by

Wabup Patriana Krisna Hadiri Pengabenan Kolektif Desa Adat Tegal Cangkring

KOPI, Jembrana – Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna menghadiri Upacara Pitra Yadnya Pengabenan Kolektif Sawa Prenawa lan Atma Wedana, bertempat, di Wantilan Pura Dalem Desa Adat Tegalcangkring, Jumat (17/12/2021). Dalam kehadiran tersebut, Wabup Patriana Krisna menyampaikan apresiasi kepada pelaksanaan Upacara Pitra Yadnya berupa Ngaben Sarad (massal).

Wabup Patriana mengatakan bahwa, yadnya itu, sebuah upaya bagi umat Hindu Bali dalam membayar hutang kepada para leluhur (Pitra Rna), sebagai salah satu bagian dari 3 hutang yang dipercaya dibawa semenjak manusia lahir atau dikenal dengan Tri Rna. “Ini bagian dari bakti kita kepada leluhur dan memang yadnya ini bagian dari kewajiban kita,” jelas Wabup Patriana Krisna.

Ia juga berharap seluruh krama menyelenggarakan upacara tersebut dengan pikiran tulus ikhlas. Lebih jauh, Ia pun menyampaikan kehadiran pemerintah terlebih peran Desa Adat ini menjadi bagian setiap upacara keagamaan yang digelar ini, untuk meringankan biaya yang ditanggung oleh masyarakat. “Kami tahu biaya untuk upacara adat dan keagamaan di Bali sangat besar, oleh karena itu kegiatan ini sangat membantu masyarakat dalam hal pembiayaannya, sehingga masyarakat merasa ringan,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Panitia Pengabenan Kolektif I Ketut Sangka menjelaskan bahwa, upacara Pengabenan kolektif yang sudah digelar sejak (4/12/2021) tersebut, diantaranya mengikutkan 118 Sawa, 37 Sawa Nglungah, dan Nyekah 81. Dalam pengabenan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dengan ketat, upacara yang diperkirakan menelan biaya sebesar 300 juta, biaya tersebutc berasal dari urunan krama, pungutan dari masing-masing peserta dan punia dari berbagai kalangan. “Ini program rutin dari Desa Adat Tegalcangkring setiap 3 (tiga) tahun sekali,” terangnya.

Di sisi lain, selaku panitia, Ia berterimakasih atas kedatangan Wabup Patriana yang sudah berkenan hadir serta mendoakan Yadnya (Upacara) ini. “Terimakasih sudah hadir dan mendoakan, semoga upacara ini dan para Krama (umat) semua mendapatkan keselamatan,” harapnya. 

Sebelumnya Wabup Patriana Krisna juga berkesempatan menghadiri upacara persembahyangan bersama Piodalan Pura Rangdu Amerta Jati yang bertempat di Banjar Rangdu, Desa Pohsanten, Kecamatan Mendoyo. (Donal Humas/AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA