by

Tempuh Perjalanan 48 Jam, SatBrimob Bone Tiba di Episentrum Gempa Selayar

KOPI, Bone – Sejak dilepas secara simbolis oleh Kapolda Sulawesi Selatan di Mapolda Sulsel, Jum’at (17/12/21). Satu SSK Personel Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel langsung bergerak menuju ke lokasi terdampak gempa NTT di Kecamatan Pasimarannu dan Pasilambena, Kabupaten Kepulauan Selayar.

Adapun pemberangkatan Satu SSK Personel Brimob Bone yang dipimpin langsung oleh Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan, S.Sos., ke Kabupaten Kepulauan Selayar untuk menjalankan misi kemanusiaan yakni untuk membantu warga korban gempa bumi dan percepatan pemulihan kondisi di Kecamatan Pasimarannu dan Pasilambena pasca berkekuatan 7,4 maknitudo yang berpusat di Larantuka NTT.

Namun demikian, untuk menjangkau dua kecamatan yang terletak di gugusan pulau Bonerate tersebut, Personel Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel harus berjuang menempuh perjalanan darat dan laut sejauh ratusan kilometer dengan waktu tempuh selama dua hari dua malam untuk tiba di lokasi. Tiba di pelabuhan Bonerate Kecamatan Pasimarannu pagi tadi, Minggu, 19/12/21 sekitar pukul 05.45 Wita.

Danyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel menceritakan sedikit pengalaman selama perjalanan mereka hingga tiba di lokasi dampak gempa di Kabupaten Kepulauan Selayar. “Sebelum berangkat dari Mako Brimob Bone, kami melakukan ploting personel menjadi 2 kelompok untuk menempati 2 kecamatan terdampak gempa, yaitu Pasimarannu dan Pasilambena. Setelah itu kami langsung bergerak ke pelabuhan penyeberangan Tanjung Bira Bulukumba pada Jum’at sore kemarin,” ungkap Kompol Nur Ichsan via telepon pagi tadi.

Saat tiba di pelabuhan penyeberangan, lanjutnya, personel kami langsung memindahkan ribuan paket logistik dari mobil truk ke atas kapal KMP Balibo yang akan kami tumpangi. Tepat pukul 00.00 Wita kapal kami berangkat meninggalkan Tanjung Bira. Setelah 30 jam berapa di atas laut akhirnya tadi subuh kapal kami sandar di pelabuhan Pasimarannu Bonerate.

Selain itu, Kompol Nur Ichsan juga menambahkan bahwa satu peleton personel masih akan melanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Pasilambena. “Alhamdulillah untuk satu peleton Personel kami yang mendapat plooting di Kecamatan Pasimarannu telah tiba dan langsung membangun posko bencana di depan kantor camat setempat, dan untuk satu peleton Personel lagi masih akan melanjutkan perjalanan laut selama 6 jam menuju Kecamatan Pasilambena,” ungkapnya.

Dalam misi kemanusiaan ini, Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel juga membawa ribuan paket logistik dan peralatan korvey untuk membantu korban bencana alam serta sebagai wujud dari Negara hadir di tengah masyarakat. Adapun ribuan paket logistik bantuan untuk korban gempa Kabupaten Selayar yang dibawa oleh pasukan Brimob Bone ini berasal dari bantuan oleh beberapa instansi, diantaranya dari Polda Sulawesi Selatan, Polres Sinjai, Polres Selayar dan Baznas Kabupaten Bone. (*)

Editor: NJK