by

Tips Sukses Memulai Bisnis Cafe Dengan Modal Kecil

KOPI, Nganjuk – Tidak bisa dipungkiri lagi, saat ini keberadaan cafe sudah tidak bisa terlepaskan dari gaya hidup sebagian besar masyarakat kota yang ingin melepas kelelahan ataupun berkumpul bersama teman-teman di tempat yang nyaman. Dengan hal tersebut, tentu membuat bisnis cafe menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Bisnis cafe pada saat ini memang menggiurkan, karena usaha ini mempunyai ceruk pasar yang luas dan cukup kuat. Bagaimana tidak? Mulai dari kalangan remaja hingga dewasa pun seringkali mengunjungi tempat yang satu ini. Sebenarnya dengan memulai bisnis cafe, tidak perlu menggunakan modal yang banyak.

Jika kalian tertarik dengan bisnis cafe namun memiliki modal kecil, kalian tidak perlu khawatir. Dengan modal yang kecil, kalian masih bisa memulai bisnis ini, dan tentunya dengan cara-cara tertentu. Salah satunya yaitu dengan membuat desain cafe minimalis agar bisa menghemat budget.

Cara Memulai Usaha Cafe Dengan Modal Kecil

1. Pilih lokasi trategis, nyaman, dan sesuai budget

Jika kalian ingin memulai usaha cafe dengan modal yang kecil, langkah pertama yang perlu kalian lakukan yaitu menentukan lokasi atau tempat yang nyaman. Selain itu tempat yang nantinya akan dibuat bisnis cafe haruslah strategis serta tidak lupa dengan makanan dan minuman yang lezat.

Biasanya tempat yang seperti itu membutuhkan biaya sewa yang cukup mahal, oleh karena itu sebisa mungkin kalian mencari tempat dengan biaya sewa yang terjangkau. Dengan memiliki tempat yang strategis dan nyaman, tentunya akan menbuat para pengunjung lebih betah berlama-lama di cafe.

2. Membeli bahan baku dari grosir

Jika kalian masih pemula dalam hal berbisnis, kalian bisa membeli bahan baku makanan atau minuman di grosir. Hal itu dikarenakan dengan membeli bahan baku dari grosir akan lebih menghemat biaya.

Namun biasanya untuk mendapatkan harga yang murah dari grosir, kalian harus membelinya dengan jumlah yang banyak. Selain itu kalian juga perlu memastikan bahan baku yang kalian beli terjamin kualitasnya.

3. Berikan pelayanan terbaik

Dalam hal ini pelayanan merupakan suatu hal yang bisa kalian usahakan tanpa harus memakan biaya. Agar pengunjung kalian merasa betah dan nyaman di cafe, kalian harus memberikan pelayanan yang baik dan ramah.

Dengan hal itu secara tidak langsung pengunjung akan merekomendasikan cafe tersebut pada teman-teman ataupun orang terdekatnya. Setiap bisnis yang baik tentunya juga diperlukan pelayanan terbaik.

4. Buatlah menu yang lezat dan otentik

Pada umumnya bisnis kuliner termasuk cafe, mempunyai menu yang menjadi andalan tempat tersebut. Dengan memiliki menu makanan atau minuman dengan rasa yang lezat, otentik, dan bercita rasa tinggi, tentu akan membuat cafe tersebut lebih cepat dikenal pengunjung.

5. Gunakan strategi marketing hemat biaya

Jika kalian ingin memulai bisnis cafe dengan modal yang kecil, kalian juga harus menerapkan strategi marketing yang tepat dan dengan biaya sedikit. Di masa teknologi seperti sekarang ini dengan adanya sosial media,kalian bisa menjangkau orang banyak yang dekat dengan tempat cafe kalian.

Kalian bisa mengajak pelanggan ataupun calon pengunjung cafe untuk mendapatkan tambahan topping secara gratis ataupun yang lain dengan syarat membuat ulasan tentang cafe yang kalian miliki di sosial media.

Penutup

Seperti itulah beberapa tips yang bisa kami sampaikan kepada kalian semua, mengenai cara sukses usaha cafe dengan modal kecil untuk pemula. Dengan melakukan cara-cara tersebut, diharapkan kalian bisa sukses dalam mengembangkan bisnis cafe yang kalian miliki.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA