangan ini menjadikan kita tetap bersemangat, bergairah dan terus bergerak,” terang Bupati Tamba.

Secara khusus, Bupati Tamba juga mengatakan bahwa kegiatan seperti pasar rakyat ini, bagian dari ruang untuk mempersiapkan diri, bagi petani dan UMKM Jembrana. Ia ingin petani maupun UMKM Jembrana siap menyongsong tahun emas Jembrana 2026 dengan produksi maupun produk yang dihasilkan nanti mampu bersaing.”

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Ny Putri Suastini Koster mengatakan bahwa “Pasar rakyat ini dilaksanakan dengan cara bersinergi oleh tim PKK Provinsi maupun dengan seluruh kabupaten/kota se-Bali.”

Hal ini merupakan bentuk sinergitas antara seluruh ketua tim penggerak PKK kabupaten dan kota se-Bali dan jajaran, termasuk bersinergi bersama Pemkab. “Mengawali tahun 2022 ini kita mesti guyub, sinergitas, menjadi satu kekuatan yang baru, bersama tim PKK seluruhnya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Putri Koster mengatakan bahwa sasaran yang hendak dituju dari kegiatan pasar rakyat ini, tentu saja keluarga yang terdampak pandemi Covid-19, baik mereka yang berasal dari IKM, UKM  termasuk petani, pasar rakyat  juga wajib menyapa dan berbagi dengan 100 keluarga.”

“Ini wujud kekompakan seluruh tim penggerak PKK se-Bali. Tiap kita hadir di masing-masing kota, kita juga bantu 100 keluarga, walaupun tidak banyak, tapi ada ajang saling membantu dan memberi,” ujar Putri Koster.

Ia mencontohkan dengan mengajak rombongan PKK se-Bali untuk berbelanja, baik itu hasil bumi petani, kuliner, dan produk IKM  dan UKM. Selanjutnya hasil itu dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Ini sebenarnya kegiatan yang sangat sederhana, kita terima dari petani kita bagikan kepada masyarakat tidak mampu. Harapan kita, ditengah pandemi Covid-19 ini, PKK bisa hadir ke tengah-tengah masyarakat bergandengan tangan dengan seluruh anggota se-Bali maupun pemerintah daerah, menyapa masyarakat, mengetahui kondisi mereka, sehat atau tengah sakit. Melalui hal kecil ini kegiatan yang lebih besar dapat dilakukan,” ungkapnya. 

Selain berbelanja, kegiatan Pasar rakyat di Terminal Negara kali ini juga diisi dengan pemberian bantuan bagi 100 keluarga dari lima kecamatan di Jembrana. Kriterianya adalah mereka tergolong kurang mampu dan terdampak pandemi Covid-19. Sedangkan stand pasar, berasal dari unsur PKK 5 kecamatan, kelompok tenun, pakis, serta kelompok gabungan dari UMKM kuliner. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA