by

Tips Sukses Work From Home Agar Tetap Produktif

KOPI, Kediri – Work from home (WFH) atau bekerja dari rumah sudah menjadi kebiasaan baru sejak awal pandemi. Ketika perusahaan mempertimbangkan bagaimana dan kapan harus mengembalikan staf ke kantor, banyak yang membahas opsi work-from-home permanen atau jadwal campuran.

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat Anda tetap pada produktif saat work from home.

1. Atur Waktu atau Jadwal

Jika bekerja dari rumah akan menjadi hal sehari-hari, ini adalah langkah penting menuju kesuksesan. Sama seperti hari yang terstruktur di lingkungan kantor, belajarlah untuk menyusun hari Anda dengan cara yang sama di rumah.

Tetapkan jam untuk diri sendiri dan jadwalkan tugas sehingga Anda memiliki arahan sepanjang hari. Buat jadwal dan patuhi itu setiap hari. Pastikan untuk memasukkan waktu makan siang dan juga waktu istirahat untuk menyegarkan dan mengisi ulang tenaga.

2. Pisahkan Pekerjaan dengan Kehidupan Rumah

Salah satu bagian yang paling menantang tentang bekerja di rumah adalah memisahkan kehidupan Anda dari kehidupan rumah Anda. Untuk menghindari ketidakseimbangan antara keduanya, tetap berpegang pada jam yang telah Anda tetapkan untuk diri sendiri dan ketika Anda berada di luar jam tersebut, putuskan hubungan kerja, apakah itu berarti mematikan komputer, menyimpan desain Anda, atau mematikan telepon Anda.

Menciptakan ruang terpisah untuk bekerja, seperti kantor di rumah, dapat meningkatkan produktivitas Anda secara signifikan. Hanya karena Anda bekerja dari rumah tidak berarti bahwa pekerjaan adalah seluruh hidup Anda.

3. Keluar Rumah

Jadi Anda tidak bekerja di kantor perusahaan, bukan berarti Anda terjebak di satu tempat. Pada hari-hari di mana Anda merasa stres atau tidak termotivasi, pindah tempat dan kunjungi kedai kopi atau atur kantor Anda di ruang belajar perpustakaan untuk hari itu.

Bekerja di lokasi lain dapat mencegah Anda mengalami hari yang tidak produktif dan merasa gelisah di rumah. Bahkan jika itu untuk satu jam atau lebih, menjelajah keluar rumah dapat membantu Anda mendapatkan kembali fokus Anda dalam pengaturan baru.

4. Stay Connected

Work from home bisa membuat Anda merasa kesepian dan terisolasi. Untuk menghindari perasaan gelisah dan bosan, jadwalkan pertemuan kopi ngopi bareng, makan bareng, dan secara teratur bertemu dengan klien di luar rumah Anda. Bahkan pergi ke kedai kopi pun bisa membuat Anda merasa fresh kembali.

5. Monitoring Jaringan dengan Netmonk Prime

Bagi para network engineer, memonitor jaringan merupakan kegiatan yang harus dilakukan dengan manatap layar monitor selama 24 jam penuh. Dengan menggunakan aplikasi monitoring jaringan dari Netmonk Prime, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk memantau layar monitor.

Karena, Netmonk Prime memiliki prediktif analitik dan real-time notification dari email dan Telegram. Dengan begitu, kapanpun dan dimanapun Anda berada, Anda akan tetap dapat monitoring jaringan perusahaan.

Nah, itulah 5 tips work from home yang bisa Anda terapkan. Dengan begitu, Anda akan bisa lebih produktif karena jadwal dan beberapa opsi yang sudah Anda atur.