by

Puluhan Orangtua di Pangkalpinang Ramai-ramai Antar Anak ke Kantor Polisi

KOPI, Pangkalpinang – Puluhan orangtua di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ramai-ramai mengantarkan anak-anaknya ke markas kepolisian, Rabu (22/12/2021). Rata-rata anak yang diantar berusia 6 sampai 12 tahun. Anak-anak itu dibawa ke Klinik Polres Pangkalpinang. Di klinik tersebut disediakan vaksinasi Covid-19 khusus anak-anak 6-12 tahun.

“Ini merupakan gerai vaksin presisi pertama yang digelar Klinik Polres Pangkalpinang bagi anak-anak usia 6 sampai 11 tahun, sesuai ketentuan pemerintah untuk mendukung vaksinasi anak,” ungkap Kapolres Pangkalpinang, AKBP Dwi Budi Murtiono SIK.

Dikatakan, kegiatan tersebut sebagai upaya mempercepat capaian vaksinasi serta meningkatkan kekebalan tubuh anak-anak. AKBP Dwi Budi mengapresiasi dibukanya gerai vaksinasi Covid-19 di Klinik Polres Pangkalpinang. Diharapkan melalui suntik vaksin tersebut herd imunity anak-anak di Kota Pangkalpinang makin baik dan tidak mudah terserang virus Corona.

Terpantau, kegiatan vaksinasi berlangsung lancar. Sejak dibuka pukul 08.00 WIB, para orangtua sudah berdatangan mengantar anaknya ke klinik. Mereka terlihat antusias mendaftarkan diri sebagai penerima vaksin jenis sinovac pertama.

Menurut Kasi Dokkes Polres Pangkalpinang Lia Afrina AMd, anak-anak yang akan disuntik vaksin harus diantar oleh orangtua. Selain itu, mereka diwajibkan membawa kartu keluarga atau kartu identitas anak (KIA).

“Sebelum vaksinasi, anak harus lolos skrining yang dilakukan petugas kesehatan,” jelas Lia.

Selain lolos skrining, anak-anak yang akan divaksin harus memiliki jarak empat pekan dari jadwal imunisasi rutin lainnya.