by

Tanggulangi Banjir, Sub 1 Sektor 19 Citarum Perbaiki Tanggul Jebol di Batujaya

KOPI, Karawang – Satgas Citarum Harum Sektor 19 Subsektor 1 Batujaya melakukan penanggulangan banjir yang diakibatkan tanggul jebol, Kamis (23/12/21), berlokasi di Dusun Tambun 1 RT 07 RW 03, Desa Karyamakmur, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang.

Dansubsektor 1 Batujaya Serda Sukarta Wijaya bersama personilnya serta dibantu masyarakat setempat memperbaiki tanggul jebol dengan karung berisi pasir. Hal tersebut dilakukan agar air tidak mengalir ke pemukiman warga.

“Hari ini Satgas Citarum Sektor 19 Subsektor 1 melakukan perbaikan tanggul yang jebol akibat tergerus air, agar tidak melebar, dan airnya tidak mengalir ke pemukiman penduduk,” terang Sukarta.

Selain itu, Satgas Citarum Harum bertugas untuk mengecek penguatan tanggul dan sedimentasi serta membersihkan rumput liar yang tumbuh di bantaran sungai Citarum. “Selain melakukan pengecekan struktur tanggul, kami juga melakukan pembersihan rumput liar serta sampah yang ada di bantaran sungai Citarum,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Dansubsektor 1 Serda Sukarta Wijaya beserta personilnya, Pengawas PJT 2 Yudi beserta anggotanya, Kepala Desa Karyamakmur, RT 07 Hanapi, RW 03 Ardi, serta 15 orang masyarakat setempat.

Dansubsektor 1 mengimbau kepada masyarakat apabila ada hal-hal yang sifatnya darurat bencana alam seperti banjir ataupun longsornya bantaran sungai Citarum agar segera melaporkan kepada Satgas Citarum. “Jika ada gejala alam seperti bencana banjir atau luapan air serta tanggul jebol, maka masyarakat segera berkoordinasi dengan Satgas Citarum dan instansi terkait,” pungkasnya. (AAS)

Editor: NJK