by

Upaya Pencapaian Target Vaksinasi, Kapolres Karawang Laksanakan Vaksinasi Door to Door di Desa Terpencil

KOPI, Karawang – Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono, S.H., S.I.K., M.H., beserta jajarannya melaksanakan vaksinasi dengan mendatangi rumah warga secara door to door, Jumat (10/12/21), di Desa Pucung, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang. Kegiatan ini merupakan upaya akselerasi pencapaian vaksinasi nasional.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres Karawang didampingi Kabag SDM Kompol Iwan Setiawan, Kabag Ren Kompol Hermawan, Kabag Log Kompol Iwan Ridwan Saleh, Kaur Min Satlantas Ipda Aan Juanda, Kapolsek Kotabaru Ipda Dede Komara, Danramil Kotabaru, Muspika Kecamatan Kotabaru, serta Kepala Puskesmas Cikampek Utara dr. Nenden.

“Ini adalah semangat kami dari Forkopimda Karawang untuk mengejar target vaksinasi nasional, dimana sejauh ini capaian vaksinasi sudah mencapai 70%. Sedangkan di Kecamatan Kotabaru sendiri juga sudah mencapai 70%,” ujar Kapolres kepada awak media di sela-sela kunjungannya.

Lanjutnya, sasaran vaksinasi kali ini adalah masyarakat atau desa yang terpencil. “Di desa ini menang sudah ada yang divaksin, tapi belum semuanya. Menurut data, hari ini ada 35 warga yang belum divaksinasi,” tutur Kapolres.

Foto: Kapolsek Kotabaru menyerahkan kartu vaksin kepada salah satu warga Desa Pucung.

Kapolres berharap, semua masyarakat Desa Pucung bisa menerima vaksinasi. “Alhamdulillah, hari ini semua warga desa Pucung sudah tervaksinasi,” jelasnya.

Selain vaksinasi, Kapolres dan rombongan juga memberikan bantuan sembako sebagai tali asih untuk meringankan beban masyarakat. “Sebanyak 35 Kepala Keluarga di Desa Pucung mendapatkan bantuan sembako,” papar Kapolres.

Kapolres menambahkan, kegiatan vaksinasi ini dilakukan serentak di desa-desa di Kabupaten Karawang, hal ini merupakan sinergitas antara TNI-Polri dan Bupati serta stakeholder lainnya, sepakat untuk mensukseskan pencapaian vaksinasi nasional khususnya di Karawang.

“Sekarang, Kami menyasar ke semua dusun-dusun dan desa-desa. Kegiatan ini serentak dilakukan oleh semua Polsek dengan berpegang pada data-data dari Kecamatan, dusun mana yang belum divaksinasi, maka itulah yang menjadi sasaran kami,” ungkap Aldi.

Foto: Kapolres Karawang saat menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat Desa Pucung.

Program vaksinasi kali ini berjalan lancar dan semangat yang luar biasa ditunjukkan oleh Babinsa, Bhabinkamtibmas, serta tenaga kesehatan yang bersama-sama turun ke masyarakat secara door to door. “Hal ini dilakukan agar vaksinasi dapat tercapai dan akan membentuk herd community sehingga Karawang terbebas dari Covid-19,” tandas Kapolres.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Cikampek Utara, dr. Nenden menyampaikan bahwa akses menuju ke Desa Pucung memang agak susah dan jauh karena harus masuk melalui Kecamatan Tirtamulya, tapi Desa Pucung masuk ke wilayah Kecamatan Kotabaru. Makanya desa ini disebut Babakan Gentong.

Pihak Pemerintah Kecamatan terus berupaya agar masyarakat Desa Pucung dapat menerima vaksinasi. “Hari ini, kami memutuskan untuk menjemput bola dengan datang ke Desa Pucung, karena masyarakat Desa Pucung lokasi desanya terpencil dan perekonomian masyarakat di bawah rata-rata, jadi sulit untuk pergi ke Puskesmas,” pungkasnya. (Hmsreskrw/DJ)