by

7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Apartemen di Jakarta

-Bisnis-85 views

KOPI JAKARTA – Sebelum Anda beli property, entahlah itu tanah, rumah, apartemen, atau vila, seharusnya Anda cari tahu lebih dulu detil dari property yang akan Anda membeli itu. Karena pada hakekatnya semua tipe property memiliki kekurangan dan kelebihan tertentu. Perlu Anda kenali jika dari ke-4 tipe property di atas, sekarang ini orang lebih menyenangi property sejenis apartemen. Bila Anda pun tertarik sama apartemen ini, ada faktor-faktor yang penting Anda pikirkan lebih dahulu saat sebelum pada akhirannya memilih untuk beli apartemen atau mungkin tidak.

Apartemen merupakan property yang sering dicari sekarang ini, terutamanya oleh warga perkotaan. Ini karena apartemen memiliki keunggulan-keunggulan tertentu dibanding property lainnya. Tinggal di apartemen tidak ubahnya seperti pada hotal yang nyaman. Tetapi ongkos hidup di apartemen ini tambah murah dibanding hotel, apa lagi bila Anda tinggal di apartemen punya sendiri dan bukan apartemen sewa. Karena kelebihan yang dipunyainya berikut, apartemen lebih disukai. Untuk dapat beli sebuah unit apartemen yang baik, Anda perlu bersaing dengan beberapa orang.

Kami mempunyai beberapa beberapa kiat yang bisa Anda coba sendiri saat beli apartemen, terutamanya apartemen di Jakarta, agar Anda dapat mendapat unit apartemen yang paling bagus, harga apartemen cukup terjangkau, dan Anda juga tidak tertipu.

Cari Tahu Sarana-fasilitas di Apartemen

Apartemen yang hendak Anda membeli harus ditegaskan mempunyai sarana dasar seperti listrik, air, lift, tempat pembuangan sampah, dan mekanisme keamanan. Dan sarana-fasilitas simpatisan seperti kolam renang, gym, dan taman. Ini sebagai point yang perlu Anda lihat pertama kalinya. Baru selanjutnya Anda dapat memerhatikan lingkungan disekelilingnya. Apartemen jadi makin bagus bila ada sarana umum disekelilingnya. Seperti mall, rumah sakit, instansi pengajaran, dan tempat kerja. Makin bertambah sarana umum yang berada di sekitaran apartemen, karena itu Anda bisa terbebas dari macet berkelanjutan dan lebih mengirit ongkos pengeluaran untuk tranportasi.

Pilih Tipe Kamar yang Sesuai Kebutuhan

Sebuah gedung apartemen umumnya memiliki beberapa type unit yang diperbedakan menurut harga. Walau banyak faksi management yang janji akan berlaku adil pada semua penghuni dalam apartemen itu, tapik realitanya kerap kali tidak begitu. Harga unit yang semakin tinggi umumnya akan jamin sarana dan servis yang Anda terima akan lebih bagus. Ingat di apartemen ini Anda akan tinggal dengan beberapa penghuni apartemen yang lain di pada sebuah atap, karena itu type kamar yang Anda punyai akan memengaruhi status sosial Anda di sini. Seharusnya Anda pilih unit apartemen yang sama sesuai keperluan dan biaya anggaran yang ada.

Pertimbangkan Memilih Lantai di Dasar

Unit apartemen yang ada di lantai paling dasar adalah favorite semuanya orang. Kenapa? Karena di lantai dasar ini Anda dapat mendapat akses ke sarana-fasilitas yang dipunyai oleh apartemen dalam jatah yang lebih banyak dibanding penghuni yang lain. Anda akan jadi lebih bebas manfaatkan kehadiran sarana-fasilitas yang umumnya berada di lantai dasar ini. Kebalikannya penghuni di kamar lantai dua dan sebagainya kerap kali harus bertemu dengan lift yang macet hingga mengakibatkan perasaan malas jika harus turun naik lift cuma untuk nikmati sarana apartemen saja. Maka dari itu, harga unit apartemen di lantai dasar ini sebagai yang termahal.

Rasakan Suasana dan Kenyamanannya

Beberapa apartemen di Jakarta memiliki sarana tertentu untuk memberikan dukungan situasi yang diharapkan oleh sebagian besar calon penghuninya. Anda tinggal pilihnya saja sama sesuai tuntutan hidup. Jika Anda sebagai orangtua yang paling memerhatikan kualitas pengajaran sang anak, pilih apartemen yang sudah merajut kerja sama dengan instansi pengajaran tertentu. Begitupun bila Anda barusan menikah dan ingin nikmati situasi ruang yang romantis bersama pasangan Anda, Sebaiknya anda pilih apartemen yang lokasinya dekat sama pantai supaya panorama yang terbentuk selalu cantik. Anda perlu menimbang baik situasi apartemen itu.

Hitunglah Harga Pembelian Apartemen

Faktor harga membeli perlu Anda pikirkan dengan benar-benar dalam beli apartemen di Jakarta. Janganlah sampai dech kehidupan Anda terusik karena memaksa diri beli apartemen yang harga jauh di atas kekuatan keuangan Anda. Bikinlah kehidupan Anda berasa nyaman dengan beli apartemen yang sesuai kekuatan dan keperluan individu. Umumnya saat Anda ingin beli unit apartemen, Anda akan disodori utang setoran awalnya oleh bank. Pikirkan matang-matang dalam putuskan negosiasi ini. Janganlah sampai utang Anda di bank itu nanti akan mengusik setoran angsuran pembelian unit apartemen ini.

Kenyamanan Keluarga dan Anak-anak

Pada dasarnya, faktor kenyamanan sebagai factor paling penting yang perlu Anda lihat ketika menentukan rumah apa saja itu, terhitung apartemen. Bagaimana juga apartemen itu bisa menjadi tempat tinggal untuk Anda dan keluarga. Oleh karenanya, Anda harus pastikan semua bagian keluarga berasa kerasan tinggal didalamnya. Bila Anda memiliki anak dan istri, seharusnya tentukan tempat tinggal yang nyaman dan sanggup memberikan dukungan kehidupan mereka. Seorang istri biasanya benar-benar memerlukan tempat berbelanja yang dekat. Begitu halnya buah kesayangan, Anda harus pastikan anak Anda mempunyai akses yang gampang untuk ke arah sekolahnya.

Pilih Apartemen di Lokasi yang Vital

Sebisa mungkin pilih apartemen yang berada di lokasi yang vital. Sebetulnya tidak harus ada di pusat perkotaan sich. Tujuan vital di sini yaitu tempat itu jadi penyambung di antara beragam pusat keramaian di wilayah sekelilingnya. Umumnya tempat semacam ini akan berkembang cepat secara cepat sekali. Anda yang tinggal di sini akan berasa nyaman karena lebih gampang untuk melancong ke lain tempat. Bila arah khusus Anda beli apartemen ialah investasi, karena itu pikirkan prospect lokasi apartemen di periode mendatang. Makin bertambah sarana khalayak yang diperkirakan akan dibuat pada tempat barusan, karena itu akan semakin cerah hasil investasi Anda.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA