by

Sering Wisata Kuliner, Makanan Makassar Dianggap Kartika Sanrego Paling Berkesan

-Berita-975 views

Kartika Sari Sanrego atau lebih akrab disapa Kartika Sanrego adalah sosok yang  cukup dikenal di dunia kuliner. Perempuan asal Kota Surabaya ini kerap membagikan hasil kreasi masakannya di akun Instagram pribadinya @kartikasanrego.

Masyarakat mulai tertarik pada akun Instagram tersebut sejak ia mulai mereview makanan di berbagai macam restoran tahun 2013 silam.

Pencapaiannya di media sosial inilah yang membuatnya banyak dipercaya oleh restoran-restoran untuk me-review menu-menu mereka.

Sudah bertahun-tahun berkecimpung di dunia kuliner, ia pun memiliki pendapatnya sendiri tentang makanan.

“Sebenarnya saya orangnya enggak terlalu rewel soal makanan. Tapi karena saya harus profesional, maka saya harus punya standar penilaian. Selain rasanya harus enak tentunya, tempatnya juga harus nyaman dan estetik,” tuturnya.

Meski dirinya lebih banyak mengulas restoran-restoran di wilayah ibu kota, perempuan yang akrab disapa Tika itu biasanya secara sukarela me-review restoran-restoran lokal saat ia liburan.

Menganggap Kuliner Makassar Unik dan Berkesan

Selama melancong ke daerah-daerah di Indonesia, menurutnya makanan yang paling unik adalah makanan khas Makassar.

“Menurut saya Makassar adalah paket komplit dunia kuliner, mulai dari minuman, makanan ringan, hingga makanan berat, menurut saya semuanya unik dan lezat.”

Ia mengaku selalu merindukan kuliner khas Kota Anging Mammiri, terlebih karena sang ayah lahir di kota tersebut.

“Karena Papa aku orang Makassar, jadi kalau berkunjung ke sana pasti aku sempetin untuk kulineran,” ujar perempuan yang juga merambah bisnis pengiriman barang tersebut.

Lalu, apa yang membuat kuliner Makassar begitu berkesan bagi Tika?

“Unik, sebab banyak rempah, banyak bumbu yang dipakai dan wanginya harum. Serta berbeda dengan masakan Jawa, karena saya orang Jawa, jadi saya lebih sering makan masakan Jawa.”

Ia kemudian merekomendasikan salah satu kuliner Makassar yang wajib dicoba ketika mengunjungi kota ini. Bukannya Coto Makassar, kuliner tersebut adalah Pallubasa Serigala.

“Kalau Coto Makassar kan udah biasa, ya. Menurut aku kuliner yang wajib dicoba adalah sop konro, es pisang ijo, es pallu butung, pisang epe dan banyak lagi lainnya.”

Seperti orang pada umumnya, ia juga mengandalkan mesin pencarian Google

Menemukan hidden gem di dunia kuliner tentunya tidak mudah. Karena ini, Kartika Sanrego tak pernah ambil pusing. Ia tak pernah memaksakan diri menemukan makanan yang unik dan harus enak ketika pergi ke suatu daerah.

“Semua berjalan secara natural, sih. Nggak terlalu maksa bikin planning yang terperinci biar pas kulineran ada element of surprise-nya. Aku biasanya juga riset lewat Google doang, seperti orang pada umumnya saja.”

Menurutnya semua makanan harus dihargai. Walaupun tidak cocok di lidah sekalipun. Jika menemukan makanan lezat, maka ini dianggapnya sebagai keberuntungan.

Ingin pergi ke Labuan Bajo

Walaupun hobi travelling, mayoritas tempat yang sudah ia kunjungi adalah tempat-tempat di kawasan pulau Jawa. Karena hal ini ia mempunyai keinginan besar untuk mengunjungi Labuan Bajo.

Tempat wisata yang terkenal dengan Pulau Komodonya ini memiliki banyak spot yang indah dan wajib dikunjungi, serta kuliner unik yang menarik untuk dicoba. Tak heran ia sangat ingin mengunjunginya. Lalu apa yang ingin ia coba di sana?

“Ingin sekali ke Labuan Bajo, cuma kalau berlibur ke sana harus agak lamaan kali ya, tunggu cari waktu yang tidak berbenturan dengan bisnis kuliner di Jakarta. Di sana banyak sekali yang ingin aku coba, seperti hidangan-hidangan laut dan dan katanya ada yang namanya rumpu rampe. Nah, ingin mencoba itu.”

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA