by

Sebelum Membeli Perhiasan Emas Secara Online, Pahami Dulu Tips Amannya

-Berita-340 views

Transaksi jual-beli kini bisa dilakukan kapan saja dan oleh siapa pun berkat teknologi yang semakin berkembang. Salah satu benda yang dapat dengan mudah Anda beli adalah produk aksesoris berbahan emas.

Kini semua orang bahkan dapat menjual dan membeli perhiasan berbahan emas dalam hitungan menit saja, melalui berbagai platform seperti Instagram, Facebook dan berbagai e-commerce yang kini semakin menjamur dan mudah dioperasikan.

Melalui display-display online tersebut, perhiasan-perhiasan berbahan logam mulia ini terlihat berkilau cantik nan menawan, tak kalah dengan produk serupa yang didisplay secara langsung di toko-toko emas konvensional.

Walaupun mudah, transaksi jual-beli emas secara online ini juga dapat menjadi bumerang bagi Anda yang tidak berhati-hati dalam berbelanja online. Karenanya, kami melakukan sesi wawancara khusus dengan Semar Nusantara, selaku salah satu toko emas kepercayaan tanah air yang kini pun sudah melayani transaksi jual-beli emas secara online. 

Toko emas kawakan yang sudah berdiri sejak tahun 1969 ini akan memaparkan tips singkat sebelum Anda memutuskan untuk membeli perhiasan emas secara daring.

Pilih toko emas dan penyedia jasa pengiriman yang tepat

Ketika Anda memutuskan untuk membeli perhiasan emas secara online,  Anda perlu memerhatikan beberapa hal yang sebenarnya tak jauh berbeda ketika sedang membeli produk pada umumnya secara online. Mulai dari memilih toko emas terpercaya, hingga rajin melakukan riset kecil-kecilan dengan membaca review dari setiap pembeli di kolom testimoni yang umumnya tersedia di setiap platform. 

“Apabila ingin melakukan pembelian di marketplace (online), pastikan cek review atau ulasan toko tersebut. Selain memilih toko yang memiliki akun resmi, cek juga nama toko atau brand toko di internet untuk memastikan apakah toko tersebut kredibel atau tidak.”

Mengingat perhiasan emas dikenal sebagai produk yang rawan akan kerusakan, yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah pemilihan penyedia jasa pengiriman yang tepat yang mampu menyediakan asuransi demi keamanan perhiasan emas yang Anda beli. Hal ini setidaknya dipaparkan juga secara singkat oleh perwakilan toko emas yang dinaungi oleh PT Kerja Gotama Bersaudara ini.

“Jangan lupa untuk membeli asuransi pengiriman ketika membeli emas secara online, dan pastikan untuk memilih kurir yang kredibel atau yang telah ditentukan oleh toko,” ujarnya.

Pilih model yang paling cocok dan Anda sukai

Agar tidak menyesal setelah membeli, Anda wajib memastikan dulu bentuk dan model perhiasan emas yang benar-benar pas di hati dan selera Anda. Karenanya, penting bagi Anda untuk memilih toko emas yang mampu menjelaskan detail produknya secara terperinci, dengan penampakan produk asli melalui unggahan gambar beresolusi baik dan dapat jelas dilihat. Bila perlu, pilihlah toko emas yang rajin memperlihatkan produk-produknya melalui unggahan video.

Pilihlah toko emas yang memberikan term and condition yang jelas

Perhiasan emas bukanlah produk sembarangan yang bisa dibeli dengan kocek terbatas. Perlu dana yang tak sedikit untuk mendapatkan produk yang dapat digunakan sebagai instrumen investasi ini. Karenanya, penting bagi Anda untuk mempelajari kebijakan dari masing-masing toko emas online.

Pertama, periksalah apakah toko tersebut menyediakan asuransi yang menjamin keamanan pengiriman serta keaslian produk. Selanjutnya, pastikan apakah produk yang Anda beli bisa dikembalikan serta di-refund jika tidak sesuai dengan keadaan yang sebelumnya sudah dijelaskan.

Mengingat setiap toko emas memiliki kebijakan yang berbeda-beda, pastikan kebijakan tersebut tidak akan merugikan Anda sebagai konsumen.

Pastikan toko emas memiliki customer service yang merespon Anda dengan cepat

Yang tak kalah penting adalah memilih toko dengan customer service yang ramah dan cepat tanggap menjawab segala macam pertanyaan seputar produk yang ingin Anda beli. Hal ini setidaknya ditekankan oleh perwakilan toko emas dengan akun instagram @semarnusantara tersebut.

“Dengan customer service yang cepat tanggap, Anda pun tak perlu repot mencari sendiri mengenai, detail produk, informasi kebijakan toko, serta jaminan-jaminan yang diberikan toko. Dengan begitu, proses jual-beli emas secara online akan terasa lebih aman dan terpercaya,” ujarnya.

Bagaimana, apakah Anda kini sudah semakin yakin untuk membeli emas secara online? Bagi Anda yang tertarik pada produk-produk Semar Nusantara, Anda juga bisa mengunjungi pusat tokonya di Jalan Kauman-Pedan, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA