by

Wujudkan SDGs dengan Uji Emisi bersama Garda Oto

KOPI, Jakarta – Penanganan perubahan iklim merupakan salah satu tujuan global yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030 atau dikenal dengan istilah Sustainable Development Goals (SDGs). Dalam rangka mendukung salah satu program pembangunan berkelanjutan tersebut, Asuransi Astra menggelar program campaign bertajuk #IndonesiaLangitBiru melalui aktivitas Uji Emisi bersama Garda Oto yang bekerja sama dengan Bengkel Auto 2000.

Kegiatan yang dilaksanakan di Graha Asuransi Astra ini berhasil menguji emisi hingga 400 mobil yang diutamakan bagi para pelanggan setia Garda Oto, rekanan komunitas mobil, hingga masyarakat umum (12/12) lalu.

Seperti yang kita ketahui bahwa uji emisi dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kinerja mesin dan tingkat efisiensi pembakaran dalam mesin kendaraan bermotor. Untuk mobil yang wajib melakukan pengujian emisi ini adalah mobil yang sudah beroperasional diatas tiga tahun.

Pelaksanaan uji emisi ini hanya dapat dilakukan oleh teknisi uji emisi yang telah terdaftar, salah satunya adalah Bengkel Auto 2000. Nantinya setiap teknisi uji emisi akan mengukur kadar Karbon Monoksida (CO), Hidrokarbon (HC), dan unsur-unsur lain dari gas buang yang dihasilkan oleh proses pembakaran kendaraan yang tidak sempurna.

Hasil kelulusan dari uji emisi nantinya menunjukkan bahwa kendaraan bermotor dalam kondisi yang prima dan layak digunakan karena telah memenuhi ketentuan emisi. Dengan begitu, lulus uji emisi sama dengan mengurangi beban pencemaran udara dari sisa gas buang kendaraan bermotor.

Adapun perbedaan kriteria dari kelulusan uji emisi ini bergantung pada tahun pembuatan mobil, bahan bakar yang digunakan, hingga bobot kendaraan (khusus untuk bahan bakar diesel).

“Selain sebagai bentuk layanan khusus bagi pelanggan setia Garda Oto, salah satu kegiatan yang diselenggarakan pada hari ini merupakan bentuk dari kami untuk menjaga kualitas udara di Indonesia. Dengan mengangkat tajuk #IndonesiaLangitBiru, baik secara langsung maupun tidak langsung kita memberikan dampak yang baik bagi lingkungan maupun kesehatan dari kendaraan itu sendiri,” ujar Hendry Yoga selaku Chief Operating Officer Asuransi Astra saat meninjau lokasi uji emisi.

Setelah dinyatakan lulus uji emisi tidak serta merta pemilik kendaraan langsung bersantai dan menyepelekan perawatan pada kendaraannya. Lakukanlah perawatan pada kendaraan secara berkala dan gunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan, oktan tinggi, dan sulfur rendah. Selain itu, untuk meningkatkan rasa peace of mind dengan kepemilikan kendaraan, lengkapi proteksi lebih pada kendaraan dengan perlindungan dari risiko kerusakan yang ditawarkan asuransi.

Garda Oto, produk asuransi mobil dari Asuransi Astra dapat menjadi salah satu solusi perlindungan untuk mobil Anda. Berbagai macam layanan secara online melalui aplikasi Garda Mobile Otocare dan website gardaoto.com, maupun offline di layanan Garda Center atau kantor cabang dihadirkan untuk mempermudah pelanggan dalam melakukan pembelian polis, melakukan klaim, hingga perluasan atau pembaruan polis.

Selain itu, tersedia layanan 24 jam yang dapat diandalkan saat situasi darurat, yaitu contact center Garda Akses dan juga bantuan darurat Garda Siaga. Dengan begitu, selain mendukung #IndonesiaLangitBiru, kini Anda juga dapat berkendara dengan Peace of Mind. (NJK)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA